Hiring Artinya? Kenali Sekarang Agar Sukses Cari Kerja!

Hiring Artinya? Kenali Sekarang Agar Sukses Cari Kerja!

hiring artinya

Halo para pejuang yang sedang mencari pekerjaan dan para HR yang sedang mencari pekerja! Tentu Anda sering mendengar istilah “Hiring” ketika mencari pekerjaan bukan, namun Anda belum sepenuhnya memahaminya? Jangan khawatir melalui artikel ini kita akan bersama-sama mendalami apa yang dimaksud dengan hiring artinya?

Serta mengapa penting untuk memahaminya agar sukses dalam mencari pekerjaan, Yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

Pengertian Hiring

Dalam dunia kerja, istilah ini seringkali muncul bukan? terutama dalam proses rekrutmen karyawan. Namun apa sebenarnya pengertian atau definisi hiring dan bagaimana tahapannya. Mari kita bahas lebih dalam lagi!

Definisi Hiring Secara Umum

Dikutip dari employers.glints.com, hiring merupakan proses perusahaan dalam mencari sumber daya manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan yang ada pada perusahaan. Secara umum hiring dapat diartikan sebagai proses penerimaan seseorang untuk bekerja di suatu perusahaan.

Pada dasarnya, hiring bertujuan untuk mendapatkan calon pekerja yang memiliki kualifikasi dan kemauan bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dalam proses hiring ini, perusahaan akan mencari calon pekerja atau karyawan melalui berbagai cara seperti melalui iklan lowongan pekerjaan, situs karier, agen pencari kerja atau bisa juga melalui referensi dari karyawan yang sudah ada di dalam perusahaan.

Namun hiring berbeda dengan rekrutmen, agar Anda lebih paham silahkan simak lebih jauh lagi!

hiring artinya apa

Apa Bedanya Hiring dan Rekrutmen?

Hiring dan rekrutmen ini merupakan dua istilah yang sering digunakan secara bergantian dalam konteks pencarian karyawan. Namun kedua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup siginfikan, hiring ialah proses pemilihan kandidat dari sejumlah pelamar yang telah melewati tahapan seleksi.

Sedangkan rekrutmen merupakan proses pencarian kandidat yang sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan pekerjaan yang dibutuhkan pada suatu perusahaan. Hiring terjadi pada tahap akhir dari proses rekrutmen.

Dimana kandidat yang terpilih atau hire karyawan akan ditawarkan untuk bergabung menjadi karyawan pada suatu perusahaan. Sedangkan rekrutmen juga meliputi seluruh proses dari pengumuman lowongan pekerjaan hingga seleksi.

Tujuan dari rekrutmen adalah untuk menarik minat dari para pelamar yang potensial dan berkualitas. Berbeda juga dengan tujuan dari hiring, tujuan dari hiring untuk menentukan siapa yang akan dipekerjakan dan ditawarkan posisi pada suatu perusahaan tertentu.

Jadi hiring artinya bagian dari proses rekrutmen, dimana dari beberapa kandidat terbaik dan kompeten yang terpilih untuk bisa bergabung pada perusahaan. Beda halnya dengan rekrutmen yang proses keseluruhan dari mulai pencarian karyawan hingga menyeleksi kandidat yang tepat.

Tahapan Hiring

Tahapan hiring perusahaan ini sangat penting untuk Anda pahami, perusahaan juga akan memastikan agar mendapatkan kandidat terbaik yang memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai.

Berikut akan saya jelaskan mengenai tahapan hiring atau proses penerimaan karyawan yang biasanya terjadi dalam proses hiring di perusahaan.

we are hiring artinya

Proses Penerimaan Karyawan

Tahapan hiring atau proses penerimaan karyawan di perusahaan sangat bervariasi, bergantung dari kebijakan dan prosedur yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Namun secara umum, biasanya ada tahapan-tahapan yang akan dilalui dalam proses hiring diantaranya:

Pengumuman Lowongan Pekerjaan

Tahapan ini merupakan tahapan awal, dimulai dengan pengumuman lowongan pekerjaan baik melalui media massa atau situs karier online. Lowongan pekerjaan mencakup hal seperti kualifikasi dan persyaratan lainnya.

Seleksi Administrasi

Tahap ini perusahaan akan menyaring berkas lamaran pekerjaan yang masuk. Biasanya seperti CV, surat lamaran dan sertifikat yang diberikan oleh pelamar.

Seleksi Kompetensi

Tahap ini, meliputi serangkaian uji kompetensi dan tes yang dirancang perusahaan untuk melihat keterampilan, psikometrik dan tes kerja. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelamar memiliki kualifikasi dan kemampuan yang diperlukan sesuai dengan posisi yang dilamar.

Penawaran Pekerjaan

Setelah melalui seluruh tahapan seleksi, disini perusahaan akan menentukan kandidat yang tepat pada posisi pekerjaan. Jika kandidat bersedia, maka ia akan diangkat menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Orientasi

Setalah diterima, karyawan akan ada tahap orientasi. Karyawan dikenalkan dengan aturan dan kebijakan yang ada di perusahaan. Serta diberikan informasi mengenai tugas dan tanggung jawab mereka dalam pekerjaan.

Itu dia contoh tahapan hiring karyawan secara umum. Namun pada prosesnya setiap perusahaan mungkin akan berbeda tergantung kebutuhan perusahaan.

Semua proses tahapan ini bertujuan untuk memastikan perusahaan agar mendapatkan kandidat terbaik dengan kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Serta dapat memberikan kontribusi pada pencapaian perusahaan.

Proses Seleksi Kandidat

Proses seleksi kandidat dalam hiring artinya merupakan tahapan-tahapan untuk memilih kandidat terbaik dari beberapa pelamar. Berikut tahapan-tahapan seleksi kandidat!

  1. Seleksi Administrasi: Tahap ini perusahaan akan melakukan screening pada terhadap dokumen administrasi pelamar.
  2. Seleksi Kompetensi: Setelah itu, perusahaan akan melakukan seleksi kompetensi tujuan untuk mengevaluasi kandidat berdasarkan pada kemampuannya, biasanya seperti tes tertulis dan wawancara.
  3. Tes Psikologi: Tes ini sering dilakukan oleh perusahaan, tes ini bertujuan untuk melihat kepribadian dari calon kandidat dan kecocokan kandidat dengan posisi yang dibutuhkan. Tes psikologi ini seperti tes kepribadian dan kemampuan intelektual.
  4. Verifikasi Referensi: Perusahaan akan melakukan verifikasi referensi untuk memastikan kebenaran informasi yang diberikan oleh pelamar.
  5. Tes Kerja: Ini digunakan untuk mengevaluasi kemampuan kandidat dalam menyelesaikan tugas-tugas terkait dengan pekerjaan yang ditawarkan. Tes kerja ini dilakukan di tempat kerja dan biasanya di awasi oleh supervisor atau atasan langsung.
  6. Keputusan Akhir: Setelah semua tahap dilalui, perusahaan akan memutuskan kandidat mana yang akan diterima dan dihubungi untuk memberikan tawaran pekerjaan.
arti hire karyawan

Diatas hanya contoh proses seleksi secara umum, bagi Anda seorang HR bisa menyesuaikan kondisi dan kebutuhan perusahaan.

Pentingnya Memahami Hiring dalam Mencari Kerja

Pentingnya dalam memahami hiring dalam mencari kerja, tidak bisa Anda pandang sebelah mata. Sebab hal ini berkaitan dengan kesuksesan dalam mencari pekerjaan. Dalam dunia kerja, memahami konsep hiring ini merupakan hal yang sangat penting bagi pelamar.

Karena dapat membantu Anda dalam memahami dan mengatasi tantangan dalam proses pencarian pekerjaan. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai bagaimana hiring mempengaruhi peluang kerja Anda dan cara menggunakan pemahaman tersebut!

Bagaimana Hiring dapat Mempengaruhi Peluang Kerja?

Tentunya hiring ini memiliki pengaruh dalam dalam peluang kerja Anda. Karena hiring ini merupakan pintu masuk utama bagi seseorang dalam mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan. Jika perusahaan melakukan proses hiring dengan baik dan adil, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan terbuka lebar.

Namun apabila hiring dilakukan secara tidak adil atau diskriminatif, maka peluang dalam mendapatkan pekerjaan akan semakin sulit bagi seseorang yang terdiskriminasi. Selain itu juga, proses hiring yang baik akan memberikan pengaruh pada karier seseorang.

Jika Anda berhasil melewati tahap hiring ini dengan baik yaitu Anda memiliki kualifikasi dan kemampuan yang sesuai dengan posisi dan kebutuhan perusahaan, ini menjadi modal penting untuk membangun karier di masa depan.

Dengan demikian, hiring artinya memiliki pengaruh yang besar terhadap peluang kerja Anda. Oleh karena itu penting bagi pencari pekerjaan untuk bisa memahami proses hiring dengan baik dan juga mempersiapkan diri dengan baik agar mendapatkan peluang besar lolos dari pekerjaan yang dilamar.

hiring manager artinya

Tips Memahami Hiring dengan Mudah

Memahami hiring dengan mudah menjadi kunci penting bagi para pencari kerja agar dapat memaksimalkan peluang Anda pada pekerjaan yang diinginkan.

Namun, tidak semua orang mudah dalam memahmi konsep hiring yang kompleks. Oleh karena itu, saya akan membagikan tips dalam memahami hiring dengan mudah dan efektif. Mari disimak!

Bagaimana Cara Belajar Tentang Hiring dengan Mudah?

Dalam hal ini, agar Anda dapat belajar mengenai hiring dengan mudah. Sebaiknya Anda melakukan beberapa hal ini, diantaranya:

  1. Membaca sumber referensi secara menyeluruh, bisa berupa buku, artikel atau video tutorial lainnya
  2. Memahami istilah-istilah dan konsep penting terkait dengan hiring seperti job description, screening, interview, assessment dan lainnya
  3. Mengikuti kursus atau webinar mengenai hiring yang diadakan oleh lembaga atau organisasi tertentu
  4. Berdiskusi dengan para profesional yang berpengalaman dalam bidang hiring seperti recruiter, HR manager agar memperoleh wawasan dan tips yang berguna nantinya
  5. Praktik langsung, dengan mengikuti proses hiring pada perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan

Dengan melakukan hal-hal tersebut, akan memudahkan Anda dalam memahami konsep hiring artinya Anda memiliki persiapan yang matang ketika Anda akan melakukan proses hiring pada perusahaan tertentu.

Cara Mengaplikasikan Pemahaman Tentang Hiring

Setelah Anda memahami mengenai konsep hiring, langkah selanjutnya Anda perlu mengaplikasikan pemahaman tersebut dalam proses pencarian pekerjaan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

  1. Periksa kualifikasi dan persyaratan yang tertera dalam job description. Anda harus patikan bahwa kualifikasi yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  2. Siapkan diri dengan baik dalam menghadapi tahap-tahap seleksi seperti tes wawancara, tes kemampuan maupun tes lainnya
  3. Perhatikan sikap dan perilaku Anda saat menghadapi proses seleksi. Anda harus menunjukkan sikap yang positif dan percaya diri, namun jangan terlalu percaya diri dan arogan ataupun terlalu santai
  4. Lakukan riset tentang perusahaan yang akan Anda lamar, termasuk budaya perusahaan, sejarah perusahaan maupun produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
  5. Jangan lupa berikan ucapan terima kasih setelah proses seleksi selesai apapun hasil yang akan Anda dapatkan. Dengan hal ini, menunjukkan bahwa Anda menghargai atas kesempatan yang diberikan dan meningkatkan peluang Anda untuk bisa dipertimbangkan dikemudian harinya

Dengan mengaplikasikan pemahaman mengenai hiring tersebut, semoga Anda dapat meningkatkan peluang untuk berhasil mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Dalam mencari pekerjaan yang Anda inginkan, perlu untuk memahami konsep hiring agar dapat meningkatkan peluang sukses bagi Anda. Hiring artinya proses perekrutan dan seleksi kandidat yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Tahapan hiring meliputi job vacancy, penyebaran informasi lowongan pekerjaan, seleksi administrasi, tes kemampuan, wawancara hingga penawaran pekerjaan. Proses ini sangat mempengaruhi peluang kerja Anda, sebab perusahaan akan mencari kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan perusahaan

Agar Anda memahami mengenai hiring dengan mudah, ada beberapa tips yang dilakukan oleh Anda seperti memperhatikan job description, menyiapkan diri dengan baik dan Anda juga perlu untuk melakukan riset mengenai perusahaan yang akan Anda lamar.

Dengan mengaplikasikan pemahaman tersebut, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin besar. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda memahami konsep hiring agar dapat sukses dalam mencari pekerjaan yang Anda inginkan.

Namun apabila Anda sebagai pekerja atau pemilik perusahaan dan masih kewalahan dan susah dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan Anda. Kami Sevenpion hadir dengan menawarkan website HR yang memudahkan perusahaan dalam mengelola dan mengontrol SDM perusahaan.

Keunggulan jika Anda menggunakan website HR and Payroll dari Sevenpion seperti absensi, lokasi karyawan, time line kerja, kontrak kerja, jadwal cuti, slip gaji dan masih banyak lagi. Serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, mari permudah dalam mengelola karyawan karena karyawan Anda menjadi kunci perusahaan untuk berkembang pesat!

Atau Anda bisa mengihubungi kami dengan klik banner dibawah 😉

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Andre Defrian Saputra

Seorang mahasiswa sekaligus penulis! Memulai karier menjadi copywriter handal dengan mengubah kata-kata menjadi kekuatan. Saya biasa menulis seputar teknologi dan bisnis terkini!

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *