
Baru-baru ini digital marketing menjadi salah satu jurusan perkuliahan yang diproyeksikan akan menjadi top-search. Tidak dapat dipungkiri, ekonomi dunia yang terus bergeliat bersamaan dengan perkembangan dunia digital menjadi aspek utamanya. Peran digital marketing sendiri terbilang vital dalam sektor ekonomi semenjak pandemi covid-19 memaksa digitalisasi dilakukan disetiap lini.
Lantas apa itu digital marketing? Apakah digital marketing penting? Perannya? Semua pertanyaan itu akan dibahas secara ringkas dan padat pada artikel ini. Scroll down!
Digital Marketing Adalah?
Salah satu ahli pemasaran yang terkenal, Phillip Kotler, memberikan penjelasannya terkait frasa benda tersebut. Digital marketing menurut Kotler merupakan strategi pemasaran yang menciptakan komunikasi antarpelanggan dengan organisasi. Yang mana komunikasi tersebut berujung pada tercapainya kepuasan pelanggan dan keuntungan organisasi.
Selanjutnya coba kita telaah dari segi bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring mendefinisikan digital sebagai “berkaitan dengan atau menggunakan komputer atau internet”. Lebih lanjut, karena istilah marketing belum terserap dalam bahasa Indonesia, kita gunakan penjelasan dari Oxford Dictionary.
Menurut kamus termasyhur tersebut, marketing adalah sebuah kegiatan untuk menyajikan, mengiklankan, dan menjual produk/jasa dari suatu perusahaan dengan cara terbaik. Dapat ditarik titik temu tengah bahwasannya, digital marketing adalah pemasaran atau promosi produk/jasa via media online seperti internet dan seterusnya.
Mengapa Digital Marketing Penting?
Agaknya jika kini Anda masih menggunakan sistem pemasaran konvensional akan terasa ketinggalan zaman, namun balik lagi ke target market Anda.
Masih seringkah Anda melihat minimarket atau yang sejenisnya melakukan promosi via selebaran berisikan diskon barang-barangnya? Barangkali masih ada, akan tetapi intensitasnya menurun jika dibandingkan kala dulu.
Ini adalah salah satu efek domino yang terbawa akibat perkembangan teknologi. Semakin banyak manusia yang mulai menggunakannya, maka cara promosi juga harus mengikutinya agar tidak basi.
Terlepas dari urusan teknologi yang berkembang, digital marketing tentu memiliki keistimewaannya sendiri. Sebut saja jangkauan luas, interaksi baik, dan seterusnya yang akan dijelaskan kemudian. Jadi bagaimana? Sudah melihat important side dari digital marketing?
Peran Digital Marketing
Usai memahami tafsirnya berikut mengapa frasa tersebut mengandung makna penting bagi dunia bisnis, tiba saatnya untuk memahami perannya. Terdapat beberapa peran digital marketing yang harus dipahami agar bisnis Anda dapat naik levelnya! Berikut penjabarannya:
Menjangkau Target Pasar Secara Borderless

Salah satu hambatan dalam promosi pada masa dahulu adalah halangan jarak. Bisa jadi Anda memiliki produk yang kemungkinan besar diminati orang Amerika. Akan tetapi, karena tidak mampu menyampaikan informasi tersebut, produk Anda jadi hanya bisa dinikmati di Indonesia.
Ilustrasi di atas menjadi salah satu contoh kerugian yang didapatkan jika tidak menerapkan digital marketing. Dengan hadirnya internet dan berbagai pirantinya, Anda dapat melakukan pemasaran secara global dan mencakup semua wilayah yang terkoneksi dengan internet tanpa perlu hadir secara fisik disana.
Secara tidak langsung, kegiatan ini akan meningkatkan konversi penjualan yang pada gilirannya menaikkan level perusahaan Anda bukan? Ups, tidak berhenti sampai disini, berikut perannya yang kedua!
Meningkatkan Brand Awareness
Jika ingin perusahaan Anda berkembang semakin jauh, brand awareness masyarakat harus terus ditingkatkan. Digital marketing memberikan sumbangsihnya dalam hal ini.
Anda dapat menjangkau target pasar baik cold, warm, maupun hot market. Akan tetapi, perlu diperhatikan bagaimana cara pendekatannya yang sesuai untuk masing-masing tipe target pasar tersebut.
Meningkatkan brand awareness ini dapat dilakukan melalui berbagai, mulai dari website, sosial media, email, hingga text messaging. Melalui website, Anda dapat mencoba membangun website company profile yang menyajikan segala informasi terkait bisnis Anda.
Melalui sosial media, Anda dapat memperkenalkan bisnis Anda berikut mempergunakannya sebagai wadah pemasaran. Hal yang sama juga dapat diterapkan via email dan text messaging.
Meningkatkan Kualitas Interaksi dengan Pelanggan
Jika berkaca pada pemasaran konvensional, tentunya interaksi dengan konsumen menjadi lebih terbatas. Terbatas dalam artian secara waktu dan tempat. Alhasil, bisa jadi konsumen tersebut ingin mengenal lebih jauh produk Anda tetapi tidak terpuaskan. Mempengaruhi konversi penjualan, bukan?
Interaksi pun tidak terbatas berada dalam artian “percakapan”. Interaksi dapat pula berhubungan dalam suatu konten media sosial misalnya. Contoh konkritnya, Anda mengunggah foto/video produk terbaru via Instagram. Kemudian postingan tersebut dibanjiri komentar netizen, hal tersebut sudah disebut dengan interaksi.
Peningkatan kualitas interaksi ini termasuk dalam peran digital marketing yang sangat vital. Dengan sistem pemasaran via digital, Anda dapat berinteraksi dengan lebih mudah dengan konsumen melalui berbagai media dan metode.
Mudah Melakukan Monitoring
Peran selanjutnya dari penerapan digital marketing dalam suatu bisnis adalah memudahkan melakukan monitoring. Monitoring yang dimaksud dapat berupa tingkat kepuasan pelanggan, data konversi penjualan, kualitas marketing, dan seterusnya.
Permisalan konkritnya, Anda menerapkan strategi marketing A secara konvensional, misal dengan menebar brosur atau pamflet diskon produk. Maka strategi tersebut berhenti pada titik tersebut. Artinya, Anda akan susah untuk mengukur seberapa efektifkah pemasaran dengan model tersebut. Anda hanya bisa mengukur berapa brosur yang tersebarkan, tapi tidak untuk hal lainnya.
Lain halnya jika misalnya Anda membuat unggahan promo barang, kemudian setelah satu minggu, Anda dapat melihat seberapa efektifkah strategi tersebut. Hal ini dapat dilihat dari jumlah like, comment, share, hingga konversi melalui link penjualan (jika disediakan). Semakin mudah, bukan?
Mengurangi Biaya Pemasaran

Jika membicarakan pemasaran via online, tidak mungkin untuk terlepas dari keuntungannya yang satu ini: biaya yang lebih murah. Hal ini dikarenakan digital marketing tidak memerlukan biaya untuk mencetak banner, flyer, maupun model iklan konvensional lainnya.
Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
Melalui jenis pemasaran digital marketing, Anda dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan cara melampirkan testimoni dari konsumen sebelumnya. Hal ini pun dapat dengan mudah dilakukan, misalnya dapat ditaruh pada bagian bawah landing page atau website company profile.
Bandingkan dengan sistem pemasaran konvensional, Anda perlu untuk membawa-bawa serentetan bukti testimoni. Tentunya akan sangat merepotkan dan memakan biaya lebih, bukan?
Peran Digital Marketing: Akhir Kata
Akhir kata, digital marketing pada intinya merupakan teknik pemasaran yang dilakukan via dunia maya. Berbagai perannya yang positif telah disebutkan, mulai dari jarak jangkauan yang tak terbatas hingga kemampuannya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Lantas bagaimana memulainya? Anda dapat memulainya dengan membangun website hingga sosial media bisnis. Bingung bagaimana caranya? Kami menyediakan jasa pembuatan website hingga sosial media management! Yuk, langsung konsultasikan dengan tim kami disini!