Contoh Portofolio Copywriter yang Dilirik Perusahaan & Powerfull!

Contoh Portofolio Copywriter yang Dilirik Perusahaan & Powerfull!

contoh portofolio copywriter

Halo semuanya! kembali lagi dengan saya, kali ini akan membahas mengenai contoh portofolio copywriter. Tentunya manfaat portofolio bagi copywriter, menjadi salah satu kunci bagi Anda untuk memenangkan hati perusahaan dan klien yang potensial.

Dalam dunia pemasaran juga, sebuah portofolio yang menarik dan relevan bisa menjadi pembeda antara pilihan utama atau hanya sekedar menjadi opsi cadangan.

Namun seberapa penting portofolio buat seorang copywriter? Berikut akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu portofolio copywriter, silahkan Anda simak baik-baik!

Apa itu Portofolio Copywriter?

Jika Anda ingin menjadi seorang copywriter, salah satu hal yang penting dan perlu Anda persiapkan yaitu portofolio copywriter yang baik dan menarik. Namun apa sebenarnya portofolio copywriter itu? lebih detailnya mari kita bahas bersama-sama!

Pengertian

Secara umum, portofolio copywriter adalah kumpulan sampel tulisan atau karya yang mencerminkan dari kemampuan seorang copywriter untuk menciptakan konten yang menarik dan efektif. Portofolio yang baik haruslah relevan dan mencerminkan keterampilan copywritingnya seperti headline yang menarik, penggunaan bahasa persuasif dan pengetahuan mengenai audiens.

Selain itu juga, portofolio harus dikemas dengan menarik, sehingga mudah diakses dan dinavigasi oleh calon klien atau perusahaan. Anda dapat membuat contoh portofolio copywriter dalam bentuk digital atau cetak, tergantung pada preferensi Anda.

Dalam hal ini portofolio copywriter memiliki peran penting, untuk menunjukkan kemampuan dan kualitas dari seorang copywriter.

Jenis-Jenis Portofolio Copywriter

Sebagai seorang copywriter, terdapat beberapa jenis portofolio yang bisa Anda kembangkan untuk memperlihatkan keahlian dan pengalaman Anda di bidang copywiriting. Berikut beberapa jenis portofolio copywriter yang umum!

  • Portofolio Digital : Portofolio jenis ini, biasanya berupa website atau blog yang menunjukkan hasil karya-karya copywriting Anda. Portofolio digital ini bisa untuk menunjukkan hasil karya secara online dan memungkinkan calon klien atau rekruter untuk mengakses portofolio Anda dengan mudah.
contoh portofolio copywriter freelance
Blog/Artikel
  • Portofolio Cetak : Portofolio ini biasanya berisi sampel tulisan Anda dalam bentuk buku atau brosur. Portofolio cetak ini dapat Anda gunakan saat menghadiri acara atau presentasi tatap muka dengan klien atau rekruter Anda.
manfaat portofolio bagi copywriter
Brosur
  • Portofolio Video : Jenis portofolio ini, bisa menunjukkan karya-karya Anda dalam bentuk presentasi, sketsa atau demonstrasi. Portofolio video ini bisa Anda unggah ke Youtube kemudian membagikan linknya pada klien atau rekruter.
tips membuat portofolio copywriter
Video Presentasi
  • Portofolio Media Sosial : Portofolio jenis ini, biasanya sebuah akun media sosial yang memperlihatkan hasil karya-karya Anda seperti caption, atau tweet di Twitter. Hal ini dapat Anda gunakan untuk menunjukkan kemampuan menulis Anda dengan bentuk yang lebih santai dan tidak terlalu formal.
cara membuat portofolio copywriter yang profesional
Media Sosial

Semua jenis dari contoh portofolio copywriter tersebut dapat Anda gunakan untuk memperlihatkan kemampuan dan pengalaman Anda pada bidang copywriting kepada rekruter. Pilihlah jenis portofolio yang sesuai dengan gaya penulisan Anda dan jenis karya copywriting yang ingin Anda buat.

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Portofolio Copywriter?

Ada beberapa alasan penting mengapa perusahaan perlu melihat portofolio seorang copywriter, salah satunya agar dapat mempromosikan produk mereka secara efektif.

Jadi tentunya perusahaan ingin mencari kandidat yang berkualitas. Berikut akan saya jelaskan mengenai keuntungan bagi perusahaan!

Keuntungan Bagi Perusahaan

Berikut adalah beberapa keuntungan bagi perusahaan jika memiliki portofolio copywriter yang berkualitas :

  • Meningkatkan Daya Saing : Dengan adanya portofolio yang berkualitas sebuah perusahaan dapat mempromosikan produk atau jasa secara efektif dan menjadi pembeda dengan para pesaing.
  • Meningkatkan Brand Awareness : Copywriter yang ahli, tentu akan menciptakan pesan-pesan yang kuat dan membantu perusahaan meningkatkan kesadaran merek dan serta citra perusahaan.
  • Meningkatkan Penjualan : Portofolio copywriter yang baik akan membantu dalam meningkatkan tingkat konversi dan penjualan karena pesan yang disampaikan dapat menyakini calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Meningkatkan Engagement : Dalam hal ini juga akan membantu perusahaan membangun hubungan yang lebih dekat dan meningkatkan interaksi mereka dengan merek.
  • Menghemat Biaya Pemasaran : Dengan portofolio copywriter yang baik, perusahaan dapat mencapai audiens yang lebih besar dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pemasaran konvensional seperti televisi atau iklan cetak.

Jadi sudah seharusnya perusahaan akan mencari seorang copywriter dengan portofolio yang baik dan berkualitas, sehingga bisa mencapai tujuan dari perusahaan.

Baca juga : Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen Terbaru Dijamin Cuan !

Contoh Perusahaan Indonesia dengan Copywriting yang Baik

Terdapat beberapa perusahaan Indonesia yang terkenal dengan kualitas copywritingnya, antara lain :

  • Go-Jek : Perusahaan ini dikenal dengan kampanye iklannya yang kreatif dan menghibur. Go-Jek memiliki copywriter yang handal untuk bisa menghasilkan konten yang menarik bagi target pasar mereka.
contoh penulisan portofolio copywriter yang menarik
Go-jek
  • Tokopedia : Salah satu unicorn Indonesia ini memiliki copywriting yang kuat dan konsisten. Perusahaan ini terkenal dengan pesan yang positif, optimis dan memotivasi.
seberapa penting portofolio buat seorang copywriter?
Tokopedia
  • Grab : Layanan transportasi ini memiliki copywriting yang efektif dalam mempromosikan layanannya. Perusahaan ini menampilkan pesan-pesan yang menarik dan inovatif.
Grab
  • Shopee : Salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia ini memiliki copywriting yang mengikuti tren terbaru dan sering menggabungkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, Shopee terkenal dengan kampanye pemasaran yang kreatif dan unik.
Shopee

Baca juga : Jenis-jenis Pemasaran Online: Media, Strategi, dan Manfaatnya

Contoh Portofolio Copywriter yang Menarik Bagi Perusahaan

Berikut akan saya berikan beberapa contoh portofolio copywriter yang bisa Anda jadikan referensi untuk membangun portofolio Anda sendiri.

Terri Lively

Media sosial menjadi salah satu paltform yang tepat untuk membangun portofolio Anda, contohnya Terri Lively ini. Ia menggunakan media sosial Pinterest.

Lively Copywriting

Terri Lively membangin hasil tulisannya dengan menyajikan landing page, sehingga dapat membantu seseorang tertarik. Bukan hanya itu, ia juga membagikan foto-foto menarik. Contoh portofolio ini bisa Anda jadikan referensi untuk memulai membuat portofolio.

Jennifer Locke Writes

Portofolio yang dibuat oleh Jennifer bisa menjadi sebuah insiprasi bagi Anda, ia membuat portofolio copywriter yang simpel dan terlihat sederhana.

Jennifer Locke Writes

Jennifer membuat blog dengan desain sederhana, sehingga nyaman ketika dilihat oleh mata. Di dalam websitenya tertera home, service, about, blog, contact dan sebagainnya. Sehingga pengunjung dapat menggali informasi lebih dalam terkait blognya.

Davina Van Buren

Contohnya yang lain bisa Anda lihat milik Davina Van Buren. Ia adalah seoarang traveler dan seorang jurnalis yang mengumpulkan portofolio ke dalam satu tempat.

Davina Van Buren

Blog yang dibuatnya sangat rapih dan tertata, ia pun membuat content marketing strategist dan brand development partner. Dengan membuat kategori merupakan cara yang tepat agar portofolio Anda terlihat bagus.

Jose Benitez Copywriter

Jose Benitez sangat cerdas dalam mengelola kata dalam membuat portofolionya. Saat membuka websitenya pertama kali Anda akan menemukan kalimat sapaan yang dibawahnya tertulis “scroll down to see sweat, blood, and tears

Jose Benitez

Dari hal tersebut, pembaca menjadi penasaran dan pengunjung akan melakukan scroll down. Portofolio milik Jose Benitez ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang suka bermain kata-kata.

Joe DeSalvo

Berbeda dengan Jose Benitez yang hanya memainkan kata-kata saja, Joe DeSalvo menggabungkan kata-kata dengan gambar. Desain website yang ia buat pun terlihat unik. Gaya penulisannya pun langsung to the point.

Joe DeSalvo

Cara Membuat Portofolio Copywriter yang Menarik!

Berikut akan saya jelaskan mengenai tips dan trik dalam membuat portofolio dan hal-hal yang harus dihindari ketika membuat portofolio.

Tips dan Trik Membuat Portofolio Copywriter

Saya akan membagikan tips dan trik ketika Anda ingin membuat portofolio copywriter, silahkan disimak baik-baik!

  1. Kenali target pasar : Pastikan bahwa Anda mengenali target pasar, karena ini akan mempengaruhi gaya penulisan Anda.
  2. Tunjukkan variasi : Perlihatkan variasi karya-karya Anda seperti iklan online atau konten media sosial. Ini akan membantu Anda dalam menunjukkan kemampuan penulisan Anda.
  3. Perlihatkan hasil : Jika ada testimoni pelanggan bisa Anda cantumkan
  4. Sederhana dan mudah dibaca : Gunakan bahasa yangmudah dipahami dan hindari istilah teknis yang mungkin sulit untuk dimengerti klien.
  5. Tampilkan Kreativitas : Gunakan headline dan tagline yang menarik perhatian pengunjung dan tampilkan gaya penulisan yang khas.
  6. Perbarui secara berkala : Perbarui dan tunjukkan karya terbaru dan kemampuan yang dimiliki oleh Anda.

Dengan mengikuti tips dan trik tersebut, Anda dapat membuat contoh portofolio copywriter yang baik dan efektif untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam menulis.

Hal-Hal yang Harus Dihindari dalam Membuat Portofolio

Selain tips dan trik dalam membuat portofolio copywriter. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika membuat portofolio. Berikut beberapa yang sebaiknya dihindari dalam membuat portofolio.

  1. Menyalin karya orang lain, karena seharusnya karya Anda haruslah original dan merupakan kemampuan dan kreativitas dari diri Anda sendiri.
  2. Menampilkan karya yang tidak relevan, jangan tampilkan karya yang tidak sesuai dengan target pasar Anda.
  3. Menampilkan karya kurang berkualitas, hindari karya yang tidak berkualitas dan tidak mewakili kemampuan diri Anda.
  4. Jangan terlalu banyak informasi, sebaiknya perlihatkan karya-karya terbaik Anda yang relevan dan berikan informasi yang cukup terhadap karya Anda.
  5. Hindari portofolio yang kurang fokus
  6. Tidak memperbarui portofolio, sebaiknya diperbarui secara berkala jangan dibiarkan ketinggalan zaman.

Dengan mengindari hal-hal tersebut, Anda dapat membuat portofolio copywriter yang lebih efektif dan menarik bagi pengunjung atau target pasar Anda.

Baca juga : Call To Action Artinya, Jenis, Dan Tips Membuatnya

Kesimpulan

Portofolio copywriter yang berkualitas dan baik dapat menjadi kunci bagi Anda perorangan atau perusahaan untuk memperoleh pekerjaan di bidang copywriting. Dalam portofolio seorang copywriter harus menunjukkan kemampuannya dengan gaya penulisan yang khas. Selain itu juga portofolio copywriter harus menujukkan hasil dari keefektifan copywriting.

Perusahaan sangat memperhatikan portofolio dari seorang copywriter dalam mempertimbangkan calon pekerja dibidang tersebut. Sehingga Anda harus memastikan bahwa portofolio mudah dibaca, sederhana dan menunjukkan kreativitas yang tinggi.

Copywriter juga harus menghindari menampilkan karya yang tidak relevan atau tidak berkualitas dan Anda harus memperbarui portofolio Anda secara berkala. Dengan memahami pentingnya portofolio copywriter dan mengikuti kiat-kiat pada artikel ini. Tentu Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan di bidang copywriting dan meraih kesuksesan dalam karir Anda.

Jika Anda masih kesulitan dalam membuat portofolio copywriter, kami Sevenpion hadir untuk mempermudah Anda dalam membangun portofolio copywriter. Segera hubungi kami dengan klik banner dibawah!

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Andre Defrian Saputra

Seorang mahasiswa sekaligus penulis! Memulai karier menjadi copywriter handal dengan mengubah kata-kata menjadi kekuatan. Saya biasa menulis seputar teknologi dan bisnis terkini!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *