
Gencarnya bisnis online sejalan dengan meningkatnya pemasaran dan periklanan disegala media pemasaran daring. Sedangkan, kedua hal tersebut sering kali sukar ditaklukkan. Tenaga profesional seperti marketing agency adalah jawaban dari persoalan bisnis Anda.
Marketing agency berkolaborasi dengan agency lainnya dapat menjadi solusi yang membantu Anda dalam membuat, mengelola, serta mengoptimalkan strategi pemasaran dan periklanan. Daya saing yang tinggi serta perputaran pasar yang cepat selayaknya dikelola oleh tim yang ahli dibidangnya.
Untuk itu, artikel ini akan memperkenalkan apa itu agency terlebih mengenai marketing agency, jenis dan cara kerjanya, kelebihan kekurangan, sampai dengan tips memilih firma marketing agency penunjang usaha Anda. Mari simak bersama berikut ini!
Agency Artinya..
Melansir Marketz.id, agency merupakan sebuah bisnis di bawah naungan perusahaan bisnis yang menawarkan jasa layanan tertentu. Umumnya, perusahaan dan kelompok bisnis lah yang menjadi klien utamanya. Mayoritas agency bergerak pada bidang industri kreatif untuk tujuan pemasaran para kliennya.
Sementara itu, Upwork menjelaskan marketing agency adalah sekolompok profesional dalam bidang pemasaran dan periklanan bisnis online yang bertanggung jawab membantu klien menarik konsumen sehingga mampu meningkatkan kepuasaan leads melalui berbagai jenis media pemasaran digital.
Jobdesk daripada marketing agency adalah meliputi branding, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM), pengiklanan, content marketing, sampai dengan Social Media Management.
Selain jobdesk di atas, marketing agency juga memberikan pelayanan berupa:
- Riset Pasar. Salah satu strategi pemasaran yang baik yakni dengan mengidentifikasi pasar untuk mengarahkan mereka kepada bisnis Anda, maka marketing agency akan memulainya dengan meriset tujuan dan target pasar untuk mengembangkan strategi pemasaran.
- Melakukan In-Depth Riset. Marketing agency dapat pula melakukan riset mendalam perihal pesaing bisnis. Ketika data telah ditemukan, mereka akan memberikan saran serta ide baru untuk jalannya bisnis Anda.
- Pengelolaan Akun Media Pemasaran. Marketing agency dapat membantu pengelolaan pengiklanan bisnis sampai mengatur kalender pemasaran untuk dipublikasikan sesuai target.
- Pengelolaan Konten Media Pemasaran. Tak hanya membantu mengelola akun media pemasaran, marketing agency pun dapat dilibatkan dalam mengelola konten media yang akan disiarkan. Agency dapat mengarahkan kapan waktu terbaik serta konten iklan seperti apa yang sebaiknya diunggah.
- Membantu Pekerjaan Divisi Lain. Sebagaimana disebutkan di atas, marketing agency dapat berkolaborasi dengan satuan industri kreatif lainnya seperti salah satunya PR. Bersama-sama mereka akan mengawasi citra perusahaan hingga membantu jalanannya acara divisi public relation.
Ragam Jenis Marketing Agency dan Cara Kerjanya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa suatu agency terdiri dari sekelompok profesional yang ahli pada bidangnya masing-masing, karenanya marketing agency pun beragam jenisnya. Kira-kira, agency mana yang Anda butuhkan di bawah ini?
1. Traditional Marketing Agency
Jika pemasaran memiliki jenis konvensional, begitupun dengan marketing agencynya. Traditional Marketing Agency merupakan perusahaan yang fokus berkampanye melalui media offline seperti koran, tv, radio, dan lain-lain.
Sayangnya, jenis pemasaran ini sulit dipantau perkembangannya karena datanya yang tidak pasti. Selain itu, Anda perlu menganggarkan modal cukup besar untuk bekerja sama dengan agency. Sedangkan, konversi penjualan belum tentu meningkat.
Karenanya, perusahaan yang berani menggunakan jasa dari tradisional marketing ialah mereka yang telah memiliki nama serta popularitas sehingga sanggup membayar biaya pemasaran.
2. Digital Marketing Agency
Berkebalikan dengan pemasaran tradisional, digital marketing agency merupakan jenis yang paling menjanjikan saat ini. Dengan sumber daya dari kaula muda, pemasaran akan lebih terkesan kekinian dan profesional sebab pekerja familiar dengan media yang ditangani.
Cara kerja dari jenis ini yakni dengan mengoptimalkan pemasaran melalui sosial media (SMM), website, email marketing, dan content marketing.
Pemasaran dengan model ini selain kekinian juga dinilai lebih efektif dan terjangkau. Jangkauan leads pun lebih luas hingga internasional.
3. Specialized Marketing Agency
Marketing agency satu ini adalah agency yang berfokus pada pengembangan perusahaan saja. Contohnya, agensi pemasaraan yang khusus melayani desain User Interface (UI). Desain interface penting karena berhubungan langsung dengan pengalaman yang konsumen rasakan atau akrab disebut dengan User Experience (UX).
Agensi khusus dapat membantu klien dengan konsep pemasaran sesuai dengan layanan yang diminta.
4. Full-Service Digital Marketing Agency
Jika digital marketing agency berfokus pada eksekusi pemasaran melalui perangkat digital, jenis satu ini merupakan paket lengkapnya.
Tidak hanya eksekusi pemasaran, klien akan mendapatkan rencana pemasaran dan strateginya demi kepuasan pelanggan. Layanannya juga meliputi pengembangan sosial media, inbound marketing, pengiklanan, dan SEM.
Setelah mengetahui empat jenis marketing agency, di bawah ini akan diberikan gambaran cara kerja dari tim marketing agency.
Cara Kerja Marketing Agency
- Mengenali Jenis Bisnis. Karena berasal dari luar perusahaan, marketing agency akan mempelajari terlebih dahulu bisnis klien sehingga dapat memberikan pelayanan secara maksimum.
- Menciptakan Konsep Marketing yang Menarik. Setelah mengenali produk usaha Anda, tim agensi mulai memetakan strategi yang menarik. Hal ini berguna untuk membangun nama perusahaan klien dan meningkatkan kredibilitas jasa layanan.
- Mempelajari Target Pasar. Marketing agency terlatih untuk melakukan riset pasar sehingga mampu mempromosikan produk klien kepada target pasar yang tepat.
- Pemilihan Media Pemasaran. Apapun jenis marketing agency yang klien gunakan, pemilihan media pemasaran menjadi penting mengingat Anda sebagai pemilik usaha juga berhak untuk menilai media yang akan dimanfaatkan untuk memasarkan produk.
- Melakukan Funneling. Funneling merupakan tahapan pengunjung media pemasaran menjadi pelanggan tetap produk klien. Marketing melakukan funneling untuk menjaga hubungan dengan pelanngan.
- Pembuatan Iklan yang Menarik. Marketing akan membantu pemasaran dan meningkatkan pengunjung media dengan membuat pengiklanan yang menarik.
Manfaat Bekerja Sama Dengan Marketing Agency Adalah

Setelah mendapatkan gambaran jobdesk dan layanan dari marketing agency, terdapat manfaat bekerja sama dengan marketing agency seperti terangkum di bawah ini.
1. Membantu Perusahaan Berkembang
Utamanya, manfaat bekerjasama dengan marketing agency adalah untuk membantu perusahaan berkembang melalui pemasaran yang telah ditentukan. Melalui pelayanan yang terstruktur dan bertarget, klien akan mendapatkan transparansi strategi pemasaran.
Agency akan membantu klien untuk mengoptimalkan pemasaran produk dengan menonjolkan keunggulan serta ciri khasnya. Apabila mempersandingkan dengan usaha kompetitor, produk tetap bernilai jual tinggi.
Dengan menyerahkan pekerjaan ini kepada tim marketing agency, usaha klien diharapkan akan mudah melejit sesuai terget, bisnis dapat menyaingi kompetitor, dan kesadaran akan produk atau brand perusahaan di mata pelanggan akan meningkat.
2. Meningkatkan Angka Penjualan
Tak hanya meningkatkan brand awareness, manfaat lain bekerja sama dengan tim marketing agency adalah konversi penjualan yang ikut meningkat.
Salah satu faktor peningkatan ini karena adanya strategi search engine marketing yang digadang-gadang mampu meningkatkan angka penjualan ke level tertinggi.
Penerapan strategi yang tepat guna dan sesuai target pemasaran berpotensi meningkatkan jumlah pelanggan sehingga dapat memperluas jangkauan pasar.
3. Menghemat Waktu dan Biaya Pemasaran
Keuntungan lebih lanjut dari kerja sama pihak klien dengan tim marketing agency adalah efisiensi waktu. Anda tidak perlu repot membentuk dari dasar sekelompok tenaga pekerja marketing.
Melakukan perekrutan, pelatihan, dan evaluasi tenaga kerja hanya akan menyita waktu dan memangkas alokasi dana. Sedangkan, hasil yang didapat belum tentu memenuhi ekspektasi dan target karena belum punya workflow yang lebih dikuasai oleh marketing agecny.
Itulah mengapa pemanfaatan jasa layanan marketing agency dinilai lebih efektif dari segi waktu dan cost. Dengan kata lain, Anda tidak perlu lagi memusingkan persoalan marketing yang mungkin masih asing bagi bisnis Anda.
Tim Marketing Agency vs Tim Marketing Internal
Sejumlah perusahaan memutuskan mengontrak marketing agency karena tidak ingin ambil pusing. Lainnya berpikir lebih baik memanfaatkan pekerja internal yang sudah tahu pasti mengenai perusahaan.
Anggapan di atas wajar terjadi saat pebisnis dihadapkan suatu pilihan. Sebelum memutuskan bekerjasama dengan digital agency, ada baiknya simak tabel di bawah ini terkait perbedaan utama antara keduanya:
Tim Marketing Agency | Tim Marketing Internal |
Marketing agency adalah tim profesional luar perusahaan yang mendayai segala urusan proses pemasaran di bawah kontrak antara perusahaan dan agensi. Pengetahuan Brand: karena berasal dari luar perusahaan, agensi membutuhkan waktu untuk mempelajari brand klien. Ada baiknya, sewa lah marketing agency yang berpengalaman dalam produk bisnis Anda. Ketersediaan: sebuah agensi dengan sumber daya profesional tidak hanya menangani beberapa perusahaan, maka konsultasi di awal perihal ketersediaan tenaga kerja dan ekspektasi pemasaran. Biaya: cukup membayar sesuai kontrak kepada agen. | Marketing internal adalah tim yang dibentuk oleh perusahaan dan dipimpin oleh marketing manager yang mendayai segala urusan proses pemasaran. Pengetahuan Brand: tim internal terkespos langsung mengenai brand oleh pihak perusahaan. Ketersediaan: tenaga kerja internal full time bekerja hanya untuk perusahaan. Biaya: perlu mengeluarkan biaya untuk perangkat lunak, perekrutan, dan pelatihan kepada masing-masing penanggung jawab. Gaji tetap pekerja diberikan secara langsung. |
Kelebihan dan Kekurangan Agency

Setiap bisnis atau pekerjaan pastilah memiliki plus minusnya. Bisnis agency sendiri banyak diminati oleh kalangan muda fresh graduate dengan satu passion yakni analisis industri kreatif. Menariknya lagi, sejumlah bisnis agency ramah untuk segala latar belakang pendidikan.
Agar lebih memahami berkenaan dengan bisnis agency secara umum, ini dia daftar kelebihan dan kekurangan dari agency.
Kelebihan:
- Bisnis yang Mudah Dirintis. Mengetahui industri kreatif banyak peminatnya didukung pula SDM berkompeten, merintis suatu agency bukan hanya sebatas angan. Utamanya, Anda perlu menyediakan tim kreatif sedikitnya bidang marketing, media, dan desain grafis.
- Meningkatkan Performa Digital Perusahaan Klien. Bisnis online dikatakan sukses jika strategi pemasaran dan pengiklanannya membuahkan hasil. Tidak hanya mengantongi cuan, nilai digital suatu perusahaan pun meningkat, terutama hubungan baik dengan pelanggan untuk jangka panjang.
- Skala Target Pasar Fleksibel. Pada awal karir, usaha kecil ini mampu menarik minat konsumen skala kecil sampai menengah. Berjalannya waktu dan pengalaman, agency bahkan dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar.
- Bisnis yang dapat Membantu Bisnis Lain. Standarnya suatu agency bergerak dibidang jasa. Namun, jangan lupakan tugas utamanya yakni menyiapkan dan mengelola berbagai macam usaha baik jasa maupun barang dalam skala nasional sampai multinasional untuk menghadapi era digital.
Kekurangan:
- Waktu Kerja Tidak Tetap. Poin pertama bisa jadi merupakan kelebihan bagi orang tertentu. Namun, tidak adanya waktu tetap untuk bekerja memicu terjadi overtime atau lembur. Belum lagi request klien yang dapat masuk kapan saja serta adanya deadline. Kerja 9-5 bisa jadi tidak berlaku di marketing agency.
- Bertemu dengan Klien Beraneka Karakter. Berhenti berekspektasi bahwa semua klien sama saja. Dalam sehari Anda akan menjumpai ragam tipe klien. Ada yang pengertian dan fleksibel, ada pula yang ketat deadline dan arogan. Disini Anda dilatih komunikasi yang baik dan mudah beradaptasi.
- High Pressure. Bekerja di sebuah agency seringkali dicap mempunyai tekanan kerja tinggi. Jawabannya, bisa jadi benar atau tidak :). Tidak hanya ditekan oleh permintaan klien, pekerjanya harus mampu berpikir kreatif dan inovatif untuk setiap perusahaan. Segala kritik dan revisi merupakan makanan sehari-hari, karenanya pekerja agency adalah pribadi tahan banting.
Tips Cepat Memilih Marketing Agency yang Tepat!

Sejauh ini Anda telah mengetahui definsi agency dan marketing agency, jenis juga cara kerjanya, manfaat, serta plus minusnya. Kini, giliran Anda memilih marketing agency yang tepat untuk penunjang bisnis Anda!
Berikut ini tips dalam memilih marketing agency agar sesuai kebutuhan:
- Profil Profesional dan Terpercaya. Marketing agency yang profesional dan terpercaya dapat Anda ketahui dengan melakukan pengecekan terhadap media pemasarannya. Jika agensi tersebut memiliki website pemasaran, ceklah tampilan profil mereka, sampai dengan kontak narahubung, portofolio dan dan legalitas mereka.
- Perusahaan Kredibel. Kredibilitas suatu marketing agency dapat diukur melalui hasil testimoni para pelanggannya. Bacalah testimoni dengan saksama, dari sana Anda bisa mengetahui cara kerja perusahaan tersebut.
- Paham Prinsip Pemasaran. Perusahaan yang mengetahui cara pemasaran yang baik maka akan mampu membantu membuat strategi pemasaran bisnis Anda. Anda dapat mengetahuinya dengan mengunjungi profil agency dan melihat layanan yang ditawarkannya.
- Portofolio Menjanjikan. Anda dapat mengetahui hasil kerja serta profesionalisme suatu marketing agency dengan melihat portofolio nya. Anda dapat menilai pekerjaan agensi tersebut apakah sesuai dengan keinginan atau tidak sebelum memutuskan untuk menghubungi agen.
- Sesuaikan Budget. Semakin tinggi jam terbang pekerjaan suatu marketing agency, maka semakin tinggi pula anggaran yang harus Anda siapkan. Oleh karenanya, perhatikan juga kemampuan perusahaan Anda.
Penutup
Itulah poin-poin penting yang perlu Anda ketahui seputar pentingnya bekerja sama dengan marketing agency bagi keberlangsungan usaha Anda.
Singkatnya, jika Anda tidak ingin direpotkan megenai pemasaran dan pengiklanan yang efektif bagi usaha Anda, maka solusinya adalah melakukan kontrak kerja dengan marketing agency.
Jika Anda ingin mengonsultasikan usaha Anda dengan ahlinya, Sevenpion solusi tepat untuk Anda. Kami juga dapat membantu Anda mengembangkan bisnis online dengan membuat wesite custom dan aplikasi mobile sesuai keinginan Anda.
Diskusikan kebutuhan Anda sekarang juga disini atau tekan banner di bawah ini, free diskusi sekarang!