Cara Kerja Pemasaran Online Anda Tidak Berhasil? Kok Bisa?

Cara Kerja Pemasaran Online Anda Tidak Berhasil? Kok Bisa?

Cara Kerja Pemasaran Online anda Tidak Berhasil? Kok Bisa?

Akhir – akhir ini istilah pemasaran digital (digital marketing), pemasaran online dan istilah lain seperti pemasaran internet kembali populer setelah pandemi 2020. Banyaknya manfaat pemasaran online menjadikan cara ini sebagai salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan produk. Namun, bagaimana jika cara kerja pemasaran online anda tidak berhasil? kok bisa?

Anda sudah mempromosikan produk pada berbagai platform ? Namun belum ada peningkatan pembelian ? Anda beruntung menemukan artikel yang tepat. Disini akan dibahas mengenai komponen pemasaran online, prinsip kerja pemasaran online dan temukan apa penyebab pemasaran online anda tidak berhasil. Semuanya akan dibahas disini!

Sekilas Tentang Pemasaran Online

Saya yakin anda pasti sudah banyak mendengar istilah pemasaran online, digital marketing, e-marketing, e-commerce atau e-commerce enabler. Lalu, apakah semua ini berhubungan? tentu saja iya. Meski berbeda mereka semua adalah satu kesatuan.

Pemasaran online atau e-marketing adalah bagian dari digital marketing, yaitu cara mempromosikan produk melalui internet (online) menggunakan platform digital dengan sistem penjualan online yang disebut e-commerce.

Perlu diperhatikan, pemasaran online menerapkan sistem self service yaitu pembeli mencari produk sendiri, memilih produk sendiri kemudian melakukan transaksi penjualan sendiri. Minimnya interaksi bisa jadi kelebihan untuk meminimalisir biaya. Tapi bisa juga jadi bumerang kalau kita tidak paham cara kerja pemasaran online.

Intinya, pemasaran online sangat terhubung erat dengan internet, dahulu orang hanya mengenal website sebagai cara pemasaran online. Namun sekarang sudah banyak platform sosial media seperti instagram, facebook, twitter, tik-tok serta youtube sebagai alat penunjang promosi. Jadi, apa komponen pemasaran online yang harus dimaksimalkan, agar iklan bisnis online anda berhasil?

Komponen Pemasaran Online

Seperti yang sempat disinggung diawal, pemasaran online adalah satu kesatuan yang terdiri dari beberapa komponen penunjang iklan di internet dapat berhasil. Berikut adalah komponen dari pemasaran online :

1.Konten Pemasaran

Konten menarik dan relevan diibaratkan sebagai nyawa dari pemasaran online. Tanpa konten, apa yang akan kita sampaikan? Jadi, bagaimana konten yang menarik itu? disadari atau tidak konsumen lebih menyukai konten informatif, menghibur dan memberi kebermanfaatan. Penuhi kesukaan konsumen, maka anda akan lebih mudah menawarkan produk dan mendapat keuntungan dari konversi penjualan.

2. SEO (Search Engine Optimization)

Optimasi SEO membantu meningkatkan ranking di halaman utama mesin pencarian agar mudah ditemukan konsumen. Cara kerja pemasaran online banyak yang sudah dioptimasi dengan SEO. Sehingga banyak sekali jenis tipe dan strategi penerapannya. Anda ingin cara mudah dan aman? anda bisa coba gunakan layanan jasa SEO.

3. SMM (Social Media Marketing)

SMM merupakan media pemasaran dengan membagikan konten melalui sosial media atau sosmed. Jenis-jenis konten pemasaran sosial media berupa infografis, website atau blog, podcast, video, email dan sosial media. Pemasaran produk melalui sosmed menjadi semakin populer sepanjang tahun 2022 hingga sekarang. Bahkan karir sosial media strategis menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari tahun ini.

4. PPC (Pay Per Click)

Apakah anda pernah browsing, kemudian muncul ikon bertuliskan iklan di bagian awal artikel? artinya artikel tersebut menerapkan PPC. Iklan online (ads) produk membantu mengarahkan lalu lintas ke laman website dengan biaya per klik. Untuk iklan ppc, Anda bisa menggunakan google ads.

Cara Kerja Pemasaran Online

Cara Kerja Pemasaran Online dan Komponennya
Cara kerja pemasaran online melibatkan berbagai komponen

Tahukah anda, mengapa cara kerja tercipta? Jawabannya mudah, agar tujuan segera tercapai. Begitupun pemasaran online, tujuannya adalah produk dijangkau konsumen luas, konversi tinggi, dan keuntungan meningkat.

Secara singkat cara kerja pemasaran online meliputi tiga tahap yaitu sebelum, aksi dan sesudah. Tahapan sebelum meliputi penentuan target dan persiapan konten, tahap kedua yaitu aksi pemasaran online dan tahap sesudah adalah analisa dan evaluasi. Lebih detailnya, simak penjelasan berikut ini :

Penentuan Target (Targetting)

Hal pertama dalam pemasaran online selain penentuan target konsumen adalah pemasaran online juga perlu menentukan :

  • Target konten, berapa jumlah konten yang dihasilkan, konten seperti apa yang diinginkan, struktur mana yang digunakan
  • Bagaimana konteksnya, strategi apa yang digunakan
  • Channel nya, beragam channel yang ada memiliki kharakteristik masing-masing
  • Bagaimana hasil yang diinginkan, hal terpenting diantara pemasaran online adalah tujuan berupa hasil yang terukur dan jelas

Persiapan Pemasaran

Setelah ditentukan target pasar yang diinginkan, konten seperti apa dan bagaimana konsepnya. Tahapan cara kerja pemasaran digital berikutnya adalah melakukan persiapan dengan :

  • Membuat website, jangan ngaku pebisnis online kalau anda belum memiliki landing page
  • Membangun sosial media, sebab hampir 70% pengguna internet di dunia aktif di sosmed
  • Membuat materi konten pemasaran
  • Merencanakan iklan online
  • Menentukan strategi promosi
  • Menaikkan rating menggunakan SEO di mesin pencari
  • Merencanakan jadwal pemasaran seperti jumlah, intensitas dan waktu
  • Menjalin relasi dengan konsumen dan target konsumen

Aksi Pemasaran Online

Tahap ketiga merupakan tahap penting, yaitu aksi pemasaran online. Langkah selanjutnya setelah semua persiapan beres adalah posting iklan online anda di seluruh platform digital seperti website, instagram, facebook, tik-tok, ads secara bersamaan. Jangan lupa buat keterkaitan tiap platform dan arahkan konsumen (CTA) dengan jelas.

Analisis Hasil dan Evaluasi

Tahap terakhir yaitu ukur kinerja pemasaran online anda pada setiap platform. Manfaatkan fitur analisa yang ada. Setiap media promosi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lihat iklan online mana yang paling memberi dampak positif, segera optimalkan. Begitu juga segera lakukan perbaikan apabila ditemukan permasalahan.

Penyebab Pemasaran Online Tidak Berhasil

Setelah mengetahui prinsip kerja pemasaran online, sudahkah anda menemukan apa penyebab pemasaran online tidak berhasil? jika belum, mari kita telaah bersama!

  • Salah penentuan target pasar, tentu bisa mengakibatkan salah strategi, konten tidak sesuai sehingga gagal memberi solusi kebutuhan konsumen
  • Konten tidak menarik, jangankan membeli, membuka atau klik saja belum tentu
  • Kurang konsisten, bagaimana merek (brand) anda akan diingat jika anda tidak konsisten dalam pembuatan konten, desain konten, frekuensi posting ,dll
  • Tidak mengoptimalkan SEO, tidak muncul di mesin pencari. Jika kesusahan gunakan jasa saja
  • Terdapat proses yang terlewatkan pada cara kerja pemasaran atau bahkan tidak diterapkan
  • Tidak ada analisis sehingga tidak ada perbaikan, padahal dunia online selalu dinamis dan cepat berubah.

Solusi Pemasaran Online Tidak Berhasil

Salah solusi cara kerja pemasaran online tidak berhasil adalah dengan menggunakan SEO
Salah solusi cara kerja pemasaran online tidak berhasil adalah dengan menggunakan SEO

Berbagai cara sudah dicoba, berbagai saran sudah diterapkan, analisa juga sudah berkali-kali. Tapi, masih saja tidak ada perubahan berarti? anda tidak perlu pusing sendiri, kami bantu mencarikan solusi.

  • Bangun mindset anda, jangan menyerah karena pasti ada solusi
  • Posisikan diri anda sebagai konsumen, dengan begitu akan lebih mudah memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen
  • Cari tahu tujuan bisnis anda dan tentukan target konsumen
  • Jangan bosan melakukan evaluasi, ingat bahwa internet berkembang begitu cepat, ditambah bisnis bersifat dinamis
  • Optimalkan SEO, pastikan website anda dioptimalkan. Jangan sungkan menggunakan bantuan
  • Integrasikan platform online anda seperti web, sosmed, email untuk menciptakan customer journey. Jika anda kesulitan, anda bisa custom disini
  • Tingkatkan interaksi dan riset konsumen
  • Gunakan jasa layanan pemasaran digital seperti e-commerce enabler

Perlu diingat bahwa tidak ada hal yang terjadi tiba-tiba. Seluruh hal yang terjadi adalah akumulasi dari proses yang sudah kita lakukan.

Ringkasan

Apa yang anda dapatkan setelah membaca artikel ini? Sudahkah anda menemukan jawaban atas pertanyaan anda? Jika belum, anda bisa sampaikan pada kolom komentar dibawah. Mari belajar bersama dan berbagi pengetahuan demi kebermanfaatan.

Cepat atau lambat seluruh proses kehidupan akan bergantung pada internet (online) tak terkecuali promosi produk. Perkembangan bisnis yang begitu dinamis, membuat kita harus cepat adaptasi terhadap perubahan. Oleh sebab itu, evaluasi menjadi hal penting untuk penentuan cara kerja pemasaran online berhasil atau tidak.

Jika anda menemukan permasalahan dalam promosi online, segera hubungi kami!

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Ferdianita Nilam Cahyaningati

Seorang penulis dengan ketertarikan pada bidang tekhnologi, bisnis dan pengembangan diri.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *