Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen Terbaru Dijamin Cuan !

Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen Terbaru Dijamin Cuan !

Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen Terbaru Dijamin Cuan !

Apa yang anda pikirkan pertama kali saat memiliki produk? Pasti anda akan berpikir agar produk itu bisa laku keras dan segera menjadi keuntungan. Saya yakin semua orang juga begitu. Namun kenyataanya, tidak selalu produk kita cepat laku. Jangan sampai hal itu terjadi pada anda. Nah, disini kita akan bahas cara menawarkan produk ke konsumen terbaru dijamin cuan!

Tidak hanya itu saja, disini anda juga akan menemukan cara yang paling efektif untuk menawarkan produk anda. Karena disini akan kita bahas bersama cara menawarkan produk dari berbagai penjuru sudut pandang lengkap beserta contohnya.

Memahami Maksud Menawarkan Produk Ke Konsumen

Sebelum jauh membahas cara menawarkan produk ke konsumen, apakah anda sudah paham arti dan maksud menawarkan itu sendiri? Menawarkan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan suatu pada orang lain, dapat berupa produk, barang atau layanan. Maksud memberikan dalam kata ini adalah mengenalkan produk agar dibeli oleh orang lain.

Penawaran atau menawarkan merupakan bagian dari strategi pemasaran yang selalu berhubungan dengan produksi, produk, promosi, konsumen dan keuntungan atau cuan. Sebelum proses transaksi jual beli akan selalu ada proses pemasaran, dan sebelum proses pemasaran harus melewati proses penawaran terlebih dahulu. Itulah kenapa menawarkan produk dengan tepat akan sangat penting bagi pemilik bisnis.

Proses menawarkan produk jadi penting agar proses produksi tetap berlangsung, tidak hanya cepat balik modal tapi juga cuan sebagai bukti keberhasilan. Proses penawaran yang berhasil ini ditandai dengan keberlanjutan pemasaran dan tingkat pembelian bahkan permintaan yang tinggi oleh konsumen.

Dalam ilmu ekonomi Kotler dan Armstrong (2011) mengungkapkan bahwa faktor terbesar yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah motivasi. Sehingga penting untuk membuat konsumen termotivasi membeli produk dengan cara membuat konsumen tertarik terlebih dahulu. Penawaran tidak hanya menarik konsumen untuk membeli produk kita tapi juga melakukan repeat order atau pembelian berulang.

Cara Menawarkan Produk Agar Konsumen Tertarik

Niat dan motivasi konsumen adalah kunci untuk membuat konsumen tertarik membeli produk anda

Salah satu cara menawarkan produk ke konsumen cepat hasilkan cuan adalah dengan memahami motivasi konsumen. Sebagian besar konsumen hanya akan membeli produk yang mereka sukai, mereka butuhkan atau mereka inginkan. Itulah sebabnya kita harus tau motivasi konsumen dalam membeli produk atau barang. Berikut ini cara menawarkan produk agar konsumen tertarik:

  1. Brand Awareness, Jika ingin produk anda laku keras. Maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah kenalkan brand pada konsumen anda baru kemudian produk anda. Setidaknya konsumen tau dan ingat apa produk yang anda jual.
  2. Pahami Konsumen Anda, fokuskan dan sesuaikan produk anda dengan target pasar anda. Hal ini akan memudahkan anda untuk memahami konsumen. Anda dapat memulainya dari jenis kebutuhan, seleranya dan keinginanya.
  3. Tunjukkan Keunggulan Produk, menunjukkan keunggulan bukan berarti merendahkan kompetitor. Cara menawarkan produk ke konsumen yang baik adalah cukup fokus pada benefit dan manfaat yang akan didapatkan konsumen jika membeli produk anda. Anda bisa menunjukkan kelebihan kandungan produk atau pelayanan anda yang luar biasa.
  4. Ciptakan pengalaman konsumen, bayangkan bahwa anda seorang konsumen dan fokuskan pada perasaan yang akan timbul, ketika konsumen membeli atau tidak membeli produk anda. Cara ini memanfaatkan perasaan audiens untuk mempengaruhi emosi serta tindakan dalam mengambil keputusan terkait produk yang ditawarkan.
  5. Lakukan Promosi Secara Konsisten, penawaran terbaik adalah yang paling konsisten dan menyesuaikan perkembangan. Jangan lewatkan kesempatan yang ada, karena setiap momen bisa jadi cuan untuk anda. Misal 12 12, gratis ongkir, diskon 50%, beli 1 gratis 1, paket hemat dsb.

Contoh Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen

Pada paragraf sebelumnya sudah disinggung mengenai cara menawarkan produk agar dapat menarik konsumen. Selanjutnya akan dibahas secara lebih jelas mengenai contoh cara menawarkan produk ke konsumen.

Seperti apa contohnya? jika saya boleh bertanya, pernahkah anda membeli suatu produk hanya karena untuk menjawab rasa penasaran dari diri anda? Seperti misalnya ketika anda mendengar atau melihat kata Hmm.. kayak ada manis- manisnya, atau mungkin orang pintar, minum… Tanpa sadar anda tertarik membeli produk tersebut karena anda ingin tau jawaban dari pertanyaan anda. Itulah salah satu contoh menawarkan produk dengan kekuatan kata -kata.

Oleh sebab itu, contoh diberikan berupa kalimat agar anda sebagai pembaca dapat lebih mudah memahami dan mengaplikasikannya pada bisnis anda. Perhatikan contoh berikut :

  • Dapatkan kopi berkualitas, aroma khas, rasa pas hanya di Toko Kopi Bersaudara
  • Produk alami, mampu mencerahkan kulit anda dalam satu minggu
  • Bahan kain adem dan nyaman dipakai, motif beragam, harga terjangkau
  • Segera daftarkan diri anda jadi member sekarang juga! dan dapatkan gratis untuk 2 bulan pertama
  • Promo Ramadhan Sale! gratis ongkir untuk pembelian diatas 40k
  • Tap Cash limited edition! hanya ada disini dan saat ini juga

Cara Menawarkan Produk Berdasar Jenisnya

Ada banyak sekali pengelompokan jenis produk. Salah satunya dapat dikategorikan berdasar daya tahan produk yaitu produk tidak tahan lama dan produk tahan lama. Produk tidak tahan lama misalnya seperti makanan, sabun, minyak dsb. Sedangkan produk tahan lama adalah produk yang tidak habis pakai seperti mobil, handphone, meja, televisi, dll.

Jika anda menyadari bahwa jenis produk ada banyak jenisnya, maka cara menawarkan produk ke konsumen pun akan berbeda pula. Maka, pada paragraf ini akan dibahas lebih detail mengenai cara menawarkan produk berdasar jenisnya.

1. Cara Menawarkan Produk Makanan Ke Konsumen

Produk makanan merupakan produk yang cepat siklusnya, sehingga harus bisa dijual cepat mengingat dengan masa berlaku atau expired dari produk tersebut. Langsung saja ini caranya :

  1. Pastikan produk anda berkualitas, anda bisa memulai dari bahan, kemasan yang menarik, masa berlaku produk dan keamanan produk tersebut. Kemasan yang menarik bisa menjadi pertimbangan pertama konsumen untuk membeli produk.
  2. Siapkan foto terbaik produk anda, ibarat kata “dari mata turun ke beli”. Foto yang baik menjadi aspek yang dipertimbangkan dalam cara menawarkan produk ke konsumen. hal ini tentu karena foto dapat menarik mata konsumen untuk akhirnya clossing dan membeli produk yang kita tawarkan.
  3. Buat website anda, seperti halnya rumah. Penting bagi pemilik bisnis untuk menampilkan produk secara detail agar lebih terpercaya dan menjangkau konsumen potensial secara luas. Saat ini, sudah ada jasa website custom yang bisa menyesuaikan kebutuhan anda.
  4. Gunakan sosial media, anda bisa mencoba mulai dari kontak di WA, Instagram, Facebook sebagai upaya untuk menunjang brand awareness anda.
  5. Kolaborasi dengan Influencer atau endorsment, Influencer atau endorsment memiliki jutaan pengikut aktif. Hal ini memungkinkan peluang produk anda mudah dikenal.
  6. Ikuti event , produk makanan lebih mudah diterima oleh masyarakat luas. sehingga mengikuti setiap event merupakan salah satu cara yang patut dicoba.
  7. Kerja sama dengan reseller, anda tidak perlu bekerja keras sendiri untuk menawarkan produk makanan langsung ke konsumen. Sistem reseller sama halnya seperti rantai cabang yang berkesinambungan.
  8. Jalin kerja sama dengan perusahan layanan antar, seperti Go Food, Grab Food atau Shopee Food

2. Cara Menawarkan Produk Mobil Ke Konsumen

Contoh cara menawarkan produk mobil ke konsumen menggunakan platform digital

Berbeda dengan produk makanan yang selalu dibutuhkan. Cara menawarkan produk ke konsumen pun akan berbeda. Mobil merupakan produk yang bukan termasuk kebutuhan primer, sehingga tidak semua orang akan membeli mobil. Namun, bukan berarti tidak ada peluang untuk berbisnis mobil yang menghasilkan cuan kan? Anda tenang saja, berikut ini ada banyak cara menawarkan produk mobil ke konsumen yang bisa anda lakukan.

  1. Targetting, tentukan target konsumen anda. Pastikan juga produk apa yang akan anda jual, apakah anda akan menjual mobil baru, mobil bekas, mobil langka atau mobil mewah. Tentukan juga siapa saja yang akan membelinya. Ingat, setiap pasar memiliki konsumennya masing – masing.
  2. Mapping, cari tau dan kenali dimana orang – orang yang akan menjadi konsumen potensial anda berkumpul. Anda bisa mulai mencari tahu kondisi geografis, kebiasaan dan struktur masyarakat hingga taraf kehidupannya. Anda juga bisa mapping di platform digital dengan memanfaatkan fitur sosial media.
  3. Canvassing, kegiatan menawarkan produk yang biasa dilakukan secara langsung dengan memberi brosur dan nomor kontak di wilayah tertentu.
  4. Perluas Relasi, bisa dilakukan dengan bergabung dalam forum atau komunitas. Dalam suatu komunitas umumnya berisi orang – orang dengan minat yang sama. Sehingga menawarkan produk seperti mobil pada komunitas akan lebih mudah, Karena sudah sama – sama tahu dan paham produknya (product knowledge)
  5. Manfaatkan platform digital, bisa berupa WA, telepon, email dan website. Perusahaan besar seperti dealer mobil biasanya sudah memiliki website resminya sendiri. Sedangkan platform lain seperti WA, telepon dan E-mail digunakan sebagai penunjang untuk mengarahkan ke website resmi. Secara lebih rinci akan dibahas pada cara menawarkan produk menggunakan platform digital.
  6. Manfaatkan Media Promosi, seperti banner atau baliho. Meskipun terkesan masih konvensional, namun cara menawarkan produk ke konsumen seperti ini masih banyak digunakan untuk menarik perhatian konsumen.

Cara Menawarkan Produk Menggunakan Platform Digital

Platform digital menjadi media paling digemari sebagai cara menawarkan produk ke konsumen. Selain karena kemudahan penggunaan untuk berbagai keperluan, seperti mengirim informasi dan mempromosikan produk. Kelebihan platform digital ini adalah dapat memfasilitasi transaksi bisnis anda. Sehingga platform digital menjadi penting dalam bisnis utamanya diera digital seperti sekarang.

Plat form digital yang paling banyak digunakan adalah melalui telepon, WA (WhatsApp), E-mail dan Website. Paragraf selanjutnya membahas lebih detail mengenai cara menawarkan produk menggunakan platform digital.

1. Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen Lewat Telepon

Sebelum kita menawarkan produk ke konsumen lewat telepon, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan :

  • Nomor telepon yang akan kita hubungi. Nomor telepon tersebut dapat berasal dari data base orang – orang yang pernah menghubungi kita seperti saat login, saat mengisi form persetujuan untuk kita jangkau kembali
  • Tools berupa materi atau bahan yang akan kita sampaikan. Bisa berupa panduan dalam brosur agar kita tidak lupa poin – poin penting yang harus disampaikan lewat telepon.

Setelah mempersiapkan kebutuhan, berikut alur cara menawarkan produk ke konsumen lewat telepon :

  1. Perkenalan
  2. Konfirmasi, sehubungan dengan data base. Misal pernah mendaftar atau mengisi form
  3. Tanyakan pengalaman, bangun suasana nyaman untuk ngobrol dan baca situasi
  4. Masuk pada produk knowledge dan kelebihan (diskon, kursi terbatas,dsb.)
  5. Konfirmasi ulang, nomor HP dan sambungkan dengan media terkait misal WA untuk follow up
  6. Sampaikan informasi, misal cara pemesanan dan pembayaran
  7. Closing

2. Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen Lewat WA

Whatsapp business menjadi salah satu cara paling mudah menawarkan produk ke konsumen

Saya yakin anda sudah sangat familiar dengan platform WA. Berdasar data cnbc tahun 2022, sebanyak 2,41 miliar orang adalah pengguna aktif WA. Peluang menawarkan produk melalui WA pun cukup besar. Namun, sebagian orang tidak ingin akun pribadinya tercampur dengan bisnis yang mereka jalani.

Nah.. sejak awal tahun 2018 lalu, Whatsapp telah merilis whatsapp busines untuk memudahkan anda bisa menawarkan produk. Kabarnya Whatsapp busines baru saja diperbarui pada okteber tahun 2022. Jadi, bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah menggunakan Whatsapp business sebagai cara menawarkan produk ke konsumen lewat WA? jika belum, simak langkah – langkah berikut:

  1. Download dan install Apps WA (Whatsapp) business
  2. Lengkapi Profil dengan brand awareness
  3. Gunakan Kalimat persuasif dalam pembuatan konten
  4. Buat catalogue menggunakan fitur WA
  5. Siapkan data broadcast
  6. Buatlah WA status secara konsisten, bahkan pada hari/jam tertentu
  7. Manfaatkan chat WA gruoup
  8. Gunakan fitur WA personalisasi pesan
  9. Berikan service excellent dengan meminta umpan balik atau bentuk follow up lainnya

3. Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen Melalui Email

Email juga merupakan platform komunikasi, sehingga juga dapat digunakan untuk menawarkan produk, barang, jasa, atau kerjasama. Tentunya hal yang bisa menghasilkan cuan anda. Oleh sebab itu, email yang berisi penawaran produk ke konsumen disebut email marketing atau email pemasaran.

Pada sebuah email penawaran tidak jarang juga kita diarahkan untuk melihat gambaran produk secara lebih jelas dan detail ke suatu laman atau website. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar email penawaran anda dijamin cuan. Perhatikan tips cara menawarkan produk ke konsumen melalui email, berikut :

  1. Gunakan email profesional, bukan dari gratisan. Bisa dilihat bagian belakang alamatnya
  2. Tulis subjek email
  3. Salam pembuka/salam kenal, bisa panggil sapaan jika sudah tau nama
  4. Perkenalkan diri
  5. Sampaikan pesan, kirim penawaran produk (poster), tanyakan minat hingga cara dan proses pembayaran
  6. Closing

4. Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen Dengan Website

Diantara platform digital yang ada. Saya rasa website adalah cara menawarkan produk paling efektif di tahun ini. Kenapa ? karena sekalipun kita punya platform lain, pada akhirnya kita tetap butuh website sebagai rumah media publikasi. Kita bisa memulai branding melalui WA, email atau telepon. Namun, perlu diperhatikan bahwa saat ini orang akan lebih percaya jika suatu produk atau brand tersebut memiliki website sendiri.

Anda mungkin berpikir kenapa alasan website bisa menajdi cara efektif dalam menawarakan produk. Ini dia beberapa kelebihan cara menawarkan produk ke konsumen dengan website :

  1. Jangkauan luas, dapat diakses oleh seluruh orang didunia sehingga memeungkinkan untuk menemukan konsumen baru
  2. Akses 24/7, website dapat diakses kapan saji dan dan dimana saja. Memudahkan konsumen mengenal produk knowledge dan melakukan pembelian.
  3. Informasi lengkap : detail produk, spesifikasi, ulasan, harga yang kan memudahkan konsumen membuat keputusan dan menghasilkan cuan bagi kita
  4. Proses transaksi yang mudah, terutama transaksi online. Itulah e-commerce pun harus memiliki website sebagai penunjang strategi pemasaran.

Saya tidak ingin mengatakan anda harus berpikiran sama dengan saya. Hanya saja apa salahnya mencoba berbagai cara demi laku keras dan hasilkan cuan. Anda bisa mencoba gunakan website untuk menjangkau pelanggan, berikut cara menawarkan produk ke konsumen dengan website :

  1. Design website
  2. Optimasi SEO
  3. Penawaran spesial
  4. Gunakan e commerce
  5. Pemasaran email
  6. Ulasan produk
  7. Analisis data

Kesimpulan

Setelah membaca berbagai cara menawarkan produk ke konsumen terbaru dijamin cuan ini! Saya rasa, anda sudah bisa menemukan cara yang paling tepat dan cepat dalam menghasilkan cuan. Perlu diingat bahwa kunci keberhasilan cara menawarkan produk dipengaruhi oleh kemampuan memahami target pasar dan memastikan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Hal ini memungkinkan kita menggabungkan cara menawarkan produk untuk memperluas jangkauan dan memastikan produk dikenal oleh konsumen potensial. Jika dalam benak anda masih bingung bagaimana agar bisnis anda bisa ditemukan jutaan orang di internet. Kami siap membantu masalah anda, segera konsultasikan kepada tim Sevenpion sekarang!

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Ferdianita Nilam Cahyaningati

Seorang penulis dengan ketertarikan pada bidang tekhnologi, bisnis dan pengembangan diri.

You May Also Like

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *