Contoh Copywriting Makanan, 7 Teknik Ini Bisa Anda Gunakan!

Contoh Copywriting Makanan, 7 Teknik Ini Bisa Anda Gunakan!

Contoh Copywriting Makanan, 7 Teknik Ini Bisa Anda Gunakan!

Anda seorang pebisnis makanan? seorang food blogger, influencer atau reviewer makanan? Jika anda termasuk diantaranya, artinya anda membutuhkan resep mengolah kata yang familiar disebut dengan copywriting. Tepat pada artikel ini anda bisa mencari contoh copywriting makanan secara lengkap mulai dari makanan ringan, frozen dan instant beserta 7 teknik yang bisa anda gunakan!

Memangnya, kenapa copywriting diperlukan untuk makanan? gambarannya begini, akan muncul dua opsi alasan orang membeli, pertama karena butuh sedangkan yang kedua karena tertarik. Pasti anda ingin menarik perhatian dan meningkatkan traffic penjualan bukan? Atau setidaknya anda mau akun sosmed anda diliat banyak orang sehingga produk makanan lebih dikenal? Langsung saja, simak penjelesan lengkap pada paragraf selanjutnya!

Pengenalan Copywriting

Dalam dunia marketing, copywriting menjadi salah satu opsi terbaik sebagai pemicu closing. Menurut penelitian, manusia memproses 60.000 kali informasi lebih cepat melalui gambar. Artinya apa? anda tidak perlu menggunakan kalimat panjang untuk menarik perhatian pelanggan. Cukup gunakan kata-kata singkat dan jelas, namun bisa dipahami.

Selanjutnya, anda mungkin akan bertanya apakah gambar saja tidak cukup? tidak. Sesorang memang tertarik melihat gambar, tapi apakah orang tersebut akan langsung paham? belum tentu juga kan. Oleh sebab itu, diperlukan penghubung berupa kata.

Jika 90% informasi ke otak melalui visual, maka anda juga perlu memaksimalkan informasi tekstual untuk menjadikannya sempurna, bukan? Disini akan kami ulas bersama dimana anda mungkin tidak pernah menduga seberapa dahsyat kekuatan kata mempengaruhi manusia yang disebut copywriting.

Jadi, apa itu copywriting? copywriting merupakan seni mempengaruhi orang lain melalui tulisan untuk melakukan suatu tindakan yang kita intruksikan. Sehingga tujuan akhirnya bisa anda rencanakan. Entah untuk membeli, untuk sekedar melihat link di bio atau sekedar like, share and comment.

Optimalkan promosi anda, tarik pelanggan anda sebanyak-banyaknya dengan tulisan yang divisualisasikan. Bagaimana cara membuat copywriting yang singkat dan informatif? anda bisa perhatikan terlebih dahulu contoh copywriting makanan pada paragaraf berikut.

Contoh Copywriting Makanan Ringan

Makanan ringan merupakan makanan selingan selain makanan utama yang biasa disebut camilan (snack). Snack saat ini menjadi sangat digemari pada berbagai kalangan usia. Bahkan 3x lebih sering dikonsumsi dibanding makanan berat. Berikut adalah contoh copywriting makanan ringan dalam berbagi produk :

1. Keripik Kentang (Chitato)

copywriting makanan ringan keripik kentang
Contoh copywriting produk chitato

Sebenarnya terkesan sederhana, namun memiliki tagline yaitu “Life Is Never Flat“. Tag line menjadikannya produk Chitato mudah diingat karena bentuk irisan yang bergelombang. Sekalipun produk lain juga ada yang menggunakan irisan berbentuk gerigi atau gelombang, orang akan tetap ingat kesan chitato. Bahkan, bisa jadi orang akan menyebut produk keripik lain dengan chitato.

Jika diperhatikan lebih lanjut, contoh copywriting makanan pada produk kripik kentang chitato ini mengandung banyak kata menarik. Diantaranya : rahasia, ngemil seru, anti suntuk, renyah di mulut, gurih bumbu, bikin ketagihan. Selain itu juga ada interaksi dengan pembaca berupa “udah pernah nyoba?” dan diakhiri CTA “Buruan CO (cek out), sebelum kehabisan!” CTA ini menggugah orang agar segera bertindak.

2. Bolu Kukus (Bakpia Tugu Jogja)

copywriting makanan bolu kukus
Contoh copywriting makanan bolu kukus

Headline copywrting yang digunakan cukup menyita perhatian dan nyaman diucapkan yaitu “Rasa Klasik Makin Asik“. Meskipun sebenarnya saya sendiri kurang paham dengan arti kata gambang, namun keterangan pada gambar dapat menggambarkan bagaimana rasanya bolu tersebut.

Saat membaca caption, seolah penulis paham apa yang dirasakan oleh pembaca yaitu penasaran. Sehingga penulis langsung mengarahkan untuk mengunjungi store terdekat guna menjawab rasa penasarannya.

3. Aci (Acihuy.Akang)

contoh copywriting makanan per aci-an
Contoh copywriting dengan giveaway

Apa yang anda pikirkan ketika melihat promo ini? rasa bahagia atau bingung? mungkin bagi sebagian orang yang sudah familiar dengan produk acihuy.akang akan sangat senang karena bisa mendapat tiket nonton konser blackpink gratis. Sedangkan, orang yang belum paham akan segera mencari tahu dan kepoin akun si acihuy.akang ini.

Cukup unik bukan? tanpa memposting foto produk, namun bisa membuat orang tertarik bahkan ke action untuk kepo dan beli produknya. Inila salah satu kekuatan kata dalam copywriting.

Contoh Copywriting Makanan Frozen

Perkembangan dunia semakin cepat, tidak hanya teknologi dlaam digitalisasi namun juga industri pengolahan makanan. Oleh sebab itu muncul berbagai macam makanan olahan dengan beragam teknologi yang digunakan. Salah satunya metode pengawetan dengan suhu rendah atau frozen.

Makanan frozen (frozen food) bisa jadi ide jualan makanan kekinian yang banyak digemari anak zaman sekarang, bahkan bagi beberapa generasi yang bisa dikatakan tua juga menyukainya karena cita rasa yang nyaman di lidah kita. Simak contoh copywriting makanan frozen yang bisa anda terapkan :

1. Buah Frozen

Contoh copywriting makanan buah frozen
Copywriting pada buah frozen

Sekarang, mari kita lihat contoh copywriting produk buah frozen ini. Gambar menarik dengan copywriting caption yang lengkap, membuat pelanggan menjadi lebih paham akan keunggulan produk tanpa memicu rasa bosan. Sekecil apapun, jangan lupakan CTA nya.

2. Dimsum

Contoh copywriting makanan dimsum frozen
Copywriting Dimsum

Mungkin ini adalah salah satu contoh copywriting paling singkat untuk makanan. Meskipun, demikian caption dapat menimbulkan rasa penasaran serta mendorong orang untuk berpartisipasi pada promosi tersebut dengan betah berlama-lama melihat gambar dan berpikir. Apakah anda juga merasakan hal yang sama setelah membacanya?

3. Pempek

Contoh copywriting untuk makanan pempek frozen
Contoh copywriting pempek frozen

Apa yang menarik dari contoh copywriting berikut? Tokoh pada gambar tersebut. Anda bisa memadukan cara copywriting dengan para influencer maupun testimoni. Walaupun pada keterangan terkesan biasa, jika dibaca dengan benar pempek frozen ini memiliki banyak keunggulan dari bahan, sertifikasi serta jaminan keamanan. Selain itu, informasi yang diberikan juga cukup lengkap dan jelas.

Contoh Copywriting Makanan berdasar strategi pemasaran

Dalam strategi pemasaran baik digital maupun konvensial, secara umum terdapat dua strategi yaitu soft selling dan hard selling. Bagaimana penerapannya dalam copywriting? langsung saja simak penjelasan berikut !

Contoh Soft Selling Untuk Copywriting makanan

Soft selling merupakan metode pemasaran yang lebih menekankan untuk mengajak calon pelanggan terlibat dalam pengalaman pilihan mereka. Sehingga menimbulkan rasa nyaman dengan secara tidak langsung menawarkan produk kepada mereka (audiens).

Biasanya metode ini digunakan untuk produk yang lebih mahal atau mewah, dimana pembeli perlu merasa yakin juga percaya bahwa mereka membuat keputusan yang tepat dalam membeli produk tersebut.

Kata-kata yang sering digunakan dalam metode soft selling antara lain :

  • Jangan biarkan diet mengahalangimu makan enak!
  • Cobalah makan buah berkasiat ini!
  • Nikmati rasa luar biasa yang tak terlupakan!

Selanjutnya, pengaplikasian kata-kata diatas dapat dilihat pada contoh soft selling untuk makanan berikut :

1. Nugget

Soft selling pada frozen food
Contoh soft selling pada sosis

Sebelumnya sudah dibahas salah satu ciri dari soft selling adalah melibatkan perjalanan pelanggan dalam membuat keputusan, salah satunya mengenai perasaan. Pada produk fiesta sausage ini langsung fokus pada mood dan rasa bahagaia yang akan ditimbulkan jika mengonsumsi sosis tersebut.

Apabila diperhatikan strukturnya pun sedikit berbeda. Biasanya CTA (Call To Action) terletak pada akhir. Namun, pada teknik soft selling terletak ditengah teks dengan kalimat interaksi di akhir. Sehingga orang tidak akan langsung merasa jika diarahkan untuk membeli produk.

2. Cemilan Sehat (Soyjoy)

soft selling pada camilan sehat
Contoh copywriting soft selling pada camilan sehat

Soft selling dengan copywriting memang harus kreatif dan menarik serta halus dalam mempengaruhi calon pembeli. Maka, bagi seorang copywriter dituntut paham target market pasar serta diperlukan skill copywriting seperti riset, perkembangan trend dan komunikasi yang baik agar copywriting dapat berhasil terutama jika anda menggunakan teknik soft selling.

Mari, kita coba analisis promosi camilan sehat soyjoy ini! Pertama target pasarnya adalah orang dengan pola hidup sehat atau orang yang akan mulai diet sehingga melakukan workout. Nah, pihak soyjoy pasti sudah melakukan riset bahwa biasanya setelah workout banyak orang amalah kalap dengan makanan. Hasilnya, kalori makanan yang dikonsumsi melebihi kalori yang terbakar saat workout.

Disini, soyjoy membantu menyelesaikan masalah dengan menawarkan camilan sehat tinggi serat dan protein yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Tidak ada kata “Beli sekarang!” secara tertulis. Hanya ajakan untuk hidup sehat, tapi bisa membuat orang berpikir hingga akhirnya memutuskan membeli dan selanjutnya berlangganan.

3. Seblak (Kenzler)

soft selling produk makanan
Contoh copywrting makanan seblak dengan teknik soft selling

Cara copywriting satu ini terlihat kekinian dengan bahasa dan kebiasaan anak zaman sekarang. Dari gambar mudah dipahami dan dari copywriting pada caption sangat familiar dikehidupan sehari-hari. Gaya bahasa tidak ada diksi kata untuk membeli produk. Bahkan hingga CTA nya pun bukan untuk membeli, justru arahan untuk konsumen agar bisa mendapat hadiah.

Dari contoh copywriting diatas tidak ada ajakan langsung untuk membeli produk. Namun, dampak yang timbul setelahnya justru membuat konsumen tergoda untuk melihat informasi lebih lanjut, mencoba produk atau aplikasi penerapan. Inilah hebatnya soft sell copywriting tanpa sadar menjadi cara halus maksa pembeli untuk membeli produk kita.

Contoh Copywriting hard selling untuk makanan

Hard selling jelas berbeda dengan soft sell karena hard selling bersifat lebih persuasif dan menekan, tujuannya menggiring konsumen agar sesegera mungkin untuk membeli. Umumnya akan ada penekanan keunggulan produk, manfaat yang didapat dsb.

Teknik hard selling ini sering digunakan pada produk denga harga terjangkau, seperti produk-produk fast food dan akan berhasil jika pembeli diharuskan memberi keputusan cepat.

Ciri kalimat yang digunakan adalah seperti :

  • Beli sekarang!
  • Rasa lezat tak tertandingi!
  • Segera pesan sekarang, sebelum kehabisan!

Sedangkan contoh copywriting hard selling untuk makanan adalah sebagai berikut :

1. Onde-Onde (Boliem)

Teknik hard selling untuk makanan ringan onde-onde
Hard selling pada makanan ringan onde-onde

Metode hard selling dikenal tanpa basa-basi, intinya promosi dan pelanggan harus segera beli. Perhatikan contoh copywriting hard selling untuk onde-onde ini menggunakan kata-kata menarik seperti varian baru dan gambaran rasa yang diciptakan dengan arahan yang kuat misalnya kata “Buruan Cobain!!

2. Ayam (Nona Tjioe)

Contoh hard selling untuk makanan ayam ukep
Contoh hard sell produk ayam ukep

Saat ini sepertinya sudah mulai marak olahan ayam ukep frozen sebagai solusi. Kali ini contoh copywriting hard selling lebih fokus pada promo yang diberikan menggunakan kata “GRATIS“. Benar, menurut penelitian pun ditemukan bahwa pelanggan 10% akan lebih tertarik ketika melihat dan mendengar kata gratis.

Ada satu hal lagi yang mendorong copywriting diatas menjadi lebih menarik, yaitu adanya batasan waktu yang membuat konsumen seolah harus buru-buru membeli produk ayam nona tersebut.

3. Hampers Lebaran (Olivia.Bakery)

Contoh hard selling untuk makanan khas lebaran
Hard sell copywriting pada makanan khas lebaran (parcel)

Seperti biasa dan seolah menjadi tradisi bahwa mendekati perayaan hari besar keagamaan seperti lebaran atau hari raya, orang akan berbagi kebahagiaan dengan memberikan hampers (parcel) berisi jajanan ringan atau kue kering.

Contoh copywriting hard sell untuk makanan khas lebaran ini akan segera kita temukan dimana-mana. Dilihat dari strukturnya memuat headline, nama produk dan keterangan deatailnya, ditutup dengan kata-kata ajakan (CTA) berupa “Limited stock! Booking sekarang!“.

Teknik Copywriting Untuk Anda

Menulis memang bukan cuma kata, tapi juga ada tekniknya. Ingin membuat tulisan anda seperti contoh diatas? berikut 7 teknik copywriting yang bisa anda coba!

  • Pahami target market anda, penuhi keinginan dan preferensi atau selera konsumen anda
  • Pahami produk anda mulai dari layanan, manfaat, how it work serta tekankan pada keunikan produk
  • Gunakan bahasa mudah dipahami dan dimenegrti
  • Pilih kata-kata yang tepat, relevan, detail serta menggambarkan manfaat atau keunggulan produk
  • Ciptakan headline menarik, buat kesan 3 detik pertama anda
  • Buat narasi memikat, terstruktur baik, menggugah emosi dan minat
  • Jangan lupa tambahkan CTA

Baca juga : Contoh Marketing Plan Trik Ampuh Tarik Pelanggan!

Kesimpulan

Makanan memang produk yang hampir selalu dibutuhkan, apalagi makanan ringan yang sekarang jadi kegemaran semua orang. Banyak jajanan yang bisa menjadi ide jualan kekinian dari jenis cemilan, makanan frozen hingga instant. Oleh sebab itu, contoh copywriting makanan menjadi penting bagi pebisnis online, penjual makanan bahkan supermarket.

Memang tidak mudah untuk bisa membuat copywriting yang menarik, diperlukan pengalaman dan banyak percobaan sampai menemukan gaya bahasa yang paling sesuai dengan brand dan produk anda. Jika anda membutuhkan bantuan dalam membuat copywriting atau jasa SEO? Anda bisa berkonsultasi gratis dengan kami, tekan banner dibawah ini sekarang!

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Ferdianita Nilam Cahyaningati

Seorang penulis dengan ketertarikan pada bidang tekhnologi, bisnis dan pengembangan diri.

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *