Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online, Profit atau Pailit?

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online, Profit atau Pailit?

kelebihan dan kekurangan bisnis online

Bisnis online tampaknya menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan cuan yang sedang ngetren. Platform-platform online mulai ramai dikunjungi semenjak Covid-19 melebarkan dukanya ke seluruh dunia. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan bisnis online?

Pitakonan tersebut muncul dalam benak saya sendiri tatkala menulis paragraf pertama. Jika memang sebegitu ngetrennya, berarti memang positif banget, dong? Akan tetapi, benarkah demikian? Artikel ini akan membawa Anda untuk menyelami sisi terang-gelap dari bisnis online. Selamat membaca!

Pengenalan Bisnis Online

Agaknya tidak akan lengkap jika mulai “me-roastingbisnis online tanpa mengerti maknanya. Oleh karenanya, penjelasan ini kami hadirkan agar Anda mengerti dari akar hingga ujung daun apa yang disebut dengan frasa tersebut.

Kata ‘bisnis’ jika menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, bermakna usaha komersial dalam dunia perdagangan. Sedangkan online, bermakna dalam jaringan atau terhubung dalam suatu jaringan. Singkatnya, bisnis online adalah sebuah usaha untuk mendapatkan keuntungan via internet -sebagai sebuah jaringan- atau dunia maya.

kelebihan dan kekurangan bisnis online

Dalam menjalankan bisnis online, tentunya Anda akan melakukan hal-hal yang lumrah dilakukan dalam bisnis offline. Sebut saja promosi, jual-beli, tawar-menawar (kondisional), hingga bertukar pesan dengan calon pelanggan.

Perbedaannya hanyalah terletak pada tempat dan cara kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung. Kesemua hal tersebut akan Anda lakukan melalui jaringan online tanpa perlu bertatap muka.

Anda mungkin juga sudah sangat sering mendengar keuntungan melakukan bisnis online. Salah satunya adalah hilangnya kewajiban untuk membayar sewa tempat/toko.

Daya tarik lain dari bisnis online adalah Anda tetap bisa menawarkan kepada konsumen beragam jenis barang ataupun jasa tanpa batasan. Bahkan dengan adanya elemen internet pada jenis bisnis ini, Anda dapat memasarkan produk hingga ke mancanegara.

Waspadai Kekurangan Bisnis Online!

Mengapa mendahulukan sub-bahasan kekurangan terlebih dahulu ketimbang kelebihannya? Rasa-rasanya Anda sekalian akan merasa lebih senang jika mengetahui kelebihan di akhir. Istilahnya sebagai “gong” kurang-lebihnya.

Tanpa banyak basa-basi, sebagaimana judul dari artikel ini, kita akan mulai membahas mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis online. Berikut pemaparan singkat mengenai kekurangannya.

Resiko Penipuan: Kekurangan Bisnis Online yang Paling Riskan!

Kekurangan paling umum dari sebuah bisnis online adalah maraknya tindak kejahatan seperti penipuan. Jenis kriminalitas ini dapat menimpa baik penjual maupun pembeli.

Anda mungkin sudah sering sekali melihat kesaksian seorang pembeli yang tertipu tatkala membeli barang/jasa secara online. Bisa jadi barangnya tidak dikirimkan, nomor pembeli langsung diblok, barang tidak sesuai, dan jenis-jenis penipuan lain.

Lantas, apa kiranya penipuan yang bisa jadi menimpa sang penjual? Agar lebih jelasnya, kita gunakan studi kasus. Akhir-akhir ini banyak penjualan akun-akun media sosial seperti TikTok, Youtube, dan Facebook. Biasanya, seorang pembeli akan turut menghadirkan midman atau pihak ketiga untuk transaksi ini.

Sistemnya adalah pembeli mengirimkan uang ke pihak ketiga. Kemudian penjual mengirimkan data kepada pembeli untuk dicek. Apabila sesuai, uang dari pembeli akan diberikan kepada penjual oleh si midman tadi.

Sayang seribu sayang, masih banyak pembeli yang coba mengakali dengan cara mengajak kerja sama si midman untuk menipu seller. Usai seller mengirimkan data, ternyata sang midman justru kabur bersama pembeli tanpa mengirimkan sepeser-pun uang.

Studi kasus di atas tentu saja hanyalah satu contoh kekurangan online shopping dari sekian banyak modus penipuan. Tidak peduli Anda berperan sebagai pembeli atau penjual, Anda harus selalu berhati-hati.

Jadi, ada baiknya Anda harus lebih waspada ketika bertransaksi online, perlu dicek dulu tingkat kepercayaannya.

Pemahaman dan Komprehensi yang Menyeluruh

Seorang pilot yang biasanya mengendalikan pesawat komersial tiba-tiba diminta untuk menggunakan pesawat tempur dan terjun ke medan perang. Tentunya ia membutuhkan informasi dan waktu yang tidak sedikit untuk beradaptasi bukan?

Hal yang sama juga berlaku bagi bisnis online. Sebelum mencoba berkecimpung, Anda perlu memahami cara kerja, sistem pemasaran yang mumpuni, marketplace yang sesuai, hingga pemilihan barang yang sesuai.

Meski terkesan simpel dan remeh, Anda memang harus menguasainya secara bulat sebelum terjun di dalamnya. Anda dapat memperoleh informasinya via kelas gratis digital marketing, e-commerce, data analyst, hingga konten-konten lain yang berkaitan. Beruntungnya, pada zaman yang serba digital ini, informasi-informasi demikian tersebar begitu luasnya dan biayanya murah.

Banyaknya Pesaing

Melihat peluang bisnis online yang kian terbuka lebar, banyak orang mulai berpikiran untuk menaruh harapan padanya. Terlebih ketika untuk memulai sebuah bisnis online terbilang cukup “mudah”. Makin tergiurlah masyarakat untuk mencobanya.

Coba saja Anda cari bisnis penjualan pulsa, top-up game, ataupun akun premium. Berapa jumlahnya? Banyak sekali! Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa agar bisnis Anda dapat bersaing nantinya, Anda perlu untuk memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan yang tidak dimiliki oleh toko lain inilah yang dapat menjadi daya tarik khusus bagi konsumen. Contoh keunikan itu bagaimana? Anda dapat memberikan produk layanan yang berbeda dari pesaing, gratis konsultasi atau barang tester secara cuma-cuma. Anda bisa juga menawarkan diskon atau harga coret yang menggiurkan. Be creative!

Tuntutan untuk Menjadi “Sempurna”

Kekurangan keempat dari artikel bertema kelebihan dan kekurangan bisnis online ini adalah tuntutan menjadi sempurna. Mengapa dituntut untuk menjadi sempurna? Singkatnya, karena seller dan buyer tidak dapat saling bertemu untuk bernegosiasi, oleh karenanya seorang seller dituntut menjadi sesempurna mungkin.

kelebihan dan kekurangan bisnis online

Seorang seller harus mampu menyajikan gambaran, foto, ataupun hasil jasa dan barang yang diperdagangkan dengan baik. Kualitas foto produk/jasa yang mumpuni akan menguntungkan untuk kedua belah pihak. Pembeli merasa senang lantaran mengerti kondisi dan kualitas barang yang akan ia pesan. Sedangkan penjual akan menjadi lebih mudah dalam menawarkan produk/jasanya.

Selain itu, seorang seller juga dituntut untuk dapat memberikan layanan “obrolan” yang berkualitas bagi calon konsumen. Ia harus dapat memberikan saran, mempromosikan barang/jasa, hingga negosiasi dengan bahasa yang ramah agar konsumen merasa tertarik.

Selain itu, respon yang cepat terhadap segala permasalahan yang dihadapi konsumen juga menjadi suatu kewajiban. Jangan sampai reputasi bisnis Anda rusak hanya gara-gara Anda tidak menanggapi keluhan konsumen!

Teknologi Menjadi Kunci

Kekurangan terakhir ini mungkin bisa dilihat dari dua sisi. Jika Anda memang seorang milenial yang telah terbiasa dengan teknologi sejak kecil, tampaknya poin ini boleh dilewati saja. Akan tetapi, jika Anda termasuk deretan orang yang “gagap” teknologi, kekurangan online shopping yang satu ini menjadi penting.

Anda harus paham bahwa dasar fundamental bagi bisnis online adalah internet. Oleh karenanya, berbagai macam teknologi yang berkaitan dengan hal tersebut perlu dikuasai secepatnya. Website, handphone, sosial media, hingga marketplace menjadi beberapa kata kunci penting untuk dikuasai.

Terkadang aplikasi ataupun web-web tersebut mengalami kendala. Dapat berupa server down sehingga tidak dapat diakses, data server yang bocor ke tangan hacker, hingga malfungsi-malfungsi lainnya. Permasalahan-permasalahan seperti ini tentunya menjadi kekurangan bisnis online.

Kelebihan Bisnis Online, Ini Istimewanya!

Sesuai dengan tema kelebihan dan kekurangan bisnis online, kami akan menyajikan kelebihan maupun keunggulannya yang mungkin membuat Anda tertarik. Berguna sebagai penyegaran dan pembaharuan semangat Anda juga, bukan? Simak penjelasannya berikut!

Jangkauan Tak Terbatas

Tampaknya kelebihan nomor satu ini sudah menjadi rahasia umum. Semua orang paham bahwa internet memecah batasan waktu dan jarak.

Dengan melakukan bisnis online, Anda dapat menawarkan barang/produk Anda hingga ke seluruh dunia. Jika misal Anda berjualan perkakas rumah seperti lemari secara offline, maka yang tahu bisnis Anda hanyalah terbatas. Sedangkan jika berjualan via internet, orang-orang di seluruh belahan dunia dapat menemukannya dan membelinya. Profit sudah pasti akan mengalir, bukan?

Limitless Waktu untuk Berjualan

Dengan menggunakan bisnis online, secara tidak langsung Anda dapat melakukan penjualan selama 24 jam per harinya! Calon konsumen tetap dapat melihat produk yang Anda jual meski sejatinya Anda tengah sibuk dengan urusan lain atau bahkan tidur!

WhatsApp business menjadi salah satu alat pembantu penjualan online yang sangat mumpuni. Anda dapat mengatur bot padanya untuk menjawab setiap pertanyaan dari calon konsumen sedetail mungkin. Di lain pihak, calon konsumen juga tidak perlu menunggu balasan dari sang owner. Bot ini akan langsung memberikan jawaban atas pertanyaan yang dilayangkan.

Harga Relatif Murah

Kelebihan dan kekurangan bisnis online yang kami sajikan bertujuan untuk memberikan informasi tambahan bagi Anda. Kelebihan ketiga dari bisnis online adalah harga operasinya yang relatif lebih murah.

Seringkali dalam kehidupan sehari-hari kita melihat sebuah toko yang berlokasi di wilayah padat dan strategis. Selang waktu seminggu, Anda kebetulan lewat lagi di jalan tersebut dan menyadari bahwa toko tersebut telah menghilang. Bangkrut. Apa yang terjadi?

Bisa jadi salah satu penyebab toko tersebut mengalami pailit adalah harga sewa tempat yang gila-gilaan. Hal ini tentunya bukan menjadi masalah bagi bisnis online. Dalam bisnis online biaya yang dikenakan oleh marketplace kepada toko-tokonya dapat dikatakan murah.

Selain itu, dalam hal promosi, biaya yang dikeluarkan bisa jadi lebih murah dan tentunya lebih efisien mengingat kondisi zaman sekarang. Anda dapat juga untuk mengukur seberapa efektif iklan yang dibuat dan diiklankan di platform-platform media sosial seperti TikTok maupun Instagram.

Komunikasi yang Lebih Mudah

Dalam bisnis offline, perjanjian waktu untuk bertemu dengan pelanggan menjadi salah satu hambatan. Sedangkan dalam bisnis online, Anda dapat berhubungan dengan pelanggan secara lebih mudah tanpa perlu memikirkan urusan jarak dan waktu.

Selain itu, via bisnis online, Anda juga dapat menerima masukan, feedback, saran, dan kritik dari pelanggan terkait toko Anda. Masukan-masukan semacam ini tentunya memberikan penjual insight baru dari pihak konsumen yang bisa jadi terlewat sehingga dapat dioptimalkan nantinya.

Ide Bisnis Online

Usai memahami kelebihan dan kekurangan bisnis online, kini tiba saatnya bagi Anda untuk mengetahui beberapa ide bisnis online yang menjanjikan. Berikut beberapa ide yang dapat Anda coba:

Freelancer Konten

Ide bisnis yang pertama ini agaknya sering terlihat dimana-mana pada saat ini. Tipe bisnis ini tentu saja sangatlah sesuai bagi Anda yang kreatif dan memiliki bakat padanya.

Maksud konten disini tidak hanya terbatas pada pembuatan TikTok, feeds Instagram ataupun video Youtube. Anda dapat menawarkan jasa pembuatan artikel SEO ataupun konten lainnya yang berbasis website.

Yang terpenting dari tipe bisnis ini adalah kesepakatan antar penjual dan pembeli. Kedua-duanya musti mendapatkan keuntungan tanpa adanya kelicikan atau kecurangan.

Jika Anda kebetulan adalah seorang yang terkenal dengan puluhan ribu follower atau ratusan ribu subscriber, cobalah bekerjasama dengan suatu brand. Dalam hal ini kedua pihak sama-sama diuntungkan. Anda mendapatkan traffic ke channel pribadi dan uang kerjasama. Sedangkan brand yang berkolaborasi mendapatkan exposure dan konten promosi .

Contoh singkatnya, Anda adalah seorang youtuber dengan tema konten mengenai teknologi. Maka Anda dapat menawarkan kolaborasi dengan brand teknologi ternama semacam Samsung dan Xiaomi. Jangan lupa manfaatkan kesempatan yang ada!

Seller Barang

Ide bisnis yang satu ini tampaknya adalah hal paling umum yang pasti semua orang sudah tahu. Anda dapat memasarkan semua jenis barang via bisnis online, mulai dari makanan-minuman, kendaraan, perkakas rumah tangga, hingga barang elektronik.

Jika Anda tertarik untuk ide bisnis online ini, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor seperti pesaing, cara packing, restocking, dan cara promosi. Hal ini lantaran beda barang tentunya beda cara promosinya, beda cara packing-nya, dan seterusnya.

Bidang Jasa

Jika Anda memiliki suatu keahlian spesifik yang dibutuhkan banyak orang, Anda dapat mencoba membuka peruntungan dengan bisnis bertipe jasa. Sebut saja desain grafis, web development, editor video, pembuatan kolam, serta jasa grooming hewan sebagai beberapa ide bisnis jasa.

Tertarik untuk menekuni bisnis di bidang ini? Pastikan Anda memiliki portofolio yang mumpuni terlebih dahulu. Dalam bidang jasa, calon konsumen akan menilai dan memilih penyedia jasa berdasarkan portofolio yang ditunjukkannya.

Kursus Online

Anda paham suatu keahlian khusus dan ingin mengajarkannya pada orang lain agar mendapat cuan? Buka kursus online! Keahlian semacam bahasa asing, desain grafis, copywriting, hingga pengajaran dapat menjadi contoh.

Tantangan pada jenis bisnis yang satu ini adalah internet itu sendiri. Di internet, Anda dapat dengan mudah menemukan materi bahasa Arab atau tutorial melakukan editing via photoshop. Oleh karenanya, jika Anda membuka suatu kursus, pastikan terhadap keunikan atau nilai plus dari kelas tersebut.

Anda dapat coba menawarkan fasilitas konsultasi, video rekaman yang dapat diakses sepanjang masa, hingga garansi pekerjaan usai lulus. Buatlah calon konsumen merasa akan mendapatkan keuntungan lebih dibanding belajar secara otodidak.

Penggunaan diksi yang digunakan untuk memikat calon pembeli pun harus tepat. Sebagai contoh, gunakan kata investasi ketimbang bayar. Pelanggan akan merasa enggan untuk membeli jika melihat kata “bayar”. Sedangkan kata investasi secara tidak langsung memiliki makna bahwa si pelanggan akan mendapatkan suatu hal yang bagus nantinya.

Akhir Kata

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami apa saja kelebihan dan kekurangan bisnis online? Menurut Anda, apakah menggunakan bisnis online bakalan menghasilkan profit atau justru pailit? Hasil akhirnya tentu saja berada di tangan Anda sekalian.

Jika Anda melakukan segala suatunya dengan penuh keikhlasan, penuh dedikasi dan semangat yang tinggi, maka bisnis Anda dapat melejit. Tunggu apalagi? Yuk mulai bisnis online Anda sekarang!

Apakah Anda bingung cara memulainya? Bingung bagaimana promosi yang menarik di bisnis online? Atau barangkali Anda adalah seorang yang ingin membuat website kursus online yang menarik? Semuanya dapat kami atasi! Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut di sini. Dijamin Anda akan merasa terbantu, terpecahkan masalahnya, dan siap dengan semangat baru untuk memulai bisnis online!

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Nur Umar Akashi

Seorang mahasiswa yang memiliki ketertarikan lebih dalam bidang kepenulisan, jurnalistik, dan marketing via tulisan. Dapat menulis dalam tentang berbagai bidang, mulai dari teknologi hingga sastra.

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *