
Saat ini tahun 2023 semuanya sudah serba online, usaha pun demikian. Jangan sampai anda ketinggalan dan gak tau apa saja manfaat pemasaran online yang bisa anda dapatkan. Apalagi anda adalah seorang pebisnis, pengusaha dan pemilik UMKM maka anda wajib tau ini.
Bagi anda khususnya generasi millenial (gen z) dan generasi alpha, pasti sekarang anda sudah familiar dengan gratis ongkir dan voucher yang biasanya ada di marketplace.
Bahkan, sepertinya generasi X dan generasi baby boomers (kelahiran 1950 an) juga sudah banyak yang tau marketplace ya. Karena jujur saja, kakek saya suka check out tiba-tiba.
Sepertinya sekarang bukan rahasia umum lagi, kalau kita belanja secara online harganya bisa lebih murah daripada saat belanja di offline store. Ini menjadikan pemasaran online berkembang cepat di segala media digital.
Mau tau lebih lanjut tentang manfaat penjualan berbasis online? Yuk, pahami maksud, tujuan dan manfaat penjualan online untuk bisnis dan konsumen anda, serta apa saja komponen pentingnya secara lengkap disini!
Apa yang dimaksud pemasaran online?
Bagaimanapun, kita harus tau dulu apa pemasaran online itu? Kita bahas satu-satu ya. Kalau menurut bapak ekonomi Kotler, pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep mulai dari penetapan harga, promosi, pendistribusian barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi kebutuhan.
Sedangkan maksud dari kata online adalah dalam jaringan internet atau tanpa tatap muka secara langsung. Jadi, pemasaran online adalah proses jual beli dengan melibatkan internet.

Pemasaran online atau online marketing dapat dilakukan melalui media sosial seperti WA (Whatsapp), instagram, facebook serta website. Selain itu anda juga bisa memasarakan produk anda di pasar online atau marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada, dll. Untuk memudahkan transaksinya anda bisa menggunakan e-commerce.
Semua hal yang berbentuk digital, tidak melibatkan interaksi langsung sehingga pemasaran online (marketing online) sangat bergantung dengan visual desain baik foto produk, desain logo atau desain toko (online shop) untuk menarik perhatian pelanggan, itulah mengapa pemasaran online menuntut kreativitas lebih.
Lalu, kenapa sih anda harus mulai untuk memasarkan produk barang atau jasa secara online? karena sekarang jaman sudah berubah, pola hidup berubah, maka anda pun tidak boleh ketinggalan zaman, bisnis harus berkembang dan adaptasi sebaik-baiknya agar manfaat pemasaran online bisa anda dapatkan.
Tujuan Pemasaran Online
Setiap alasan bukan tanpa tujuan, pemasaran online pun demikian. Berikut ini beberapa tujuan pemasaran secara online, antara lain:
- Menjangkau pelanggan lebih banyak
- Menghemat biaya promosi
- Memudah analisis dan personalisasi data
- Memudahkan transaksi jual beli
- Layanan toko (olshop) 24 jam
Jenis-Jenis Pemasaran Online
Ada banyak jenis pemasaran secara online yang bisa anda terapkan dalam bisnis. Anda bisa menerapkan satu atau bahkan mengkombinasikan dari jenis pemasran online dibawah ini, yaitu :
SEO

Apakah anda sudah familiar dengan istilah ini? saya yakin sebagian besar dari anda sudah tau tentang Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan komponen pemasaran online agar website atau produk anda tampil di halaman pertama mesin pencarian (google).
Ketika brand anda muncul pada laman pertama, tentu saja peluang untuk di klik dan conversi ke clossing akan lebih tinggi. SEO ini gratis dan tidak berbayar, namun jika anda tidak ingin ribet untuk pemasaran, anda bisa gunakan layanan jasa SEO dari Sevenpion.
SEM
Search Engine Marketing (SEM) mirip dengan SEO, hanya saja biasanya SEM ini menggunakan iklan berbayar (Ads) dengan sistem PPC atau pay per click. Anda dapat dengan mudah menemukan cirinya, yaitu ketika ada tulisan “iklan” atau “bersponsor” pada hasil pencarian di mesin pencarian.
SMM
Digital media juga merupakan komponen penting dalam pemasaran online. SMM adalah Social Media Management yaitu marketing strategy dengan memanfaatkan social media anda seperti instagram, facebook, whatsapp, twitter, tik-tok dll.
Hal ini juga menjadi salah satu manfaat pemasaran online, dimana anda bisa mempromosikan produk melelui sosmed pribadi. SMM ini bisa dengan free atau berbayar, tapi yang jelas setting dulu akun anda ke akun bisnis agar memudahkan dalam evaluasi rich atau jangkauan anda.
Content Marketing
Mungkin sudah sering ungkapan ini digaungkan, “Content is King” tapi memang ungkapan ini masih relevan. karena tanpa konten apa yang mau anda berikan? bagaimana orang bisa tau kalau anda julan dan sedang ada promo besar-besaran? jawabannya tentu pada konten
Konten ini bisa berupa gambar, meme, video, podcast yang isinya bebas asal tetap ada CTA untuk membeli produk, arahan ke website, katalog produk atau bio sosmed anda lainnya.
Email Marketing
Ada yang bilang email sudah gak zaman, tapi kenyataannya semua yang kitalakukan khususnya melibatkan digital masih butuh email. Anda login aplikasi baru, di sekolah untuk tugas dan pembelajaran, untuk pekerjaan, untuk verifikasi semua masih menggunkan email.
Anda bisa memanfaatkan email marketing anda sebagai strategi pemasaran produk anda.
Manfaat Pemasaran online
Suatu inovasi tekhnologi dibuat tentu dengan pronsip kebermanfaatan. Ini dia manfaat pemasaran secara online yang bisa anda dapatkan, baik untuk bisnis maupun konsumen, seluruh pihak akan mendapat benefitnya, sebagai berikut!
Manfaat Bagi Penjual

Seorang pebisnis, pemilik usaha dan pemilik UMKM mulai beralih dari konvensinal ke pemasaran digital. Manfaat pemasaran online bagi penjual adalah
1. Memperluas Pasar Dengan Mudah
Sistem penjualan secara online dapat menjangkau konsumen lebih banyak sesuai dengan target market anda. Sehingga peluang untuk mengembangkan bisnis akan lebih tinggi melalui perluasan pasar. Tidak hanya regional dan nasional tapi juga mampu ke pasar internasional.
2. Kemudahan Alur Transaksi Jual Beli
Pemilik usaha tidak perlu harus menyewa tempat, kemudian menjaga toko dan menunggu pembeli. Anda cukup siapkan gagdget atau handphone yang tersambung dengan internet dan anda bisa melakukan transaksi selama 24 jam dengan pelanggan. Selain itu adanya sistem reseller dan dropshipper juga memudahkan bagi anda yang ingin menambah penghasilan dengan jualan online tanpa modal.
3. Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Walaupun tanpa tatap muka dan bertemu langsung, anda tetap bisa memberikan pelayanan terbaik anda untuk pelanggan melalui respon balasan yang cepat, saat ini sudah ada fitur pesan automatis yang membuat pelanggan tidak merasa terabaikan.
Beragamnya informasi yang bisa dijadikan promosi juga dapat membangun hubungan anda dengan pelanggan setia anda
Baca juga : Contoh Pesan Otomatis WA Terbaru!
4. Cara Pemasaran Lebih Beragam
Dalam sistem online, promosi atau pemasaran sangatlah luas. Tidak hanya berupa gambar, dapat berupa video, video singkat seperti reels dan youtub short serta dapat berupa podcast. Bahkan anda dapat menyisipkan konten pemasaran dimana saja dari story IG, story WA, twitter, email dan ragam cara lainnya.
5. Menghemat Biaya Pemasaran
Pada intinya, manfaat pemasaran secara online dari beberapa poin diatas adalah dapat menurunkan biaya, baik biaya promosi, biaya operasional seperti sewa tempat dan biaya tenaga kerja. Anda bisa memanfaatkan akun social media pribadi anda dari whatsapp, instagram dan facebook secara gratis.
Bahkan apabila anda ingin menggunakan social media ads, biaya nya masih tergolong murah dan sebagai penunjang kepercayaan anda bisa membuat website jualan anda sendiri sebagai pusat dari sosmed dan olshop anda.
Baca Juga : Cara Promosi Di Instagram Story, Selamatkan Cost Bisnis Anda!
Manfaat Bagi Konsumen

Nah, tidak hanya memberikan manfaat bagi penjual saja, pembeli sebagai raja juga tentu mendapat benefitnya. Selanjutnya ini dia 4 manfaat pemasaran online bagi konsumen, antara lain :
1. Metode Belanja Kapan Aja Dan Dimana Saja
Semua dibuat menjadi mudah, anda tidak perlu jauh-jauh datang ke toko. Tinggal sekali klik dari rumah, maka produk akan sampai. Kapanpun anda menginginkannya anda bisa membelinya, karena sistem akan siap 24 jam.
2. Mudah Melakukan Perbandingan Produk
Saat anda melakukan pencarian akan didasarkan pada kategori produk, sehingga akan muncul produk-produk sejenis dengan beragam spesifikasi yang ditawarkan. Konsumen akan lebih mudah memilih dan mebandingkan produk yang paling sesuai dari segi harga, bahan, spesifikasi, dll.
Baca Juga : Contoh Review Produk Lengkap, Gercep Tarik Pembeli!
3. Banyaknya Diskon Dan Penawaran
Manfaat pemasaran online bagi konsumen yang paling disukai adalah adanya banyak sekali penawaran yang tersedia, entah berupa voucher belanja untuk pengguna baru, cashback dan diskon atau bahkan gratis ongkir.
Bagi anda yang sering melakukan pembelanjaan online ditambah sedang ada event belanja tertentu seperti Ramadhan sale, 4.4, promo lebaran dan promo gajian. Anda bisa saja mendapat produk gratis cuma-cuma dengan menggabungkan voucher yang anda dapatkan.
Itulah mengapa saat ini sudah banyak orang beralih belanja ke sistem online, karena harga yang dibayarkan bisa lebih murah daripada belanja offline di toko secara langsung.
4. Proses Pembayaran Mudah
Semakin hari banyak sekali orang dengan gaya hidup cashless (tanpa tunai), apakah anda termasuk diantaranya? jika iya maka belanja online sangat sesuai bagi anda. Pasalnya, cukup sekali “klik” pembayaran akan selesai melalui transfer, dompet digital seperti DANA, Shopeepay, Gopay,dll.
Bagi anda yang kurang terbiasa dengan sistem transfer tenang, anda masih bisa belanja secara online dan memilih pembayaran dengan sistem COD yaitu pembayaran ditempat setelah barang sampai.
Kekurangan Pemasaran Online
Bagi pedang yang memiliki dua sisi, setiap ada kelebihan pasti tetap ada kekurangan. Berikut adalah kekurangan dari pemasaran secara online :
Tingkat Persaingan Cukup Tinggi
Bukan rahasia lagi jika belanja online lebih murah dari offline. Hal inilah yang memicu adanya persaingan cukup tinggi terutama pada bagian harga. Sehingga sering dijumpai adanya perang harga bahkan di kategori tidak wajar jika dinalar.
Kebanyakan mereka akan berani mengambil resiko demi produk mereka muncul di bagian promo. Anda sebaiknya tidak ikut-ikutan agar bisnis anda tidak boncos kemudian. Masih banyak strategi pemasaran lain untuk mengatasi perang harga ini.
Perlu Kreatifitas
Saat berbelanja online, orang tidak tahu bentuk, bahan dan jenis produk. Sehingga pembeli akan mengandalkan deskripsi serta gambar produk tersebut. Oleh karena itu, desain dan copywriting adalah komponen pemasaran online yang penting sebagai pemicu calon pembeli tertarik.
Dalam hal ini dibutuhkan kreatifitas dalam penulisan caption, headline serta kreatifitas dalam membuat desain produk estetik.
Memungkinkan Adanya Pencurian Data
Tidak dipungkiri, saat melakukan transaksi online anda akan menggunakan data pribadi anda, entah sebagai penjual atau pembeli. Data pribadi tersebut biasanya meliputi nama lengkap, alamat, nomor telepon, email bahkan untuk pembayaran kita juga akan melibatkan nomor rekening.
Hal yang perlu diwaspadai adalah bisa saja data ini akan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk penipuan. Oleh karena itu, sebenarnya sudah ada pengamanan sistem online berupa enkripsi data. Anda juga harus teliti sebelum klik dan membuka link atau situs lainnya.
Baca juga: Apa itu SSL Dan Perlindungan Koneksi?
Rangkuman
Setelah anda mengetahui betapa pentingnya manfaat pemasaran online yang bisa didapat. Apakah anda sudah siap memasarakan produk anda secara online? jika anda masih bingung untuk memulai atau ingin optimasi bisnis online anda baik di market place atau digital media. Konsultasikan segera dengan tim kami!
Kami siap membantu anda dengan layanan website custom, aplikasi android dan ios, social media ads, SMM, SEO dan SEM. Mau tau lebih lanjut? langsung klik banner dibawah ini ya!