Perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak pengusaha mengalihkan bisnisnya ke ranah digital atau online. Maka dari itu, jenis-jenis pemasaran online pun sekarang ikut berkembang pesat dan bervariasi.
Penggunaan jenis pemasaran online dan strategi pemasaran yang tepat bisa menentukan berhasil tidaknya suatu bisnis, terlebih di dunia digital. Anda bisa meningkatkan penjualan dan mendapatkan target pemasaran yang tepat serta cepat dengan memanfaatkan pemasaran online.
Yuk, simak penjelasan tentang seluk beluk pemasaran online, mulai dari pengertian, media, manfaat, strategi, hingga jenisnya pada uraian berikut ini!
Pengertian Pemasaran Online
Apa itu pemasaran online? Dikutip dari technopedia.com, pemasaran online merupakan media dan metode yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan melalui internet. Contoh pemasaran online misalnya melalui platform media sosial, email, atau website.
Pemasaran online meliputi elemen pemasaran yang lebih luas daripada pemasaran konvensional. Hal ini disebabkan oleh kelebihan internet yang bisa menjangkau target pemasaran lebih luas tanpa batas ruang dan waktu.
Langkah Strategi Pemasaran
Dalam pemasaran suatu produk tentunya diperlukan strategi yang tepat dan efektif agar bisnis yang Anda tekuni berhasil. Berikut telah Sevenpion rangkum langkah-langkah strategi pemasaran yang wajib diketahui untuk tingkatan efektifitas penjualan bisnis Anda.
1. Pahami Bisnis dan Produk Anda
Banyak orang yang hanya coba-coba untuk melakukan bisnis tanpa memahami apa yang akan mereka tawarkan. Oleh karena itu, langkah pertama dalam strategi pemasaran adalah memastikan Anda memiliki produk atau jasa yang kuat dan mampu bersaing di pasaran.
2. Riset Target Pemasaran/Konsumen
Pelanggan tentunya akan mendorong kemajuan bisnis Anda. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan audiens atau target pemasaran bagi produk bisnis Anda.
Dalam penentuan target pemasaran, Anda harus benar-benar memahami mereka, baik dari segi karakter, sifat, dan perilaku.
Anda perlu memulai dengan melakukan riset dan mengumpulkan informasi tentang target konsumen yang dituju. Riset bisa dilakukan dengan berdasarkan data usia, jenis kelamin, pendidikan, profesi, dan hobi.
Setelah informasi terkumpul, mulailah untuk membangun persona pelanggan di produk yang akan Anda pasarkan.
3. Brand Awareness
Untuk menyempurnakan pemasaran Anda, maka perlu terlebih dahulu menentukan merek atau brand produk. Lalu, tentukanlah logo yang merepresentasikan merek produk Anda.
Selain merek dan logo sebagai representasi fisik, Anda perlu juga melakuakan branding yang bisa meningkatkan brand awareness calon pembeli terhadap produk Anda.
4. Siapkan Tim Pemasaran
Tim pemasaran produk sangat penting bagi suatu perusahaan atau bisnis. Mereka akan mengembangkan dan mempromosikan suatu produk dan menjadi jembatan antara penjual dengan pembeli.
Buatlah perencanaan produk agar tim bisa bekerja sama dan bersinergi untuk meningkatkan pemasaran produk.
5. Lakukan Promosi
Anda akan kesulitan mendapat pelanggan apabila tidak ada promosi. Betapa tidak, promosi ini sangat penting untuk mengenalkan produk atau jasa kepada calon pembeli.
Rencana promosi yang efektif dilakukan dengan menyampaikan pesan produk Anda kepada pelanggan dengan media dan waktu yang tepat. Apalagi jika Anda sudah membangun persona, promosi akan lebih mudah dilakukan.
Promosi bisa dilakukan secara langsung atau melalui media digital seperti sosial media, website, dan email. Hal ini tergantung pada target pemasaran Anda.
6. Analisis Pemasaran
Langkah terakhir adalah melakukan analisis pemasaran. Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, Anda perlu mengevaluasi apakah strategi yang telah diupayakan sudah berhasil atau masih perlu pengembangan.
Strategi pemasaran produk memang tidak selamanya sempurna. Anda perlu mengukur seberapa sukses strategi yang telah dilakukan. Pelajari kembali kesalahan atau kegagalan apa yang mungkin terjadi sehingga bisa memperbaiki strategi pemasaran ke depannya.
Jenis-Jenis Pemasaran Online
Pemasaran online memiliki beragam jenis yang bisa membantu untuk pengembangan bisnis Anda. Berikut beberapa jenis-jenis pemasaran online yang bisa diterapkan untuk promosi produk Anda.
1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah cara untuk mengoptimasi website pencarian di mesin pencari seperti Google. Tujuan penggunaan SEO adalah agar konten, situs web, produk, dan aplikasi yang dimiliki suatu perusahaan mendapat ranking di halaman pertama mesin pencari (SERP).
Google menggunakan algoritma untuk menampilkan seberapa relevan halaman konten atau iklan promosi Anda dengan kata kunci yang dicari pengguna.
Dengan teknik SEO, perusahaan dapat menjaring lebih banyak audiens atau konsumen. SEO bisa dilakukan secara gratis dan cocok untuk pemasaran jangka panjang.
2. Search Engine Marketing (SEM)
SEM memiliki kemiripan dengan SEO, yakni bertujuan untuk meningkatkan traffic dan mendapat peringkat pertama di halaman mesin pencari. Namun, perbedaannya adalah SEM sifatnya berbayar dan hanya cocok untuk pemasaran jangka pendek.
Metode SEM mengacu pada iklan berbayar yang muncul di bagian atas SERP. Biaya iklan ini biasanya tergantung pada jumlah klik yang diterima atau atau disebut dengan Pay Per Click.
Terkadang pengguna mesin pencari belum mengerti label iklan yang muncul ini dan banyak yang masih mengkliknya sehingga ini bisa menjadi strategi pemasaran digital yang efektif.
3. Content Marketing
Content Marketing atau pemasaran konten merupakan strategi pemasaran yang berfokus pada penyampaian konten yang relevan dan konsisten yang bisa menarik target audiens/konsumen untuk melakukan suatu tindakan. Tindakan yang dimaksud bisa berupa membeli produk atau layanan, berlangganan, dan sebagainya.
Konten bisa berupa video, audio, artikel, atau sebagainya. Intinya, konten tersebut bisa mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
4. Social Media Marketing (SMM)
Jenis pemasaran online yang satu ini paling banyak digunakan oleh pengusaha saat ini. Social Media Marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasarannya.
Pada media sosial Anda bisa membuat profil bisnis dan mengiklankan produk baru, penjualan, atau promosi lainnya yang mampu meningkatkan omzet.
Platform media sosial yang digunakan tergantung pada target pemasaran yang ingin Anda jangkau. Misalnya, untuk target remaja usia 18 tahun hingga dewasa 35 tahun, Anda bisa menggunakan platform Instagram.
Hal yang terpenting adalah Anda melakukan riset audiens terlebih dahulu sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.
Strategi pemasaran di media sosial bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti pemasaran konten, sponsorship, pemasaran afiliasi dan influencer, dan pemasaran media berbayar.
5. Email Marketing
Strategi Email Marketing digunakan dengan cara menyebarkan informasi promosi suatu produk atau layanan melalui e-mail konsumen.
Sebenarnya masih banyak teknik digital marketing selain yang telah disebutkan di atas. Bahkan seiring perkembangan dan perubahan teknologi yang dinamis, kemungkinan teknik digital marketing pun akan terus berkembang.
6. Video Marketing
Di zaman yang serba cepat ini, video pendek dan cepat lebih efisien daripada teks untuk menarik pelanggan. Baik untuk pendidikan maupun hiburan, konten video adalah metode pemasaran yang bisa diandalkan.
Saat ini sudah lebih dari 2 miliar orang mencari informasi dari situs video ternama, seperti YouTube. Belum lagi pada platform TikTok yang digandrungi banyak warganet masa kini.
Ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk menjangkau pelanggan baru dan mendorong penghasilan suatu bisnis.
Media Pemasaran Online
Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis pemasaran online, Anda perlu menentukan media mana yang akan digunakan.
Media pemasaran online tentunya akan menggunakan media-media yang berbasis internet. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa contoh media yang efektif untuk pemasaran online berikut ini.
1. Google Ads
Media pemasaran satu ini merupakan layanan jasa iklan yang dikelola oleh Google. Hampir seluruh pengguna internet di dunia menggunakan layanan dari Google sehingga dengan pemasaran di Google Ads mampu menjangkau pasar yang lebih luas.
2. Media Sosial
Media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, TikTok mempunyai pengguna yang besar di Indoneisa bahkan dunia. Menurut datareportal.com, terdapat 4,76 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia pada Januari 2023. Hal ini setara dengan 59,4 persen dari total populasi global.
Dengan melihat data pengguna yang fantastis tersebut, pemasaran secara digital melalui media sosial menjadi strategi efektif untuk menjangkau pasar yang lebih besar dengan cepat.
3. Marketplace
Pemasaran online yang paling efektif adalah dengan media e-commerce atau online marketplace. Pelanggan cenderung mencari produk yang mereka inginkan langsung melalui marketplace.
Selain untuk promosi, di sini Anda dapat sekaligus menjual barang yang diproduksi. Contoh marketplace yang terkenal adalah Amazon, AliExpress, dan Shopee.
4. Website
Dalam digital marketing, website menjadi salah satu media utama yang digunakan. Target konsumen bisa mendapatkan informasi seputar perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan, berbagai promo serta informasi menarik lainnya dari website.
Manfaat Pemasaran Online
Pemasaran online menjadi terobosan mutakhir dan efektif bagi dunia bisnis. Ada beberapa manfaar dari teknik pemasaran online ini, antara lain sebagai berikut:
- Menjangkau target pemasaran yang lebih luas dengan mudah, bahkan bisa lintas daerah dan negara.
- Promosi bisa dilakukan dengan fleksibel.
- Biaya dan tenaga yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan pemasaran tradisional, asalkan Anda mempunyai skill yang dibutuhkan dalam digital marketing seperti copywriting dan editing.
- Mempermudah terjalinnya komunikasi antara penjual dengan pembeli.
- Promosi yang cepat dan menarik bisa membantu meningkatkan omzet penjualan berkali lipat.
Kesimpulan
Pemasaran online memerlukan strategi dan media yang tepat agar bisa berjalan efektif. Selain itu, pengusaha perlu memperhatikan jenis-jenis pemasaran online yang meliputi SEO, SEM, SMM, Content Marketing, Email Marketing, dan Video Marketing.
Penggunaan jenis dan strategi pemasaran yang tepat dapat bermanfaat untuk meningkatkan penghasilan, kesadaran merek, dan memperluas jangkauan produk bisnis Anda.
Jika Anda ingin meningkatkan bisnis dengan strategi dan jenis-jenis pemasaran online di atas, cobalah berkonsultasi dengan ahlinya, seperti dengan Sevenpion ini.
Sevenpion merupakan software company yang berfokus pada layanan pembuatan website custom, aplikasi mobile dan digital marketing. Untuk konsultasi lebih lanjut, tekan baner di bawah ini!

