Caption Jualan Online, Begini Cara Membuatnya Agar Menarik!

Caption Jualan Online, Begini Cara Membuatnya Agar Menarik!

caption jualan online

Memang benar bahwa pandemi Covid-19 membawa banyak musibah bagi masyarakat. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa ia juga menimbulkan perubahan yang positif. Para pedagang dan businessman mulai melihat platform online sebagai wadah yang menarik untuk menawarkan barang/jasanya. Dalam melakukan aktivitas tersebut, mereka tentunya memerlukan yang susunan kalimat yang disebut caption jualan online, bukan?

Lalu apa sih sejatinya caption itu? Memangnya penting? Seperti apa contohnya? Bagaimana cara membuatnya agar tidak membosankan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kita kupas bersama di artikel ini. So, pastikan Anda membacanya hingga akhir agar tidak terlewat suatu apapun. Scroll down!

2023, Jualan Online, dan Caption

caption jualan online

Judul sub-bab ini mungkin akan memenuhi pikiran Anda hingga menimbulkan pertanyaan, “mengapa dibahas?” Bahasan ini dihadirkan agar para pembaca sekalian mampu memahami jualan online secara umum.

Selain itu, pada poin ini, penjelasan singkat tentang caption juga akan kami hadirkan sebelum menyelam lebih dalam tentang teknik pembuatan hingga contoh-contohnya.

Mengacu kepada data yang disajikan oleh Katadata Insight Center, Covid-19 telah membuat aktivitas e-commerce meningkat. Bahkan diprediksi akan terus menunjukkan geliat peningkatan usai pandemi berlalu. Data yang tertera menjelaskan bahwa ekonomi digital Indonesia akan mengalami kenaikan sebesar 22% dengan e-commerce sebagai pemeran utamanya.

Tulisan ini memang bukan bertujuan untuk mempersuasi, akan tetapi tidak ada salahnya bukan untuk menunjukkan bahwa jualan online menjadi prospek pekerjaan menjanjikan kedepannya. Kembali lagi ke topik, berikut penjelasan tentang caption:

Apa Itu Caption?

Oleh karena diksi yang akan kita bahas tidak termasuk dalam bahasa Indonesia, maka kami merujuk ke Oxford Dictionary. Caption berarti kata-kata yang tertulis di bawah gambar, kartun, dan seterusnya yang mendeskripsikan atau menjelaskan hal-hal tersebut.

Karena kita berbicara dalam lingkup jualan online, maka kata-kata tersebut adalah kata-kata promosi. Kata-kata promosi ini akan menjelaskan produk/jasa yang ditawarkan dan pada akhirnya berusaha memengaruhi calon pembeli untuk melakukan konversi pembelian.

Beberapa Hal Agar Caption Menarik

Usai memahami tentang apa itu caption jualan online, selanjutnya kami akan membawakan materi utama yang sesuai dengan judul artikel ini, yakni tips membuat caption agar menarik! Perlu diingat bahwa tips-tips ini tentu perlu penyesuaian agar sesuai dengan kondisi di lapangan. Check it out!

Gaya Bahasa Sesuai Audiens

Audiens? Mengapa? Bukankah kita dapat menulis caption sesuai dengan yang kita mau? Salah total! Sebagai seorang marketer atau salesman, Anda justru harus menulis untuk target pasar Anda!

Secara logika hal ini pun dapat dimengerti secara mudah. Anda menginginkan target pasar untuk membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan, bukan? Oleh karenanya, tulislah dengan gaya tulisan yang cocok untuk audiens tersebut.

caption jualan online

Sebagai contoh, Anda memperniagakan headset dengan desain kekinian lantaran target pasarnya adalah kaum milenial. Maka bagaimana kiranya gaya bahasa yang sesuai? Gaya bahasa gaul!

Amit-amit ketika Anda justru menggunakan gaya bahasa formal, kaum milenial tersebut akan merasa “Oh, ini bukan untukku”. Alhasil, target pasar Anda tidak akan tertarik untuk melakukan konversi pembelian.

Jika target pasar Anda adalah kaum milenial, gunakan gaya bahasa gaul. Andaikan audiensnya adalah orang-orang berusia 40-60 tahun, gunakan gaya bahasa formal. Sebelum menentukan gaya bahasa apa yang akan digunakan, tentukan dahulu buyer persona produk/jasa Anda.

Gunakan Diksi “Ekstrem” dalam Caption Jualan Online

Tujuan promosi adalah untuk mempersuasi pembaca agar tertarik dan pada akhirnya membeli suatu produk. Maka wajib hukumnya untuk menonjolkan keunggulan dari suatu produk.

Sebagai contoh, jika Anda menjual payung, jangan sekadar menggunakan kata-kata datar seperti “tahan air”. Karena tentunya setiap payung tahan air! Akan tetapi gunakan kata-kata seperti “ampuh menahan gempuran hujan”.

Kedua pilihan diksi di atas sejatinya memiliki makna yang sama, akan tetapi memiliki efek berbeda. Hal ini karena manusia suka terhadap sesuatu yang dilebih-lebihkan.

Terapkan Scarcity

Bahasa gampang dari scarcity adalah kelangkaan. Untuk penggunaan scarcity ini Anda sedikit-banyak perlu berhati-hati. Lantaran malah bisa menjadi bumerang untuk bisnis itu sendiri.

Contoh kalimat yang mengandung scarcity adalah “Yuk order sekarang, diskon 90% hanya sampai hari Senin!”. Target pasar yang membaca kalimat tersebut bisa jadi menjadi terpengaruh dan berpikir “Kalau aku tidak cepat-cepat order, bisa-bisa nggak dapet diskon!”.

Pikiran semacam itulah yang memang diincar. Alhasil audiens pasar merasa takut akan suatu ketertinggalan dan segera melakukan konversi pembelian.

Akan tetapi, Anda benar-benar harus menerapkan scarcity yang diterapkan pada caption jualan online Anda tersebut. Kita ambil contoh kalimat scarcity yang sebelumnya telah kami hadirkan. Anda harus benar-benar mengurangi diskon 90% tersebut kita sudah masuk hari Selasa. Mengapa? Agar kepercayaan pelanggan terjaga.

Mereka benar-benar berpikir bahwa scarcity yang Anda bawakan adalah nyata, bukan sekadar gimmick atau pancingan semata. Be aware!

Diskon dan Garansi

Usai tips sebelumnya membahas tentang scarcity, agaknya kurang lengkap jika belum memberikan tempat tersendiri bagi diskon dan garansi. So, diskon atau orang-orang marketing biasanya menyebutnya “harga coret”- juga merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Target pasar akan terpersuasi dan berpikir bahwa suatu barang dijual dengan nilai yang lebih rendah ketimbang aslinya. Alhasil otak akan merangsang keinginan kuat untuk membelinya. Contoh penerapan diskon yang baik akan kami perlihatkan nanti.

Kedua, garansi. Garansi dapat berbentuk macam-macam, bisa berupa garansi 100% konsumen puas, rusak 100% uang di-refund, hingga garansi barang asli atau orisinil 100%. Perlu diperhatikan, sebelum memberikan garansi, Anda harus tahu betul tentang hitungan untung-ruginya. Jangan sampai justru merugikan bisnis Anda sendiri!

Something New and Unique

caption jualan online

Target pasar seringkali merasa tertarik dengan sesuatu yang baru ataupun unik. So, Anda dapat coba menggunakan kata-kata yang mengandung makna demikian untuk menarik atensi calon pelanggan. Kata-kata seperti “limited edition”, “new arrival”, “baru saja rilis”, dan diksi lain yang serupa tentunya sangat sesuai digunakan dalam caption jualan online Anda.

Pastikan bahwa kata-kata tersebut tidak berseberangan dengan keadaan aslinya. Jangan sampai Anda bilang bahwa barang A adalah limited edition, tapi nyatanya stok berlimpah-ruah sampai-sampai harus diobral dengan harga murah!

Banggakan Bisnis Anda!

Konteks untuk tips ini adalah Anda memasarkan barang-barang yang dijual oleh banyak toko lain. Sebut saja produk A. Produk ini dijual oleh lebih dari 100 toko. Lantas, bagaimana cara membuat caption yang sesuai agar pelanggan tertarik untuk membelinya di toko Anda?

Banggakan toko Anda! gunakan kata-kata yang menunjukkan bahwa toko Anda memiliki kualitas pelayanan yang memuaskan. Pilihan diksi seperti “barang dijamin cepat sampai”, “packing rapih dan kuat”, “pelayanan ramah”, dan seterusnya dapat menjadi referensi bagi Anda.

CTA

CTA merupakan akronim dari Call to Action. Call to Action sendiri dalam bahasa Indonesia dimaknai sebagai ajakan untuk melakukan suatu tindakan. Dalam konteks perdagangan, ajakan yang sesuai adalah untuk melakukan pembelian, atau dalam kasus lain menyebarkan dan mempromosikan suatu produk.

“Yuk, beli sekarang juga!” adalah perwujudan call to action yang sering kita lihat di berbagai caption promosi. CTA diletakkan pada bagian akhir caption jualan online agar target pasar mengerti apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Sedikit tips, jangan pernah gunakan kata-kata negasi untuk meminta suatu hal yang berkebalikan. Perhatikan permisalan ini: “Jangan lupa add ke keranjang belanja, ya guys!”. Penggunaan diksi “jangan” sebaiknya dihindari. Ketika membaca kata tersebut, target pasar akan berfokus pada kata “jangan” tersebut sehingga menurunkan keinginan untuk melakukan hal yang diminta!

Contoh-Contoh Caption Jualan Online

Usai memahami bagaimana prospek online market, apa itu caption, fungsi caption untuk jualan, hingga tips & trik penulisannya, Anda akan kami bawa menyelam pada contoh-contohnya. Berikut kami kelompokkan pada beberapa kategori sebagai berikut:

Contoh Caption Menarik untuk Promosi Minuman

Bisnis minuman tampaknya tidak akan lekang oleh waktu. Hal ini karena minum termasuk kebutuhan primer manusia dan akan terus dicari waktu demi waktu. Jika Anda memiliki brand minuman yang dijual melalui platform online, caption berikut dapat menjadi referensi:

  • Ngerasa panas dalam? Udah minum air segar tapi tak kunjung reda? Gunakan (nama produk)! Bahan-bahannya 100% alami dan lebih dari 15.463 orang telah membuktikan keampuhannya. Order sekarang melalui link di bawah ini!
  • Anda seorang pekerja kantoran yang bekerja 12 jam tanpa henti dan terkadang merasa mengantuk? Sudah coba beragam kopi tapi tak kunjung cocok? Kopi luwak kami akan memberi Anda solusi yang sesuai. Rasanya pas, harganya tidak bikin sesak nafas. Pesan sekarang dan dapatkan diskon hingga 30%!
  • Telah hadir! Minuman manis dengan cita rasa mulai dari green tea hingga markissa. Tenang, produk kami menggunakan gula alami sehingga tidak berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Teguk sekarang dan dapatkan esensi kebahagiaan yang tiada duanya!

Contoh Caption Menarik untuk Promosi Event, Course, hingga Seminar

Market online tidak hanya terbatas digunakan untuk menjajakan barang saja. Anda juga dapat menemukan penjualan untuk event seperti konser. Selain itu, terdapat juga penawaran course/kelas, seminar, bootcamp, dan hal-hal serupa.

  • Dijual! Tiket konser (nama band) murah-meriah! Lu bakal ngedapetin kursi VVIP, tanda tangan dan swafoto bareng artis favorit, sampai kesempatan untuk lihat kondisi di backstage. Tiket limited! Tertarik? Hubungi nomor berikut (nomor handphone).
  • Anda ingin menguasai seni copywriting? Bosan dengan caption jualan online yang datar-datar saja ? Telah dibuka online class copywriting. Mari bergabung dengan 4.560 member lainnya dan dapatkan potongan hingga 40% khusus untuk hari ini saja! Klik link berikut untuk bergabung.
  • Seminar Kepenulisan Berbasis SEO hadir lagi setelah sekian lama! Cocok untuk semua kalangan, mulai dari pemula hingga expert. Anda akan mendapatkan modul, pelatihan, job guarantee program, sertifikat, hingga mentoring seumur hidup. Limited seat! Kunjungi kami di sini (link website).

Contoh Caption Jualan Online Berupa Jasa

Anda juga seringkali menemukan orang yang menawarkan jasa via online market bukan? seperti pembuatan kolam, editing foto, hingga pembuatan website company profile.

  • Resah melihat ikan-ikan Anda yang mulai merasa sempit? Atau barangkali bosan dengan desain kolam yang monoton? Kami menawarkan kepada Anda kolam dengan desain minimalis -tapi tidak monoton-, garansi 100% anti bocor atau rembes, harga murah, dan pengerjaan cepat. Order sekarang dan dapatkan kolam minimalis kece saat ini juga!
  • Bosan dicemooh rekan kerja karena foto diri yang nggak keren? Atau ingin kelihatan apik agar HR tertarik rekrut kamu? Jasa edit foto (nama bisnis) hadir untuk menyelamatkanmu! Sekali bayar bebas revisi sampai puas. Tidak puas? uang kembali 100%. Buat fotomu jadi sempurna bersama kami di sini!
  • Selamat Anda telah berhasil mendirikan perusahaan baru! Akan tetapi, rasa-rasanya kurang lengkap jika tidak memiliki website company profile. Kami siap membantu Anda untuk membuatnya dengan harga murah, pengerjaan cepat, desain menarik, dan free pengelolaan selama 2 bulan. Mari, jadikan bisnis Anda berkembang pesat bersama kami!

Kesimpulan Dari Artikel Caption Jualan Online

Anda telah memahami secara mendetail apa itu caption, tips-tips penulisannya, hingga contoh-contohnya. Sekarang Anda telah siap untuk membuat caption yang sesuai dengan usaha Anda.

Akan tetapi, sudahkah Anda memiliki website untuk memasarkan produk/jasa Anda? Website merupakan salah satu elemen penting untuk media berjualan, lho. Anda dapat menaruh artikel-artikel berkaitan dengan produk/jasa, portofolio, testimoni, hingga chat support.

Bagaimana? tertarik menggunakan website untuk memperlancar bisnis? Kami menyediakan jasa pembuatan website custom tentunya dengan harga terjangkau, pelayanan kualitas nomor satu, hingga panduan pengelolaannya! Yuk, konsultasikan sekarang juga disini!

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Nur Umar Akashi

Seorang mahasiswa yang memiliki ketertarikan lebih dalam bidang kepenulisan, jurnalistik, dan marketing via tulisan. Dapat menulis dalam tentang berbagai bidang, mulai dari teknologi hingga sastra.

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *