
Digital marketing semakin gencar diterapkan semenjak Covid-19 terjadi diberbagai negara. Semua kegiatan menjadi serba online seperti, pembayaran token listrik, membeli pulsa, sistem pembelajaran, hingga pesan makanan. Hal itu menambah angka digitalisasi merangkak naik dan membuat perekonomian merata, karena tujuan digital marketing sendiri untuk meningkatkan awarness agar produk lebih dikenali oleh target market.
Dalam marketing online banyak tantangan yang dihadapi para pelaku bisnis, produsen ataupun reseller. Sederhanya semakin basah lahannya semakin subur rumputnya, begitu pula dengan dunia bisnis.
Jika hanya dengan berjualan via media sosial menghasilkan banyak keuntungan maka banyak orang yang berlomba-lomba menggunakan layanan tersebut. Persaingan tersebut dapat di optimasi dengan strategi dan menerapkan konsep digital marketing secara tepat.
Baca Juga: Contoh Copywriting Makanan, 7 Teknik Ini Bisa Anda Gunakan!
Pengertian Digital Marketing
Dilansir dari data riset Google serta Gross Market Value (GMV) digital ekonomi Indonesia mencapai US$70 Miliar pada tahun 2021, hal tersebut membuat rekor perekonomian terbesar di wilayah Asia Tenggara dan kedepannya akan terus mengalami kemajuan.
Peranan digital marketing sangat mengubah pola perekonomian dunia dan Indonesia juga ikut terdampak. Pada tahun 2025 Indonesia dikabarkan mengalami tingkat pertumbuhan majemuk digital ekonomi sebesar 20% atau setara dengan US$146 miliar dolar.
Menurut Milley, Marcolin, dan Coviello digital marketing adalah memanfaatkan teknologi dan internet untuk kepentingan perusahaan serta konsumen melakukan kegiatan interaktif.
Kemudian dikutip dari Urban (2004) sebuah kegiatan pemasaran menggunakan teknologi serta internet untuk memperluas dan meningkatkan peforma fungsi pemasaran tradisional. Jadi kesimpulannya dapat diambil bahwa digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang menggunakan teknologi atau internet untuk mempromosikan kepada konsumen.
Tujuan digital marketing dengan ini dapat terlihat jelas pemerataan jangkauan seluruh pasar karena adanya perantara yang menghubungkan semua orang berupa media internet.
Jenis-Jenis Digital Marketing
Implementasi digital marketing pada bisnis yang sedang dijalankan akan menambah performa lebih baik, karenanya perlu di perhatikan apa saja jenis-jenis digital marketing yang bisa diterapkan agar kedepannya market dapat bersaing secara internasional.
1. Search Engine Optimization (SEO)

Istilah SEO sudah sangat familiar dibidang copywriter terutama para penulis blog. Mengapa seperti itu? karena fungsi SEO dapat meningkatkan traffic website sehingga para pengguna digital marketing bisa terus menggunakan layanan tersebut secara gratis maupun berbayar.
Selain itu, SEO memiliki biaya relatif rendah dibandingkan dengan teknik pemasaran digital lainnya seperti iklan PPC atau iklan sosial media. Meskipun memerlukan waktu dan usaha yang signifikan, SEO dapat memberikan ROI yang besar dalam jangka panjang.
Baca Juga: Apa Kelebihan Dan Kekurangan Produk Berupa Barang? Cek Ini!
2. Content Marketing
Content Marketing adalah strategi pemasaran yang fokus pada pembuatan, publikasi, dan distribusi konten yang relevan, berharga, dan menarik untuk menarik perhatian dan mempertahankan audiens tertentu serta memperoleh keuntungan bisnis.
Contoh seperti konten marketing di Instagram @pizzahut,indonesia yang sedang menawarkan pizza gratis saat bulan ramadhan. dengan tenggang waktu yang ditentukan. Cara tersebut dapat menarik perhatian banyak audiens.

3. Email Marketing
Konsep digital marketing selanjutnya adalah email marketing. Biasanya menggunakan email sebagai media promosi, cara ini cukup ramai digunakan oleh berbagai plaform yang memiliki koneksi atau email para penggunanya. Email pengguna di dapat dari hasil data yang dimasukan saat lgin maupun melakukan aksi di web yang sudah di daftar seperti membeli tiket.

4. Affiliate Marketing
Sebuah model bisnis di mana seorang afiliasi (affiliate) mempromosikan produk atau jasa dari pihak lain dan mendapatkan komisi jika ada pembelian atau tindakan tertentu yang dilakukan oleh pelanggan yang direkomendasikan oleh afiliasi tersebut. Tujuan digital marketing jenis affiliate salah satunya untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis agar mendapat komisi.

5. Social Media Marketing
Sering melihat iklan, promosi, ataupun endorse di media sosial? para promotor memanfaatkan aplikasi online seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan lainnya untuk kepentingan mereka masing-masing. Media sosial menjadi salah satu strategi digital marketing yang ampuh dan paling banyak digunakan karena kemudahan serta algoritmenya yang cukup gampang diamati agar bisa trending.
Selain itu, media sosial berperan aktif memberikan dukungan seperti, jumlah kunjungan, dan dapat menjalin hubungan baik dengan konsumen. Efektivitas juga menjadi salah satu ciri jenis social dogital marketing karena mudah digunakan dimanapun dan biayanya yang murah.

Strategi Digital Marketing Dalam Bisnis
Persaingan di dunia bisnis sudah menjadi makanan sehari-hari bagi pengusaha, untuk mengurangi kerugian-kerugian yang lebih besar lagi pembahasan sub bab artikel tujuan digital marketing akan menjelaskan secara detail bagaimana cara memaksimalkan usaha atau bisnis dan menjadikannya sebuah strategi digital marketing.
Baca Juga: Hiring Artinya? Kenali Sekarang Agar Sukses Cari Kerja!
1. Tentukan Audiens
Pahami dulu siapa target konsumen yang akan di sasar. Meskipun ingin semua kalangan memiliki attention terhadap produk yang di iklankan tetapi jika tidak punya target pembeli dimulai dari detailnya seperti usia, gender, dan pengalaman itu hanya membuat produk tidak jelas akan dibawa kemana arahnya.
Konsep digital marketing memang sangat luas, audiensnya pun mencakup seluruh pelosok. Sebelum memikirkan hasil, terapkan dahulu seperti apa dan kepada siapa pengaplikasian layanan yang ditawarkan agar ketika mengalami kendala ditengah dapat mencari plan b bahkan sudah antisipasi kerugian.
2. Tetapkan Anggaran Biaya
Merencanakan sebuah bisnis memang mudah tetapi ketika bisnis berjalan diperlukan strategi terutama pada rancangan biaya yang digunakan kedepannya. Tujuannya agar tidak terjadi kekeliruan dalam menginputkan data keuangan untuk produk barang dan dana cadangan.
3. Meningkatkan Aktivitas di Media Sosial
Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn adalah platform yang tepat untuk mempromosikan produk atau layanan dan berinteraksi dengan konsumen secara akurat. D
alam meningkatkan aktivitas di media sosial, pastikan menyediakan konten yang berkualitas dan relevan, serta memposting secara teratur. Selain itu, dapat juga memperluas jangkauan dengan memanfaatkan iklan sosial yang menyesuaikan tujuan digital marketing perusahaan maupun bisnis.
4. Menggunakan Google My Business
Google My Business adalah alat gratis yang disediakan oleh Google untuk mempromosikan bisnis secara online. Mendaftarkan bisnis di Google My Business memiliki beberapa manfaat salah satunya, dapat memperlihatkan alamat, jam operasi, nomor telepon, dan bahkan foto bisnis pada halaman pencarian Google.
Hal ini akan membantu calon pembeli ataupun pembeli menemukan dan menghubungi bisnis lebih mudah.
5. Analisa Kompetitor
Tujuan digital marketing dapat terlaksana apabila faktor penghambat seperti kompetitor dapat di kenali lebih jauh, maksud dikenali adalah sebagai seorang pengusaha yang bergerak dengan bidangnya masing-masing perl konsep dan tindak lebih lanjut. Karena dalam bisnis ada yang namanya kompetitor terlihat dan tidak.
Kompetitor terlihat seperti merk lain yang beredar di pasaran, sedangkan kompetitor tak terlihat contohnya yang menggunakan media sosial sebagai tempat promosi, dengan itu berati pebisnis harus siap bersaing dengan semua jenis merk dari berbagai tempat dan keuinikan yang dimiliki setiap barang.
Fungsi dan Tujuan Digital Marketing
Memahami banyaknya jenis-jenis digital marketing hingga strateginya, akan memudahkan para marketer terutama yang menggeluti bidang digital marketing semakin mudah mencari keuntungan dan melihat seberapa besar jejaring sosial yang sekarang menjadi raksasa sumber informasi.
Tak jauh dari keberadan internet yang memiliki berbagai fungsi, digital marleting juga mempunya beberapa fungsi yang menguntungkan. Berikut fungsi digital marketing:
1. Branding
Tujuan utama dari branding sendiri yaitu, memerkenalkan suatu merk kepada masyaraat dengan maksud agar audiens tertarik dan melakukan aksi tindak pembelian maupun memengaruhi orang lain agar ikut memebli produk yang sama dengan mereka.
2. Awareness
Digital marketing dapat membantu meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness dengan menampilkan produk atau layanan pada audiens yang tepat melalui berbagai platform digital.
3. Traffic Website
Dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung website dengan mengoptimalkan pencarian organik di mesin pencari atau dengan mengiklankan website di platform digital seperti Google Ads, Facebook Ads, dan lainnya.
4. Engagement
Meningkatkan keterlibatan pengguna dengan merek melalui media sosial, email marketing, atau konten pemasaran digital yang menarik. Hubungan timbal balik antara produk dan pembelinya akan mm=embuat keterkaitan semakin intens.
5. Retensi Pelanggan
teori digital marketing pada penerapan fungsi selanjutnya dalah retensi pelanggan, yaitu meningkatkan kedekatan pelanggan dengan mengirimkan pesan secara personal, menawarkan program loyalitas, atau mengirimkan pesan follow-up untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.
6. Meningkatkan Penjualan
Selain dapat meningkatkan retensi pelanggan digital marketing juga dapat membantu meningkatkan keterlibatan pengguna dengan merek melalui media sosial, email marketing, atau konten pemasaran digital yang menarik.
Kesimpulan
Kenyataannya dari sekian banyak cara untuk mencapai sebuah tujuan digital marketing yang sukses dan mumpuni diperlukan usaha ekstra dari pemilik usaha. Langkah-langkah jitu seperti, menentukan jangkauan audiens, persaingan kompetitor, menganalisis anggaran biaya dan sebagainya. Jika tidak dibarengi dengan kemampuan penerapan strategi yang kuat bisnis bisa buntung.
Maka dari itu banyak produsen menggunakan jenis-jenis digital marketing yang memanfaatkan media massa contohnya facebook, instagram maupun website agar jangkauan semakin luas dan mengurangi modal untuk iklan.
Jika anda masih memiliki kebingungan, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut secara gratis dengan tim Sevenpion disini untuk mendapatkan tips digital marketing untuk bisnis Anda.