Halo semuanya! apakah Anda seorang pelaku bisnis? tentu sebuah iklan sangat diperlukan khususnya mengenai Iklan Produk. Iklan produk menjadi merupakan faktor yang sangat penting untuk menarik minat dari konsumen Anda. Contoh iklan produk haruslah sesuai dengan karakteristik dari target pasar Anda.
Dengan menggunakan strategi dan gaya yang tepat, Anda bisa membuat suatu iklan produk yang kekinian dan menarik bagi pasar Anda.
Berikut penjelasan mengenai pentingnya iklan produk hingga strategi dari iklan produk yang kekinian!
Mengapa Iklan Produk Penting?
Iklan produk memiliki peran penting dalam bisnis memperkenalkan produk baru kepada konsumen, membangun kesadaran merek dan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Tanpa adanya iklan yang efektif, produk mungkin akan sulit untuk dikenal oleh pasar dan bersaing dengan para kompetitornya.
Terutama ditengah persaingan yang ketat, perusahaan atau bisnis sekarang mengkombinasikan promosi melalui digital atau yang bisa disebut iklan online. Iklan produk yang efektif juga tentu akan dapat membantu dalam memperkenalkan produk kepada konsumen potensial.
Bukan hanya itu, iklan produk yang efektif dapat membantu memberikan informasi keunggulan yang dimiliki produk Anda dan dapat mengedukasi konsumen tentang cara menggunakan produk tersebut.
Selain itu, iklan produk ini dapat membantu dalam membangun citra merek yang kuat dalam bisnis Anda. Tentu hal ini juga akan berpengaruh pada meningkatnya loyalitas konsumen dan memperkuat posisi merek di pasar.
Oleh karena itu, iklan produk merupakan bagian terpenting dari strategi pemasaran dan dibutuhkan untuk bisa memastikan kesuksesan produk di pasar.
Produk-Produk Apa Saja yang Sedang Trendi?
Saat ini, terdapat beberapa jenis produk yang sedang populer dan menjadi sebuah tren di pasar. Seperti produk makanan yang sehat hingga produk kecantikan alami.
Hal ini berkaitan dengan perubahan gaya hidup dan preferensi konsumen yang kian meningkat, banyak yang cenderung memilih produk yang sehat, ramah lingkungan dan teknologi yang baru.
Oleh karena itu, bisnis yang dapat mengikuti perkembangan tren dan dapat memproduksi produk sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen.
Serta dapat memberikan contoh iklan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik konsumen, akan memiliki peluang besar untuk meraih kesuksesan di pasar.
Karakteristik Iklan Produk Kekinian
Setiap iklan memiliki karakteristik yang berbeda sesuai dari target pasar yang dibidik oleh bisnisnya. Sama halnya dengan iklan produk kekinian, pastinya akan menyesuaikan dengan kebiasaan konsumen saat ini.
Karena hal tersebut, akan membuat iklan produk terlihat relevan dengan diri konsumen. Jadi sangat penting juga untuk mengetahui karakteristik diri konsumen bisnis Anda.
Menggabungkan Nilai dan Gaya Hidup
Iklan produk kekinian yang sering kita lihat saat ini, banyak yang memadukan iklan produk dengan gaya hidup konsumen. Misalnya contoh iklan gojek dibawah!

Dari iklan tersebut dapat dilihat bahwa gojek mempromosikan iklan dengan cara memadukannya dengan gaya hidup konsumen yang ingin serba cepat dan instan. Apa lagi di waktu yang genting atau darurat, dengan value yang dimiliki oleh gojek mereka hadir dengan menyesuaikan gaya hidup konsumen.
Hal ini menjadi penting, karena gaya hidup merupakan bagian dari pola hidup seseorang. Sebab setiap orang pasti memiliki gaya hidup yang beraneka ragam. Begitupun dengan iklan produk yang harus bisa menggabungkan keunggulan yang dimilikinya dengan gaya hidup dari konsumen potensialnya.
Begitu pun dengan konsumen yang memiliki gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki gizi seimbang. Contohnya seperti iklan Energen berikut!

Tentunya contoh iklan minuman susu ini, sangat relevan dengan konsumen mereka yang menginginkan gaya hidup sehat dan bergizi. Energen sendiri terkenal menjadi solusi sarapan praktis ketika seseorang akan memulai menjalankan aktivitas sehari-harinya.
Melalui contoh iklan produk minuman sehat ini, mereka hadir menjadi solusi ketika seseorang yang terburu-buru berangkat kerja tapi masih ingin bisa sarapan dengan cepat
Menggunakan Pengaruh Media Sosial
Iklan produk yang menggunakan pengaruh dari media sosial ini, biasanya dengan memanfaatkan kekuatan para influencer dan pengguna yang memiliki followers yang banyak di platform media sosial. Para influencer dan pengguna ini, akan mempromosikan produk tersebut melalui akun-akun media sosial media mereka.
Dengan harapan para pengikut atau followers mereka akan tertarik untuk mencoba dan membeli produk tersebut. Cara ini juga dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan terpercaya, sehingga bisa meningkatkan kesadaran merek dan penjualan dari produk tersebut.
Iklan produk yang menggunakan pengaruh media sosial juga, akan memberikan kesempatan bagi para pengguna produk untuk bisa berbagi pengalaman mereka dengan produk tersebut melalui paltform media sosial. Sehingga dapat membantu menarik minat dari calon pelanggan baru.
Fokus Pada Pengalaman Pelanggan
Iklan produk yang fokus pada pengalaman pelanggan, menempatkan pengalaman pelanggan sebagai titik sentral dari pesan iklan mereka. Iklan ini dapat menyoroti manfaat produk dan cara penggunaannya yang dapat meningkatkan kualitas hidup pelanggan dengan menampilkan testimoni pelanggan yang puas terhadap produk tersebut.
Selain itu, iklan produk yang fokus pada pengalaman pelanggan juga dapat menekankan pelayanan dan dukungan pelanggan yang baik. Sehingga calon pelanggan baru akan merasa yakin dan percaya bahwa mereka juga akan mendapatkan pengalaman yang baik saat membeli produk dan menggunakan produk tersebut.
Dalam iklan ini juga, pengalaman pelanggan biasanya ditekankan sebagai salah satu nilai tambah yang membedakan produk mereka dari para kompetitor lainnya. Sehingga dapat mendorong calon pelanggan untuk membeli dan merasakan pelangaman yang sama.
Contoh Iklan Produk Kekinian
Membuat iklan produk perlu juga melihat dari perkembangan yang terjadi, dengan hal tersebut dapat membuat konsumen lebih tertarik dengan iklan produk Anda.
Sehingga suatu keinginan yang ada pada iklan tersebut bisa tercapai. Berikut iklan produk yang bisa menjadi referensi Anda dalam mengembangkan bisnis.
Makanan: Iklan Produk
Iklan produk makanan sering kita jumpai dimana-mana, baik itu yang ada di banner jalan atau yang ada di berbagai paltform media online lainnya. Setiap iklan yang dibuat oleh perusahaan, pasti memiliki ciri khas tertentu.

Iklan McD ini merupakan iklan promosi yang diadakan setiap awal tahun baru atau dibulan Januari, iklan produk ini sangat kekinian. Sebab memang produk makanan dari McD ini sudah sangat populer, para konsumennya pun tentu senang dengan promo yang diberikan oleh McD ini.
Iklan yang dibuat pun dengan ciri khas dari warna McD disetiap poster iklannya, memang suatu iklan juga perlu konsistensi warna. Sebab warna akan menjadi suatu ciri khas dari setiap brandnya, iklan yang sering kita jumpai itu memang biasanya adalah iklan potongan harga atau buy one get one.
Tapi hal tersebut kembali lagi kepada keunggulan atau value dari produk yang dijual kepada para konsumennya.

Contoh iklan produk ini memiliki tujuan yaitu untuk mempromosikan produk baru. Sehingga pelanggannya menjadi tahu dan mendapat informasi bahwa McD mengeluarkan produk fried chicken spicy dengan menggunakan saus manis thailand.
Dengan tetap memperhatikan desain iklan dan komposisi warna yang menjadi ciri khas dari McD, karena desain dari iklan online memiliki pengaruh secara visual dari konsumennya.

Berbeda halnya dengan iklan diatas, iklan ini memang memiliki tujuan untuk promosi. Tapi value yang ditawarkan adalah dari sisi harga yang ekonomis bagi para pelajar atau mahasiswa. Iklan ini menyesuaikan dengan target pasar mereka atau bisa juga untuk meningkatkan kuantitas penjualan.
Jadi suatu iklan produk makanan juga tidak harus selalu dengan harga yang tinggi untuk bisa mendapatkan makanan tersebut.

Iklan juga bisa dengan menggunakan artis atau influencer, karena seseorang artis atau influencer dimata konsumennya memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka untuk mencoba atau membeli produk tersebut.
Fashion: Iklan Produk
Contoh iklan produk kali ini yaitu mengenai iklan yang ada di dunia fashion seperti pakaian, cara-cara promosinya pun berbeda. Namun umumnya mereka menggunakan artis yang memiliki pengaruh terhadap target pasar mereka.
Terutama brand-brand yang sudah banyak dikenal oleh para pelanggannya. Namun tidak hanya brand fashion saja yang menggunakan iklan produknya, beberapa e-commerce pun menggunakan para artis agar bisa meningkatkan kredibilitas perusahaannya. Mari kita simak contohnya!

Iklan produk fashion ini memiliki kaitannya dengan gaya hidup, kecenderungan masyarakat terhadap kebutuhan fashion pun cukup tinggi. Terutama saat pandemi covid-19, Shopee sangat gencar-gencarnya mempromosikan pakaian. Iklan yang dilakukan shopee adalah dengan menggunakan para artis untuk bisa meningkatkan daya tarik terhadap e-commerce nya.
Dengan ciri khas setiap tanggal dan bulan yang sama seperti 2.2 (tanggal 2 bulan februari) mereka mengeluarkan potongan harga atau flash sale. Iklan ini sekaligus untuk memberikan peluang kepada brand-brand fashion yang ada di merchant shopee agar bisa meningkatkan penjualan.

The Executive yang merupakan brand fashion asal Indonesia yang sudah berstandar Internasional ini sangat banyak digemari para anak muda. Karena memang produk yang dijual berkualitas dan dirasa itu sesuai dengan apa yang dikeluarkan oleh pelanggannya.
Iklan produk The Executive, perusahaan ini sering melakukan promosi iklan seperti potongan harga atau cashback. Namun perusahaan ini juga sering melakukan iklan produk dengan pakaian-pakaian formal yang memang merupakan ciri khasnya.
Teknologi: Iklan Produk
Iklan produk teknologi ini biasanya seperti iklan NFT, iklan Crypto atau sejenisnya. Tentunya hal tersebut lagi sedang banyak penggunanya. Sehingga memang iklan sangatlah diperlukan agar bisa memaksimalkan apa yang ingin dicapai.

Dengan kehadiran smartphone yang membantu aktivitas masyarakat di era sekarang, dari mulai belanja online hingga jual beli kripto. Salah satu platform jual beli kripto yaitu Indodax, platform ini sangat aman digunakan karena sudah berstatus legal dan resmi terdaftar di BAPPEBTI sebagai pedagang fisik aset kripto.
Indodax sering membuat iklan dengan memberikan cashback yang biasanya bisa digunakan oleh pengguna baru. Bukan hanya itu saja Indodax juga sering membagikan hadiah untuk para pemenangnya. Dengan kemudahan yang diberikan baik dari pembelian dan penjualan aset kripto merupakan suatu value tersendiri bagi Indodax.
Kecantikan: Iklan Produk
Bagi kebanyakan wanita kecantikan menjadi kunci bagi kehidupan mereka, namun sekarang bukan hanya wanita yang senang dengan produk kecantikan (skin care) pria pun sudah banyak yang menggunakan produk kecantikan demi untuk merawat wajahnya.
Maka hadirlah beberapa brand-brand kecantikan yang bisa digunakan oleh para wanita ataupun pria.

Contoh iklan produk yang ditawarkan oleh MS Glow seperti gambar diatas yang menggunakan seorang artis marcel dan babe cabita adalah cara MS Glow merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada semua masyarakat bahwa glowing itu hak semua orang dan semua orang juga memiliki kesempatan mendapatkan untuk mendapatkan kulit yang sehat.
Dengan adanya #semuajugabisa, MS Glow For Men ingin memberitahu kalau brand ambassador kecantikan tidak harus orang yang tampan atau cantik. Sehingga berpeluang besar untuk semakin dekat dan diterima oleh semua kalangan.
Strategi Iklan Produk Kekinian
Iklan produk di era sekarang, tentu harus menggunakan beberapa strategi agar iklan produk yang dibuat dapat berjalan efektif dan dapat meningkatkan penjualan.
Strategi iklan produk kekinian biasanya ditunjukkan untuk bisa menjangkau target pasar yang potensial dan lebih terbuka pada perubahan dan inovasi dalam produk dan juga pemasaran. Mari kita simak strategi berikut!
Mempertimbangkan Target Pasar
Strategi iklan produk kekinian yang efektif memang harus bisa mempertimbangkan target pasar sebagai fokus utamanya. Perlu dipahami karakteristik dan kebutuhan dari target pasar yang menjadi sasaran.
Menerapkan pendekatan personalisasi juga diperlukan, karena konsumen lebih cenderung memperhatikan iklan yang bersifat personal dan relevan dengan kebutuhan mereka. Dengan menerapkan pendekatan personalisasi ini dalam strategi iklan Anda, dapat memberikan pengalaman pada pengguna yang lebih baik dan meningkatkan efektivitas.
Membuat Iklan Unik dan Kreatif
Membuat iklan unik dan kreatif merupakan salah satu cara untuk bisa menarik perhatian konsumen, meningkatkan kesadaran merek dan juga meningkatkan penjualan produk Anda. Ada beberapa yang perlu dipertimbangkan dalam membuat iklan yang unik dan kreatif, antara lain :
- Mempertimbangkan tujuan iklan, apakah hanya untuk meningkatkan kesadaran merek atau untuk mempromosikan produk
- Menggunakan konsep unik, mencari ide-ide tak biasa dan menggabungkan unsur-unsur yang berbeda serta mampu menciptakan konsep iklan yang unik dan menarik.
- Menyesuaikan iklan dengan merek, harus tetap konsisten dengan merek yang dipromosikan. Iklan harus mencerminkan nilai-nilai dari merek dan dapat membangun citra yang positif juga.
- Menciptakan pesan yang mudah diingat dan mudah dihubungkan dengan produk yang dipromosikan.
- Menampilkan keunikan, perlulah memperhatikan fitur-fitur dari produk yang membuatnya berbeda dengan produk sejenisnya dan menonjolkannya dalam iklan tersebut.
- Menggunakan gaya visual yang menarik, memperhatikan desain dan estetika iklan akan dapat meningkatkan daya tarik iklan. Contoh iklan produk dari platform media sosial juga bisa menjadi referensi dalam memembuat desain yang bagus.
Menggunakan Influencer untuk Iklan
Penggunaan influencer saat ini telah menjadi strategi pemasaran yang populer, karena influencer dapat membantu memperluas jangkauan dari target pasar. Influencer juga daoat meningkatkan rasa kepercayaan, sebab influencer membangun koneksi dan interaksi yang lebih dekat dengan pengikutnya.
Dengan memberikan rekomendasi, tentu akan membantu meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk Anda. Namun Anda juga perlu untuk memilih influencer yang cocok dengan produk yang akan diiklankan dan pastikan bahwa pengikut dari influencer tersebut sesuai dengan target pasar Anda.
Membuat kampanye yang jelas dan terukur, sehingga dapat dilihat seberapa besar pengaruh influencer pada penjualan produk Anda. Influencer juga perlu untuk diberikan kebebasan dalam menciptakan konten. Anda pun harus tetap memantau hasil iklan dan keefektifan penggunaan influencer.
Kesimpulan
Iklan produk merupakan salah satu cara yang penting bagi suatu bisnis dalam mempromosikan produknya kepada konsumen. Iklan produk dapat membantu Anda untuk bisa meningkatkan kesadaran dan minat konsumen terhadap produk Anda dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
Pentingnya iklan produk di era saat ini adalah sebagai sebuah upaya untuk dapat meningkatkan daya saing terhadap para kompetitor. Selain itu juga, iklan produk membantu menjangkau konsumen dengan lebih luas dan membangun citra merek yang positif.
Strategi iklan produk saat ini dapat menggunakan influencer yang sesuai dengan bisnis dan target pasar Anda. Mampu untuk menciptakan ide iklan yang unik, sehingga dapat meningkatkan perhatian dari konsumen.
Pemilihan strategi yang tepat dapat membantu memaksimalkan efektivitas dari iklan produk Anda dan meningkatkan kesuksesan penjualan produk bisnis Anda.
Jika Anda masih kebingungan dan masih kurang dalam memaksimalkan contoh iklan produk Anda. Sevenpion hadir untuk mengatasi masalah tersebut dengan beberapa layanan yang bisa Anda pilih dan sesuai kan dengan kebutuhan. Anda dapat menghubungi kami dengan klik banner dibawah!
Sampai jumpa di artikel menarik lainnya 😉

