
Apakah mungkin seorang karyawan akan masuk full dalam masa kerjanya? Ya mungkin saja, tapi kita tidak pernah bisa menduga hal apa yang akan terjadi kedepannya. Jika saat itu tiba, jangan sampai anda tidak tahu bagaimana cara izinnya. Salah satu cara sederhana dan mudah ditiru adalah dengan cara izin tidak masuk kerja lewat whatsapp, 6 cara dan contohnya yang sederhana dan mudah ditiru.
Tekhnologi ada untuk memudahkan semua kinerja manusia. Namun, salah satu yang tidak boleh hilang adalah cara mengkomunikasikannya. Jangan tiba-tiba hilang tanpa kabar dan membuat bingung semua orang. Setiap hal harus dikomunikasikan, termasuk izin tidak masuk kerja.
Sekarang, anda sudah membuka artikel yang tepat karena disini akan dibahas secara detail cara izin tidak masuk kerja yang baik, berbagai contoh kalimat izin tidak masuk kerja dengan berbagai alasan yang tersaji dalam bentuk bahasa inggris dan bahasa indonesia yang bisa anda coba. Simak terus penjelasannya dibawah ini ya!
Cara Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik
Apapun metode yang digunakan, secara umum cara izin tidak masuk kerja kami rangkum menjadi 6 bagian yang harus anda terapakan agar memberi kesan baik dan sopan. Apa saja caranya? perhatikan 6 poin dibawah ini!
1. Awali Dengan Sapaan
Ibarat sebelum masuk rumah, ketuklah pintunya terlebih dahulu. Anda bisa memberikan sapaan berupa salam, ucapan selamat pagi atau siang, usahakan jangan mengirim pesan saat malam hari. Sapaan tersebut misalnya:
- Assalamu’alaikum
- Selamat pagi
- Ysh. HRD PT Semesta Ruang Inovasi
- dll
Intinya adalah jangan polosan, sapa dahulu baru lanjut nomor 2
2. Perkenalkan Diri Anda
Mengapa harus perkenalan lagi? bukankah atasan sudah tahu? pada sebuah perusahaan terdapat jumlah karyawan yang cukup banyak dari banyak devisi oleh karena itu, bantu tugas atasan anda dengan perkenalkan diri anda agar atasan anda bisa lebih mudah mencari data anda. Contohnya :
- Saya Nilam Cahya dari devisi marketing bagian SEO spesialist
- Saya Ferdianita Staff purchasing dari divisi marketing PMMP2 kode 31077
Sampaikan data sesuai keperluan seperti : nama lengkap, posisi/jabatan, divisi, tempat kerja misal ada banyak bagian serta kode karyawan jika diperlukan.
3. Sampaikan Alasan Tidak Masuk Kerja
Beragam alasan tersedia, pilih alasan yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi anda. Saya harap anda bisa menggunakannya secara bijak. Alasan izin tidak masuk kerja tersebut antara lain:
- Sakit
- Rapat
- Berduka
- Bencana
- Urusan Keluarga
- Kegiatan Agama
- Pertemuan Penting
Contoh kalimat izin tidak masuk kerja lewat whatsapp akan dibahas lebih lanjut dibagian selanjutnya.
4. Sertakan Waktu Yang Dibutuhkan

Penting untuk disampaikan, kapan anda mulai izin dan sampai kapan anda izin tidak masuk kerja. Usahakan sejelas mungkin berapa lama durasinya. Karena akan terkait dengan tanggung jawab yang anda pegang di tempat kerja anda ketika anda tidak masuk.
5. Sampaikan Urgensi Pekerjaan Anda Dan Solusinya
Melanjutkan poin pada nomor 4 terkait durasi, durasi berhubungan erat dengan tanggung jawab dan urgensitas perkerjaan anda. Maka urgensitas pekerjaan anda juga sebisa mungkin anda sampaikan beserta dengan solusinya.
Jangan hilang untuk dicari, tanggung jawab tidak sebercanda itu. Alih-alih beristirahat dengan tenang karena sakit, anda malah diribetkan atasan dan karyawan lain karena tidak menyampaikan urgensitas dan solusi pekerjaan yang anda pegang.
Oleh sebab itu, jangan lupa siapkan hal ini ketika anda berencana untuk izin tidak masuk kerja. Jika anda izin secara mendadak misalnya, tetaplah komunikasikan siapa rekan kerja anda yang bisa menghandle pekerjaan anda dan minta tolonglah kepadanya.
6. Akhiri Dengan Terimakasih
Penutup pesan terakhir yang terbaik adalah ucapan terimakasih. Setelah anda membuat isi pesan secara lengkap, sampaikan harapan seperti ” Semoga anda sehat selalu ” atau ” saya harap anda memaklumi keadaan ini ” baru tutup kalimat izin tidak masuk kerja dengan ucapan terimakasih.
Contoh kalimat Izin Tidak Masuk Kerja
Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa akan disampaikan contoh kalimat izin tidak masuk kerja dalam berbagai kepentingan, baik dalam bahasa indonesia ataupun bahasa inggris yang bisa anda coba terapkan. Berikut adalah contoh kalimat izin tidak masuk kerja lewat whatsapp (WA) :
Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Siapakah orang yang mau sakit? saya rasa tidak ada yang bersedia termasuk juga saya. Namun, jika ada yang tidak nyaman dengan kondisi anda, ada baiknya tidak dipaksakan. Anda bisa izin tidak masuk kerja karena sakit. Berikut contoh kalimat izin tidak masuk kerja karena sakit, dalam dua kondisi antara lain :
Contoh 1
Assalamu’alaikum
Selamat Pagi, Pak Khairil
Perkenalakan saya Nilam Cahya karyawan PT. SRI 7 bagian SEO spesialis dari divisi marketing. Hari ini saya izin tidak masuk kerja dikarenakan sakit akibat cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini. Supaya tanggung jawab saya tetap berjalan saya sudah konfirmasi tugas saya kepada rekan kerja saya Andrean terkait job desc saya hari ini.
Demikian informasi saya sampaikan, saya harap Pak Khairil dapat memaklumi kondisi saya saat ini.
Saya ucapkan Terimakasih.
Wassalamu’alaikum
Contoh 2
Selamat Pagi
Ysh. Pak Singgih
Saya kartika Sari Devy Sebagai General Manager perusahaan yang bapak pimpin. Sebelumnya, saya memohon maaf karena menyampaikan izin tidak masuk kerja lewat Whatsapp saja. Hari ini saya mengalami kecelakaan saat akan berangkat kerja sehingga saya izin tidak masuk kerja pada Senin, 2 Januari 2027 hingga 5 Januari 2027 sesuai saran dari dokter. Mengenai tugas dan tanggung jawab saya akan saya delegasikan secepatnya.
Demikian permohonan izin saya, semoga Bapak Singgih berkenan adanya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.
Salam,
Kartika Sari Devy
Izin Tidak Masuk Kerja Karena Rapat
Selamat pagi Bu Bella
Perkenalkan saya Dita Permata, admin reseller dengan kode AD137. Hari ini pada Sabtu, 23 Maret 2023 saya izin tidak masuk kerja dikarenakan saya harus menghadiri Rapat Walimurid anak saya di Sekolah SMP Negeri 1 Gedeg, Mojokerto. Untuk tugas input dan order hari ini akan dihandle teman saya Asty Septya yang sudah say konfirmasi sebelumnya.
Sekian informasi dari saya, saya harap Bu Bella memahami kondisi saya, Terimakasih.
Selamat beraktifitas dan sehat selalu Bu Bella.
Izin Tidak Masuk Kerja Karena Berduka
Selamat Siang Pak Haidar
Semoga Bapak senantiasa dalam Lindungan Nya
Saya Anwar Zayn, QC bagian produksi PT PAL Indonesia pada siang ini izin pulang lebih awal dan izin tidak masuk kerja pada Rabu, 13 September 2025 dikarenakan orang tua saya meninggal dunia. Rencana siang ini saya akan langsung pulang kampung dan kembali bekerja pada Kamis, 14 September 2025.
Untuk tanggung jawab saya, saya sudah tukarkan jadwal shift saya dengan Abdul Rony QC P2. Demikian izin saya sampaikan, semoga Pak Haidar memaklumi adanya. Terimakasih
Tertanda, 12 September 2025
Anwar Zayn
Izin Tidak Masuk Kerja Karena Alasan Kelurga

Halo, selamat pagi Pak Hanan
Saya Hanif karyawan bapak yang bekerja sebagai supervisor kandang ayam broiler 4 izin tidak masuk kerja pada besok pada hari Juam’at tanggal 28 Februari 2026 dikarenakan ada urusan keluarga yang tidak dapat diwakilkan. Saya harap bapak maklum akan keadaan tersebut.
Terimakasih, salam Hanif
Izin Tidak Masuk Kerja Lewat WA Dalam Bahasa Inggris
Seperti yang kita ketahui bersama aplikasi whatsapp adalah aplikasi internasional yang memungkinkan atasan anda gunakan sekalipun atasan anda adalah orang luar negri. Lalu bagaimana kita izin tidak masuk kerja?
Berikut ini ada 2 contoh kalimat izin tidak masuk kerja lewat whatsapp menggunakan bahasa inggris yang bisa anda coba terapkan, antara lain :
Contoh 1
Hello, good morning Mr. Hanan
I am Hanif, supervisor of broiler farm 4 in you company. Here I want to deliver my permission if I couldn’t coming to office today due to family event that cannot be changed to others. I hope you understand about this situation.
Thankyou,
Regards
Hanif
Contoh 2
Good Morning
Mr Singgih
I am Kartika Sari Devy, the General Affair of your company. Before that, I want to apologized for my permission’s deliver that I could not coming to office just via Whatsapp. Today I had an accident when I was going to work so I was not allowed to come on Monday, January2, 2027 till January 5, 2027 according to the doctor’s suggestion. I will delegate my duties and responsibilities as soon as possible.
That is my request for permission, I hope Mr Singgih is pleasant with it. At the end let me say thankyou.
Regards.
Kartika Sari Devy
Kelebihan Izin Tidak Masuk Kerja Lewat WA
Terdapat beberapa keuntungan menggunakan Whatsapp (WA) untuk izin tidak masuk kerja, berikut :
- Whatsapp (WA) sudah digunakan banyak orang
- Mudah, cukup menulis pesan
- Bukti tertulis, pesan yang masuk bisa menjadi bukti bahwa anda sudah izin
Namun, untuk hal ini ada baiknya disesuaikan dengan kebijakan perusahaan tempat Anda bekerja terlebih dahulu.
Kekurangan Izin Tidak Masuk Kerja Lewat WA
Setiap ada kelebihan selalu ada kekurangan, whatsapp memang aplikasi yang paling banyak digunakan dari berbagai kalangan. Namun dalam konteks pekerjaan utamanya izin tidak masuk kerja, ditemukan beberapa kekurangan dari cara izin tidak masuk kerja lewat whatsapp antara lain :
- Perlu merangkai kalimat yang baik, sopan dan sesuai, tidak semua orang bisa melakukan karena sifat tiap orang bisa jadi berbeda dengan bahasa dan pemahamannya.
- Tidak langsung diproses, misalkan anda izin sakit. Sebenarnya izin sakit akan dihitung masuk kerja alias tetap mendapat gaji selama anda menyerhakan surat keterangan sakit. Karena hanya melalui WA bagian payroll tidak akan langsung mencatatnya.
- Rawan terjadi kesalahan, seperti halnya jika pengirim pesan atau penerima pesan mengaktifkan fitur pesan sementara maka pesan tersebut bisa terhapus otomatis dan rawan terjadi kesalahan atau kesalahpahaman.
- Membutuhkan waktu, seperti beberapa langkah. Pertama karyawan mengajukan izin ke atasan, atasan menyetejui, kemudian atasan konfirmasi ke bagian payroll untuk sistem gaji, karyawan menerima informasi dari bagian payroll.
- Keamanan data, pesan yang dikirim mudah sekali untuk disadap atau diakses oleh pihak tidak berwenang
Solusi Izin Masuk Kerja Untuk Perusahaan
Izin tidak masuk kerja lewat whatsapp memang bisa jadi solusi mudah dan sederhana yang bisa dilakukan. Beberapa tips yang perlu dilakukan adalah ucapkan salam, perkenalkan diri, sampaikan alasan dengan baik, berikan keterangan jelas durasi izin, sertakan urgensitas pekerjaan beserta solusi dan terakhir tutup dengan ucapan terimakasih.
Selain memiliki kelebihan namun ternyata cara izin lewat whatsapp (WA) masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu seperti bahasan diatas perusahaan membutuhkan sistem yang bisa mengurus semua keperluan karyawan dengan akses mudah, otomatis dan aman. Sehingga efektifitas perusahaan akan lebih baik.
Salah satu solusi apabila perusahaan membutuhkan sistem yang lebih mudah mengenai izin tidak masuk kerja karyawan adalah melalui sistem HRIS. Anda bisa menggunakan jasa sevenpion untuk membuat sistem HRIS custom milik anda sendiri.
Tidak hanya mengenai pengajuan izin tidak masuk, izin cuti dan saldo payroll component otomatis serta slip gaji yang dapat dilihat langsung oleh karyawan. Selain itu anda juga bisa mengatur manajemen akses yang berbeda sehingga proses akan lebih cepat, aman dan tidak tumpang tindih.
Jika anda menemukan kendala atau permasalahan mengenai pengaturan sistem karyawan perusahaan anda. Konsultasikan segera dengan tim kami! atau jika ingin melihat langsung produk kami, jangan sungkan. Cek langsung dengan klik disini atau klik banner dibawah ini untuk terhubung ke whatsapp!