Contoh Daftar Hadir Terbaru Untuk Memudahkan Adminstrasi HR

Contoh Daftar Hadir Terbaru Untuk Memudahkan Administrasi HR

contoh daftar hadir

Eksistensi daftar hadir marak digunakan pada berbagai pertemuan dan aktivitas, contoh daftar hadir yang sering digunakan yaitu saat absensi di kelas, menghadiri keanggotaan, menjadi peserta, dan lainnya.

Rekap kehadiran diinputkan melalui platform seperti excel dan sejenisnya. Menyimpan daftar hadir secara online sangat membantu serta diperlukan meskipun rekap kehadiran karyawan biasa dilakukan dengan finger print dan absen langsung. Tetapi contoh daftar hadir terbaru yang menggunakan sistem memberi efek efesiensi bagi HR

Apa Itu Daftar Hadir?

Merupakan sebuah catatan yang berisi tentang informasi kehadiran semua orang yang terlibat dalam sebuah acara atau kegiatan tertentu. Biasanya mencantumkan nama, jabatan, serta tanda tangan peserta yang datang dalam acara tersebut.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua peserta yang diundang benar-benar hadir dan mengikuti acara tersebut, serta memudahkan penyelenggara dalam mengidentifikasi.

Dengan adanya daftar hadir secara lengkap, penyelenggara dapat memastikan semua orang yang ada mendapat benefit dan keuntungan sama rata. Selain itu, dijadikan sebagai sumber acuan peserta yang mengikuti kegiatan maupun tidak.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pemasaran Online: Media, Strategi, Dan Manfaatnya

Manfaat Absensi Online Pada Era Teknologi

Di era teknologi saat ini, fungsi daftar hadir karyawan atau absensi telah mengalami transformasi yang signifikan. Berbagai inovasi teknologi telah mengubah cara kita memantau dan merekam kehadiran seseorang, baik itu di tempat kerja, sekolah, acara, dan kegiatan lainnya. Terdapat beberapa manfaat daftar hadir di era teknologi, berikut penjelasannya:

1. Efesiensi Waktu Serta Biaya

Proses absensi dapat dilakukan secara otomatis, sehingga meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk mendaftar kehadiran. Selain itu, teknologi daftar hadir juga dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan tenaga manusia untuk mencatat kehadiran secara manual.

2. Meningkatkan Akurasi Data

Sebagai contoh daftar hadir yaitu titik akurasi data yang valid. Teknologi daftar hadir dapat memberikan pernyataan yang lebih baik dalam mencatat kehadiran karena prosesnya dilakukan secara otomatis dan menggunakan algoritma tertentu. Selain itu, dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan manusia saat mencatat kehadiran secara manual.

3. Sebagai Rekap Kehadiran

Rekap kehadiran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Data kehadiran salah satunya contoh daftar hadir rapat dapat disimpan dalam database sehingga memudahkan akses dan pengolahan data. Hal ini sangat bermanfaat untuk keperluan audit, evaluasi, dan pengambilan keputusan.

4. Optimalkan SDM

Teknologi daftar hadir dapat membantu perusahaan atau institusi dalam mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia. Data-data yang diperoleh secara akurat membantu dalam mengambil keputusan terkait pemakaian sumber daya manusia, seperti pemberian bonus, pemotongan gaji, promosi, dan penilaian kinerja.

5. Meningkatkan Keamanan

Dalam beberapa situasi, peran kecanggihan informasi dapat meningkatkan keamanan. Misalnya, pada acara besar atau tempat kerja dengan akses terbatas, teknologi HR dapat digunakan pada situasi untuk memastikan bahwa hanya orang yang berwenang yang dapat masuk ke dalam area tertentu.

6. Proses Administrasi yang Cepat

Proses administrasi terkait kehadiran dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Data kehadiran dapat diakses secara langsung dari sistem salah satu contoh daftar hadir, sehingga meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk mencari informasi terkait kehadiran. Selain itu cara mengelola daftar hadir karyawan menggunakan website menjadi jalur tercepat untuk memantau aktivitas.

7. Memaksimalkan Pengalaman Pengguna

Contoh daftar hadir yang cukup relateable yaitu, ketika sedang menghadiri sebuah acara yang memakan waktu banyak pada proses masuknya. Antrean terus bertambah membuat waktu banyak terbuang, dengan kehadiran sistem HR untuk absen online pengunjung tidak perlu lagi menunggu lama di depan pintu masuk acara.

Contoh Daftar Hadir Karyawan

Pada dasarnya absen dapat dilakukan melalui aplikasi dan media apapun, Memudahkan pelaporan data dan statistik menggunakan google form. Layanan jenis ini sudah sering di gunakan karena efektif dalam waktu singkat dan tidak perlu keahlian khusus dalam membuatnya.

Tetapi, kali ini akan dibahas contoh daftar hadir menggunakan platform excel dan aplikasi HR yang digadang sedang ramai dipakai oleh perusahaan besar maupun startup masa kini.

1. Daftar hadir karyawan menggunakan excel

contoh absensi karyawan bulanan excel

Berikut contoh daftar hadir karyawan di Microsft Excel yang sering digunakan berbagai jenis instansi, sekolah, kantor, rumah sakit, dan sebagainya. Tak memungkiri bahwa sistem absen semakin mudah dan menyesuaikan kebutuhan kebanyakan manusia pada zaman digital.

Tetapi, fungsi daftar hadir karyawan memerlukan rekap bentuk soft file serta hard file, pada sub bab artikel dibawah ini akan dijelaskan secara umum cara membuat daftar hadir karyawan.

  1. Buka program Excel dan buatlah lembar kerja baru.
  2. Pada baris pertama, tuliskan judul daftar absensi karyawan bulanan. Misalnya, “Daftar Absensi Karyawan Bulan Maret 2023”.
  3. Pada baris kedua, tuliskan kolom-kolom yang akan digunakan pada daftar absensi karyawan, seperti “Nomor Karyawan”, “Nama Karyawan”, “Jabatan”, “Hari/Tanggal”, “Masuk”, “Keluar”, “Izin”, “Sakit”, dan “Alpha”. Jumlah kolom dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Baris ketiga dan seterusnya, masukkan data kehadiran karyawan. Pada kolom pertama, masukkan nomor urut karyawan. Pada kolom kedua, input nama karyawan. Kolom ketiga, masukkan jabatan karyawan. Kolom keempat sampai kolom ke-33, masukkan tanggal dan kehadiran. Pada kolom ke-34, masukkan jumlah izin yang diambil oleh karyawan selama bulan tersebut. Pada kolom ke-35, masukkan jumlah sakit yang dialami karyawan selama bulan tersebut. Pada kolom ke-36, masukkan jumlah alpha (tidak masuk tanpa izin) yang diterima oleh karyawan selama bulan tersebut.
  5. Setelah semua data kehadiran dimasukkan, simpan file Excel dengan nama yang sesuai dengan konteks daftar absensi karyawan bulanan. Misalnya, “Daftar Absensi Karyawan Bulan Maret 2023”.
  6. Untuk mempermudah penggunaan dan pengolahan data, tambahkan filter pada kolom-kolom yang diperlukan. Misalnya, pada kolom “Hari/Tanggal”, tambahkan filter agar mudah melakukan filter berdasarkan tanggal.
  7. Jika diperlukan, tambahkan rumus pada lembar kerja Excel untuk menghitung jumlah hadir, jumlah izin, jumlah sakit, dan jumlah alpha. Juga tambahkan rumus untuk menghitung gaji yang harus diterima oleh karyawan.
  8. Gunakan fitur pivot table pada excel untuk mengolah data kehadiran menjadi laporan apabila ingin membuat laporan kehadiran berdasarkan absensi karyawan.

2. Sistem HR berbentuk website untuk pengelolaan absen yang lebih mudah

cara mengelola daftar hadir karyawan menggunakan website

Sistem HR atau Human Resources Management System adalah sebuah platform digital yang digunakan perusahaan untuk mengelola data karyawan, proses rekrutmen, penggajian, manajemen kinerja, pelatihan dan pengembangan. Serta administrasi karyawan lainnya, salah satu fitur penting dari sistem HR adalah kemampuannya untuk memudahkan perusahaan dalam membuat dan menyimpan daftar hadir karyawan secara otomatis.

Absensi karyawan bulanan excel masih sangat eksis seperti artikel diatas. Namun masih harus dilakukan manual oleh bagian administrasi. Sedangkan sistem HR online lebih mudah digunakan dan mempersingkat input yang dibutuhkan dengan menganalisis kepentingan pada masa kini. Berikut contoh daftar hadir karyawan menggunakan sistem HR:

Pada hari Senin, tanggal 28 Februari 2023, berikut adalah daftar hadir karyawan pada jam kerja pagi (08.00 – 12.00 WIB) dan siang (13.00 – 17.00 WIB) di PT J Corps:

Jam kerja pagi:

  1. Namiya (07.55 – 12.05)
  2. Jo Margani(08.10 – 12.15)
  3. Mugi (08.03 – 12.08)
  4. Tedra (08.30 – 12.30)
  5. Joice (08.15 – 12.20)

Jam kerja siang:

  1. Namiya (13.05 – 17.00)
  2. Jo Margani(13.10 – 17.00)
  3. Mugi (13.02 – 17.08)
  4. Tedra (13.10 – 17.15)
  5. Joice (13.07 – 17.12)

Keterangan

  1. Namiya hadir di kedua shift kerja.
  2. Jo Margani hadir di kedua shift kerja.
  3. Mugi hadir di kedua shift kerja.
  4. Tedra hadir di kedua shift kerja.
  5. Joice hadir di kedua shift kerja.

Sistem absensi online dengan sistem HR ini dilakukan otomatis oleh masing-masing karyawan dengan akses login nya masing-masing. Sehingga, sistem administrasi tidak perlu lagi melakukan input manual, tinggal membaca hasil laporan realtime yang selalu tersajikan kapan saja untuk dilihat.

Fungsi Daftar Hadir

Daftar hadir adalah sebuah catatan yang berisi informasi tentang kehadiran seseorang pada suatu acara atau kegiatan tertentu. Fungsi dari daftar hadir sangat penting karena memiliki keunggulan yang besar dalam berbagai konteks seperti:

  1. Membantu pengorganisir acara atau kegiatan untuk mengetahui siapa saja yang hadir pada acara tersebut. Dengan mengetahui siapa yang hadir, pengorganisir dapat melakukan tindakan yang tepat dan efektif untuk mengelola acara atau kegiatan tersebut.
  2. Sebagai alat verifikasi kehadiran yang digunakan dalam proses administrasi. Dalam beberapa konteks, daftar hadir dapat digunakan sebagai bukti kehadiran yang sah dan valid. Misalnya, dalam proses pembayaran gaji karyawan, daftar hadir dapat digunakan untuk mengonfirmasi kehadiran karyawan di tempat kerja.
  3. Memudahkan pelaporan data dan statistik. Seperti penelitian atau survei, daftar hadir dapat digunakan sebagai data dalam analisis statistik. Misalnya, dengan mengetahui siapa saja yang hadir pada acara tertentu, dapat dilakukan analisis tentang profil peserta dan karakteristik mereka, cara tersebut dapat dilakukan menggunakan absensi online.
  4. Memudahkan tugas administratif. Dengan memiliki daftar hadir, pengorganisir dapat lebih mudah mengelola tugas administratif seperti pengiriman undangan, pengelolaan registrasi, dan pengelolaan informasi kontak peserta, dapat dilakukan menggunakan layanan HR.

Kesimpulan

Daftar hadir memiliki banyak fungsi dan manfaat penting dalam berbagai konteks adminstrasi perusahaan. Hal ini memudahkan pengorganisir atau pihak yang membutuhkan informasi kehadiran untuk melaksanakan tugas administratif, analisis statistik, memastikan keamanan acara atau kegiatan dan meningkatkan efektivitas program.

Dengan menggunakan sistem HR, perusahaan dapat dengan mudah melacak kehadiran karyawan dan memastikan bahwa setiap karyawan hadir sesuai dengan jadwal kerjanya. Sistem HR juga memudahkan perusahaan dalam menghitung jumlah jam kerja karyawan, membuat laporan kehadiran, dan memproses penggajian.

Sevenpion juga menggunakan sistem HR dalam proses absensi dan keberlangsungan hubungan pihak perusahaan dengan karyawannya. Hal tersebut mendapat respon baik dari kedua belah pihak karena sama-sama menguntungkan dan membuat pekerjaan lebih efisien. Terutama semenjak ramainya istilah wfh (work from home) atau wfa (work from anywhere), sistem ini semakin memudahkan kegiatan adminstrasi internal.

Anda juga bisa memiliki sistem HR seperti yang kami bahas diatas, untuk gambarannya bisa kunjungi disini. Selain itu, Anda juga melakukan request kebutuhan fitur khusus dengan menghubungi tim kami secara langsung. Tekan banner dibawah ini untuk konsultasi gratis sekarang!

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Nadia Istikomatuz Zulfa

Saya Nadia Istikomatuz Zulfa, seorang mahasiswa sekaligus penulis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *