Manfaat website sangat penting bagi perusahaan, dan menjadi semakin penting lagi setelah terjadi pandemi Covid-19. Kegiatan pemasaran yang semula masih dapat dilakukan tanpa bantuan website, sekarang dipaksa harus menggunakan website.
Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat website bagi bisnis. Mari kita simak dulu data yang disajikan oleh katadata berikut ini tentang tren pengguna internet pada 2012-2022.
Terdapat 2.18 miliar pengguna internet pada 2012 dan 10 tahun kemudian (2022) terdapat 4.95 miliar pengguna internet di dunia. Chart ini menunjukkan bahwa selalu terjadi peningkatan pengguna internet setiap tahunnya dalam 10 tahun terakhir.
Bahkan kita tidak melihat terjadi penurunan pengguna internet dalam 10 tahun terakhir. Sehingga berpotensi akan terus meningkat kedepannya.
Hal ini menjanjikan kesuksesan online yang dapat kita kejar, mengingat begitu besar pasar online saat ini. Salah satunya dengan website, website bisa menjadi alat pemasaran yang dapat di akses oleh seluruh penduduk dunia dimanapun dan kapanpun dengan internet tanpa terkecuali.
Baca juga : Cara Promosi Bisnis Gratis dengan Google Bisnisku
Manfaat Website Bagi Perusahaan atau Bisnis
Dikutip dari worldometer bahwa jumlah penduduk dunia pada tahun 2022 adalah sekitar 7.95 miliar jiwa. Artinya, lebih dari separuh penduduk dunia atau sekitar 62% penduduk dunia (perbandingan dengan data yg disajikan diatas) telah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya.
Hal ini menjadikan internet sebagai pasar bebas dan menjadi pasar yang sangat luas untuk bisa dimanfaatkan para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu cara agar bisnis Anda bisa tampil di internet dengan mudah adalah dengan memiliki website.
Dengan memiliki website Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas, lebih mudah tanpa perlu bertemu dengan pelanggan secara langsung. Namun, sebelum memutuskan untuk membuat website ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu manfaat website bagi perusahaan berikut ini:
Baca juga : Apa Itu Website?
Pelanggan Anda butuh
Pernahkan Anda terbangun di pagi hari bingung mau apa, bingung di siang hari saat bekerja dan lapar di malam hari bingung mau makan apa. Apa yang akan Anda lakukan? Saya sendiri sih membuka google untuk menjawab kebingungan tersebut. Misalnya, ide sarapan pagi, pertanyaan2 seputar pekerjaan bahkan apa yang bisa saya makan malam ini.
Menurut Seotribunal ada sekitar 5,6 milar pencarian di google setiap hari nya, bahkan dalam hari-hari tertentu terdapat sekitar 63rb pencarian per detik nya. Dari data ini kita bisa membayangkan betapa banyaknya pencarian setiap harinya dan banyak hal yang bisa kita cari di google, siapa tahu yang dicari adalah kita.
Jika Anda menjual kacamata, bayangkan jika calon pelanggan Anda mengetik di google “toko kacamata di kota x”, sedangkan Anda belum mempunyai website yang tampil digoogle. Apa yang akan terjadi? Tentu Anda tahu sendiri jawabannya 🙂
Online 24/7 tanpa perlu customer service yang standby
Jika bisnis Anda dicari banyak orang, akan ada banyak pertanyaan yang bakal diajukan oleh para calon pelanggan. Jika Anda tidak mempunyai website maka perlu menambah dan melatih semakin banyak customer service untuk membantu menjawab pertanyaan2 tersebut, belum lagi kalau harus menyediakan cs untuk 24/7.
Beda hal nya jika Anda mempunyai website, Anda bisa mencantumkan hal-hal yang sering ditanyakan oleh calon pelanggan pada halaman website. Selain itu, Anda juga bisa mengolah bahasa marketing sendiri pada halaman website bisnis.
Hal ini bertujuan untuk mengurangi pertanyaan dari pelanggan secara langsung karena Anda sudah menyediakan jawaban tersebut pada halaman website. Sehingga, Anda tidak memerlukan customer service yang banyak untuk menyediakan layanan pelanggan.
Menghemat waktu dan tidak perlu jam kerja
Yah seperti yang sudah dijelaskan dipoin sebelumnya, Anda akan menghemat waktu dan tenaga ketika pertanyaan-pertanyaan basic dapat dijawab oleh informasi di website daripada harus dijawab oleh cs langsung.
Disisi lain website online sepanjang hari, sepanjang weekend, sepanjang bulan dan tahunan. Tidak perlu lagi membuka toko jam 7 pagi dan menutup jam 5 sore, website akan online dengan sendirinya selama 24 jam, tanpa perlu Anda tunggu seperti menunggu toko.
Dulu apa bisa kita menjual sepatu sneaker jam 1 pagi tanpa membuka toko? Dengan adanya website, hal ini sangat mungkin terjadi. Bahkan transaksi terus bisa terjadi ketika Anda tertidur. Sungguh menghemat waktu dan tenaga bukan? jam kerja juga jadi unlimited 🙂
Menunjukkan kredibilitas Anda
Salah satu manfaat website bagi perusahaan atau bisnis adalah menunjukkan bahwa Anda serius dan profesional dalam bisnis tersebut. Dikutip dari seeresponse.com, bahwa ada sebuah penelitian yang menyatakan 75% pengguna internet akan menilai kredibiltas perusahaan berdasarkan desain situsnya.
Bisa di bayangkan, calon pelanggan akan menilai kredibiitas berdasarkan desain situs web? apa kabar jika Anda tidak memiliki website? Tentu akan lebih buruk lagi.
Branding
Bagi bisnis, website bisa menjadi branding dan menandakan bahwa merek Anda dapat di temukan di internet. Di saat pengguna internet yang terus bertumbuh, ada baiknya Anda yang belum memiliki website segera mengenalkan merek melalui website.
Hal ini akan membantu calon pelanggan lebih mudah menemukan Anda di internet. Pelanggan akan lebih mudah mengenali siapa Anda? siapa yang Anda wakili? dan apa solusi yang Anda tawarkan bagi mereka?
Jika calon pelanggan melakukan pencarian di internet lalu tidak dapat menemukan merek Anda hadir di internet. Maka mereka tidak akan mengenal merek Anda, dan mereka akan mencari merek lain yang dapat ditemukan lebih mudah.
Sumber leads berkualitas bagi perusahaan
Lead atau prospek menjadi salah satu hal yang paling penting bagi bisnis, terutama pada B2B. Lead berkualitas akan memiliki nilai konversi penjualan yang lebih tinggi, tentu penjualan yang lebih tinggi merupakan harapan semua pebisnis.
Salah satu manfaat terbaik dari website bagi bisnis adalah bisa menjadi sumber leads yang berkualitas bagi perusahaan Anda. Jika Anda mempunyai website dan informasi di website Anda menjawab pertanyaan calon pelanggan.
Maka mereka akan dengan ikhlas mengisi data prospek di website Anda karena mereka tertarik dengan solusi yang ditawarkan. Prospek seperti ini akan lebih berkualitas dan memiliki nilai konversi yang tinggi untuk menghasilkan penjualan.
Alih-alih Anda mengeluarkan uang untuk membeli prospek dari pihak ketiga, tidak salahnya untuk berinvestasi untuk membuat website demi mendapat prospek yang berkualitas.
Baca juga : Cara mendapat rangking di google
Menawarkan bukti sosial
Jika pemasaran konvensional membutuhkan referensi dari teman, keluarga atau orang dekat untuk menghasilkan transaksi. Pada pemasaran online Anda membutuhkan bukti sosial berupa review atau pendapat pelanggan tentang solusi yang Anda tawarkan.
Seperti itulah perilaku pelanggan, termasuk Anda sendiri mungkin :), pasti Anda lebih menyukai membeli sepatu sneaker dengan ulasan bintang 5 daripada bintang 1 kan? hehe
Sistem internal bagi bisnis
Selain bermanfaat untuk promosi ke pihak luar, website juga bisa menjadi sistem internal perusahaan. Seperti dengan mempunyai sistem finance, sistem HR, inventory, dan sebagainya.
Dengan memiliki sistem seperti ini, akan membuat karyawan Anda menjadi nyaman tanpa harus ribet-ribet lagi. Misalnya saja pengajuan cuti yang harus di approve oleh beberapa atasan dengan bertemu langsung, dengan memiliki sistem website sendiri. Karyawan yang ingin mengajukan cuti tinggal mengajukan secara online melalui dashboard karyawan masing-masing. Sehingga lebih memudahkan pelayanan ke internal perusahaan.
Ini akan menjadi alat promosi yang baik bagi internal dan memudahkan HR untuk mencari karyawan baru jika sewaktu-waktu membutuhkan karyawan baru. Mengingat para karyawan yang merasa termudahkan akan memberikan testimoninya bekerja di perusahaan Anda kepada teman-teman nya yang mencari kerja.
Disisi lain hal ini juga akan lebih memudahkan Anda sebagai atasan atau pemilik bisnis untuk mengontrol lewat laptop, tablet atau smartphone. Anda tidak perlu lagi tumpukan kertas untuk melihat laporan, tinggal login dan laporan akan tersajikan, ini akan menghemat kertas juga :).
Monitoring bisnis lebih mudah dengan website
Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Anda akan lebih mudaha memonitoring bisnis, tanpa perlu kertas lagi. Selain itu, Anda juga tidak perlu harus datang ke kantor lagi untuk mendapatkan laporan.
Cukup login di perangkat yang Anda bawa, akses dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Bahkan bisa Anda lihat ketika sedang berlibur diluar kota atau luar negri selama dapat mengakses internet, laporan siap tersaji.
Memaksimalkan ROI
Membuat website tidaklah semahal itu, Anda hanya cukup membayar 1 kali untuk menikmati nilai bertahun-tahun, sedangkan tahunan Anda hanya perlu membayar biaya hosting dan domain. Kecuali jika Anda membutuhkan maintenance dan update fitur, maka akan membutuhkan biaya lain.
Website yang Anda optimalkan akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, akan menjadi sumber traffic dan sumber lead yang bagus bagi bisnis.
Jika website Anda adalah website e-commerce tempat menjual produk-produk secara langsung kepada pelanggan. Ini akan menghemat anggaran Anda daripada harus membayar biaya admin setiap transaksinya pada marketplace (pendapat client kami).
Misalkan omzet perbulan Anda di marketplace adalah 200-500 juta setiap bulannya dan harus membayar biaya admin sebesar 2-5% (4-25 juta), maka Anda membutuhkan 48-300 juta dalam satu tahun.
Namun jika Anda membuat website toko online dengan nilai 20-50juta saja, Anda tidak perlu membayar jasa pembuatan website lagi setiap bulannya seperti membayar biaya admin di marketplace. Bisa dibayangkan tingkat ROI nya? silahkan kita diskusikan dikolom komentar 🙂
Trafik organik bagi perusahaan
Jika website Anda teroptimasi dan muncul di halaman pertama google, ini akan menghasilkan trafik organik yang lebih banyak. Trafik organik berarti kita tidak perlu membuat sebuah iklan berbayar pada halaman google atau iklan lainnya untuk mendatangkan pengunjung website perusahaan, tentu hal ini akan menghemat anggaran perusahaan.
Buat cerita pemasaran sendiri
Sangat sulit untuk mengontrol apa yang orang katakan tentang brand atau produk Anda. Dengan mempunyai website sendiri, Anda bisa membuat cerita atau bahasa pemasaran sendiri. Dengan mudah bisa mengganti nya dan memiliki kontrol penuh untuk merubah ceritanya setiap waktu.
Baca juga : Tips Memilih Nama Domain dan Hosting
Bersaing dengan raksasa industri
Tahukan Anda, salah satu manfaat website bagi perusahaan yang sangat adil adalah Anda dapat bersaing dengan raksasa industri dengan garis start yang sama. Bagaimana maksudnya?
Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan website, besar, kecil atau baru mau mulai bisnis. Anda akan sama-sama memulai dari membuat website terlebih dahulu baru bisa mengoptimalkan website di mesin pencari agar bisa ditemukan pelanggan.
Ketika website di optimalkan, website kita dan brand kita yang semula tidak dikenal, akan berpeluang bersaing dengan brand-brand yang sudah ada lebih dahulu. Jika website Anda dioptimalkan dengan baik, sangat mungkin akan menyalip industri besar di mesin pencari.
Pamerkan penawaran Anda
Ketika mempunyai website, Anda dapat memamerkan penawaran produk/layanan pada website secara langsung. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan penghargaan, testimoni pelanggan dan fitur utama atau unggulan yang dapat menyelesaikan masalah pelanggan Anda.
Memudahkan pengembangan bisnis dalam jangka panjang
Untuk tampil di halaman pertama google secara organik, website yang berumur 1 hari tidak bisa tampil di halaman pertama google, kecuali tidak ada pesaing. Bagaimana agar bisa tampil di halaman pertama google di umur 1 hari? Hal ini hampir tidak mungkin dilakukan secara organik saat ini.
Sehingga, butuh waktu untuk mengoptimasi website agar bisa tampil di halaman pertama google. Berapa lama waktunya? tidak ada yang pasti jawaban ini, bisa jadi 3 bulan, bisa jadi 6 bulan atau bisa jadi lebih dari itu.
Semua nya akan tergantung pada kata kunci yang Anda targetkan dan tingkat persaingan di kata kunci tersebut.
Kendali sepenuhnya
Saat Anda mempunyai rumah, siapa yang berhak menambah atau mengurangi ruangan, merusak tembok dan menggantinya menjadi ruangan terbuka, merawatnya agar berumur panjang, melakukan pengecatan, bahkan merusaknya.
Siapa yang berhak akan hal tersebut? Hanya Anda. Beda hal nya jika rumah tersebut Anda sewa, apa bisa Anda merusak atau merubah tata ruang sesukanya. Tentu harus mendapat izin dari pemilik kan, jika tidak Anda perlu menggantinya ketika pemilik menginginkannya.
Begitu juga dengan website, Anda seperti memliki rumah sendiri dengan kontrol penuh mau merubah atau apapun itu hak Anda. Beda hal nya dengan Anda mempunyai akun instagram untuk bisnis, fanspage bisnis di facebook. Apa yang terjadi jika platform tersebut berniat menutup fitur tersebut? Apa kita bisa menuntut? Tentu tidak, karena itu milik mereka, kita hanya menumpang atau user dari mereka.
Membuat website tidak sesusah dan semahal itu
Ada yang bilang membuat website itu susah, itu benar jika yang bilang adalah seorang tukang bangunan. Namun akan menjadi mudah jika itu adalah seorang pengembang website. Beda hal lagi jika pengembang website disuruh untuk membangun rumah, tentu susah bagi mereka, tapi apa kata tukang bangunan? Itu mudah sekali (hanya perumpamaan)
Jika Anda ingin membangun rumah, Anda memerlukan pengembang properti, dan jika Anda ingin membangun website, berarti Anda perlu pengembang website. Itulah yang perlu Anda lakukan, bukan membangun nya sendiri :). Hampir tidak mungkin kan pengembang website membangun rumahnya sendiri? Mungkin sih, tapi hasilnya bisa ditebak sendiri hehe
Saya paham om, tapi kan mahal ya buat website itu? Iya sih mahal jika Anda butuh banyak fitur. Begini-begini, jika Anda membangun 1 buah kamar kos-kos an untuk disewakan, apakah harganya akan sama dengan Anda membangun 2 buah kamar kos2an? 3 kamar? 5 kamar? atau 10 kamar? huhu
Begitu juga dengan harga website, jika Anda membangun website dengan fitur company profile pasti akan beda harganya dengan website toko online yang bisa transaksi jual beli, dengan sistem finance, sistem HR dan sebagainya pasti beda. Bisa jadi membuat website akan murah misal fitur-fiitur yang Anda butuhkan hanya sedikit, jadi sebelum menilai mahal ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu di bawah ini, kami akan menjamin fiturnya akan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
Mengapa tidak?
Mengapa tidak, iya mengapa tidak? Dengan berbagai macam manfaat yang telah kita bahas sebelumnya. Anda akan menemukan jawabannya sendiri 🙂
Baca juga : Tips Memilih Jasa Pembuatan Website
Kerugian Tidak Memiliki Website
Setelah membahas berbagai macam manfaat website bagi perusahaan atau bisnis. Sekarang mari kita bahas apa kerugian yang terjadi jika kita tidak memiliki website?
- Susah ditemukan di internet
- Pelanggan berpindah ke lain karena melihat layanan pesaing lebih baik
- Jam layanan terbatas
- Membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk kegiatan pemasaran
- Waktu yang lebih banyak = biaya yang lebih banyak
- Tidak hanya waktu dan biaya, tapi memerlukan energi atau tim yang lebih banyak juga
- Kehilangan peluang untuk menyalip kompetitor
Kesimpulan
Dengan banyak nya manfaat yang ditawarkan oleh website bagi perusahaan, tidak salahnya jika Anda mencobanya. Apakah terlambat? Tidak ada kata terlambat dalam pemasaran online, semuanya tetap berpeluang untuk berada di halaman pertama mesin pencari google dan mesin pencari lainnya. Tinggal bagaimana cara mengoptimalkan website nya jika itu memang digunakan untuk kegiatan pemasaran.
Beda hal nya jika website yang Anda bangun bertujuan untuk keperluan internal perusahaan, maka Anda membutuhkan pelatihan ke karyawan terkait penggunannya agar bisa bermanfaat lebih optimal kedepannya.
Jika Anda membutuhkan website untuk keperluan promosi bisnis ataupun untuk keperluan internal perusahaan. Anda dapat berkonsultasi dengan tim kami agar mendapatkan penawaran terbaik yang pastinya akan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang Anda jalankan. Silahkan konsultasi gratis dibawah ini.