Contoh Company Profile Perusahaan Jasa, Kenapa Perlu?

Contoh Company Profile Perusahaan Jasa, Kenapa Perlu?

contoh company profile perusahaan jasa

Hallo semuanya! Kembali lagi dengan saya Andre, kali ini kita akan membahas mengenai contoh company profile perusahaan jasa.

Perusahaan jasa Anda mungkin sudah beroperasi selama beberapa waktu dan mungkin sudah dikenal di pasaran. Tapi apakah Anda sudah memikirkan untuk membuat company profile Anda? Bagi sebagian orang, pembuatan company profile dianggap sebagai hal yang tidak penting.

Namun company profile memiliki peran yang sangat penting untuk menggambarkan profil bisnis Anda secara lengkap dan membantu meningkatkan kepercayaan calon klien Anda. Mari kita simak lebih lanjut mengenai pentingnya company profile!

Apa itu Company Profile?

Company profile merupakan salah satu alat pemasaran yang penting digunakan oleh perusahaan untuk bisa memperkenalkan diri kepada publik, tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan company profile?

apa itu company profile perusahaan jasa?

Definisi Company Profile

Company profile adalah deskripsi singkat mengenai perusahaan yang berisikan informasi dasar seperti visi, misi, sejarah perusahaan, struktur organisasi, produk atau jasa yang ditawarkan, keunggulan kompetitif dan pencapaian yang telah diraih.

Company profile ini umumnya digunakan sebagai alat pemasaran perusahaan dalam memperkenalkan perusahaan kepada pelanggan potensial dan juga kepada investor. Dengan memiliki company profile yang baik, perusahaan Anda dapat membangun kepercayaan kepada masyarakat dan memberikan informasi yang berguna bagi stakeholder perusahaan.

Fungsi Company Profile Perusahaan Jasa

Company profile memiliki fungsi penting dalam perusahan jasa, diantaranya:

  • Membangun Citra Perusahaan. Hal ini memungkinkan dalam membangun citra positif di mata pelanggan dan masyarakat umum. Dengan ini, perusahaan dapat memperkuat citra merek dan meningkatkan kepercayaan.
  • Menjelaskan Jasa yang Ditawarkan. Dengan company profile Anda dapat memberikan informasi detail mengenai jasa perusahaan Anda, keunggulan dan manfaat. Hal ini dapat membantu pelanggan dalam memahami dan memilih perusahaan jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Menjelaskan Struktur Organisasi. Hal ini juga termasuk kedalam company profile, mengenai struktur dan tanggung jawab masing-masing departemen. Ini dapat membantu pelanggan untuk memahami proses kerja di perusahaan Anda.
  • Menjelaskan Kebijakan ESG. Company profile mencakup informasi kebijakan lingkungan, tata kelola perusahaan yang dijalankan oleh perusahaan Anda.

Dalam perusahaan jasa, company profile memiliki peranan yang sangat penting untuk memperkenalkan perusahaan Anda kepada pelanggan potensial dan masyarakat untuk menciptakan kepercayaan. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan jasa memiliki company profile yang jelas dan baik dengan melihat contoh company profile perusahaan jasa yang relevan dengan perusahaan Anda.

contoh company profile perusahaan jasa

Unsur-Unsur Company Profile

Berikut akan saya jabarkan unsur-unsur umum yang terdapat dalam company profile, antara lain:

  1. Sejarah Perusahaan
  2. Visi dan Misi
  3. Produk atau Jasa
  4. Struktur Organisasi
  5. Pengalaman dan Keunggulan
  6. Pencapaian
  7. Kebijakan ESG
  8. Klien atau Pelanggan
  9. Kontak Perusahaan

Itu dia unsur-unsur yang biasanya terdapat di dalam company profile yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam membuat company profile untuk perusahaan Anda.

Mengapa Perlu Company Profile untuk Perusahaan Jasa?

Tentu company profile ini merupakan hal penting bagi perusahaan Anda, namun mengapa perusahaan jasa harus memiliki company profile?

mengapa perlu company profile?

1. Meningkatkan Citra Perusahaan dengan Company Profile Perusahaan Jasa

Company profile dapat meningkatkan citra perusahaan Anda dengan beberapa cara diantaranya:

  1. Menunjukkan Profesionalisme : Dengan memberikan informasi yang terstruktur, tentu dapat memberikan kesan profesional dan kredibilitas perusahaan di mata klien.
  2. Membangun Kepercayaan : Hal ini tentunya sangat penting, karena dapat membangun kepercayaan diantara klien dan perusahaan.
  3. Menunjukkan Keunggulan : Perusahaan Anda dapat menonjolkan keunggulan yang dimiliki dibandingkan dengan pesaing lainnya dan memberikan alasan bagi pelanggan untuk memilih perusahaan Anda.
  4. Meningkatkan Brand Awareness : Hal ini penting dalam membangun citra perusahaan dan meningkatkan kepercayaan.
  5. Meningkatkan Peluang Bisnis : Dengan memperkenalkan perusahaan kepada klien melalui company profile, perusahaan Anda dapat meningkatkan peluang bisnis dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Citra perusahaan tentunya dapat mempengaruhi keputusan pelanggan dalam menggunakan jasa perusahaan Anda atau tidak. Oleh karena itu, dengan company profile yang baik dapat meningkatkan perusahaan dalam memperkuat posisi di pasar.

2. Memperkenalkan Layanan yang Ditawarkan

Dengan membuat contoh company profile perusahaan jasa yang baik, hal ini akan mendukung perusahaan Anda dalam memperkenalkan layanan yang Anda tawarkan kepada klien Anda.

Sehingga klien Anda tahu bahwa perusahaan Anda memiliki kompetensi yang unggul di bandingkan dengan pesaing lainnya. Sehingga dapat meningkatkan keputusan penggunaan klien dalam memilih perusahaan Anda.

Klien juga langsung bisa memahami layanan yang perusahaan Anda tawarkan tanpa harus bingung apakah jasa yang akan ia gunakan akan sesuai dengan hasil yang diharapkan oleh klien perusahaan Anda.

3. Menarik Minat Calon Pelanggan dengan Company Profile Perusahaan Jasa

Hal ini juga memungkinkan bagi perusahaan Anda dapat menarik minat dari calon pelanggan. Sebab dengan company profile yang dibuat dengan baik akan berkesan di mata klien bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan jasa yang profesional di bidangnya.

Sehingga klien langsung memiliki rasa kepercayaan bahwa perusahaan Anda memang mampu untuk memberikan solusi yang tepat bagi klien atau masyarakat.

4. Membantu Memenangkan Tender atau Proyek Baru

Company profile merupakan dokumen yang memberikan gambaran tentang perusahaan Anda, produk atau jasa yang ditawarkan dan reputasi perusahaan Anda. Dokumen ini sangat penting dalam memenangkan tender, karena:

  • Perusahaan yang memiliki profil perusahaan yang kuat dan jelas akan lebih mudah dipercaya dan dianggap sebagai kandidat yang layak untuk memenangkan tender.
  • Dengan hal ini juga, perusahaan dapat menunjukkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan tender
  • Hal ini akan membantu perusahaan dalam menunjukkan tujuan dan arah yang jelas, bahwa perusahaan akan bekerja secara profesional dan bertanggung jawab
  • Menampilkan layanan, dengan ini akan membantu mereka dalam membuat keputusan untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda.
  • Memperlihatkan legalitas, bahwa perusahaan Anda telah memenuhi persyaratan dan dapat dipercaya untuk menyelesaikan proyek dengan baik.

Secara keseluruhan, contoh company profile perusahaan jasa dapat membantu memenangkan tender karena memberikan informasi mengenai perusahaan dan memberikan keyakinan kepada klien untuk memilih perusahaan Anda sebagai mitra bisnis mereka.

5. Membuat Hubungan dengan Mitra Bisnis

Company profile perusahaan jasa dapat menunjukkan kredibilitas, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk bekerja sama dengan perusahaan jasa Anda. Bukan hanya itu, mitra bisnis Anda akan bisa memahami perusahaan Anda dalam company profile yang sudah Anda sajikan.

Hal ini dapat membantu dalam menghindari kesalahpahaman atau ketidakcocokan yang dapat mengganggu hubungan bisnis perusahaan Anda. Perusahaan Anda juga dapat menunjukkan keunggulan yang membedakan Anda dengan perusahaan jasa lainnya dan menarik mitra bisnis untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda.

Company profile perusahaan Anda juga dapat memperkuat branding dan dapat membangun kesan positif pada mitra bisnis Anda. Perusahaan Anda juga dapat menunjukkan dedikasi pada jasa atau layanan yang ditawarkan.

Bagaimana Membuat Company Profile yang Baik?

Dalam membuat company profile yang baik bagi perusahaan Anda merupakan hal penting karena dengan hal ini Anda dapat memperkenalkan perusahaan secara profesional dan menarik minat calon pelanggan atau mitra bisnis Anda. Mari kita simak cara membuat company profile yang baik!

bagaimana cara membuat company profile

1. Kenali Target Audiens

Salah satu faktor penting dalam membuat company profile perusahaan yang baik ialah dengan mengenali target audiens perusahaan yang akan dituju. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengenali target audiens perusahaan Anda!

  1. Usia dan Jenis Kelamin: Perusahaan harus tahu usia dan jenis kelamin dari target audiensnya, sebab hal ini akan mempengaruhi dari bahasa, gambar dan pesan yang akan disampaikan dalam company profile perusahaan Anda.
  2. Pendidikan dan Profesi: Ini akan mempengaruhi dalam pemilihan kata-kata dan istilah teknis yang akan digunakan dalam company profile perusahaan.
  3. Kebutuhan dan Tantangan: Perusahaan harus tahu kebutuhan dari audiens, sehingga produk atau jasa yang ditawarkan relevan dengan kebutuhan pelanggan.
  4. Gaya Hidup dan Nilai: Perusahaan harus tahu ini, karena pesan yang akan disampaikan sesuai dengan preferensi pelanggan.
  5. Kanal Komunikasi: Perusahaan harus tahu kanal komunikasi yang biasa digunakan oleh audiens, apakah melalui email, media sosial, atau saluran lainnya.

Dengan memahami dan mengenal target audiens dari perusahaan Anda akan memudahkan Anda dalam membuat contoh company profile perusahaan jasa yang efektif!

2. Tentukan Pesan yang Ingin Disampaikan dalam Company Profile Perusahaan

Dalam pembuatan company profile, sangat penting dalam menentukan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens. Pesan yang akan disampaikan harus mencerminkan karakter dan identitas dari perusahaan Anda.

Sehingga audiens dapat memahami dan mengapresiasi perusahaan dengan lebih baik. Berikut beberapa pesan yang bisa disampaikan dalam pembuatan compny profile, antara lain:

  • Identitas Perusahaan. Ini menjelaskan tentang siapa perusahaan Anda, apa yang menjadi fokus perusahaan Anda, dan bagaimana perusahaan Anda beroperasi.
  • Misi dan Visi. Menjelaskan tujuan perusahaan dan rencana jangka panjang yang akan dicapai oleh perusahaan Anda.
  • Kepemimpinan. Ini termasuk pengalaman dan keahlian dari perusahaan Anda.
  • Nilai-Nilai Perusahaan. Menjelaskan nilai inti perusahaan dan kualitas dari layanan atau produk perusahaan Anda.
  • Keunggulan Produk atau Layanan. Menyoroti keunggulan dari perusahaan Anda, baik dari segi kualitas, harga maupun pelayanan dari perusahaan Anda.
  • Prestasi dan Reputasi. Menunjukkan prestasi yang pernah diraih oleh perusahaan serta reputasi perusahaan Anda dalam industri.

Dalam menentukan pesan yang akan disampaikan, pastikan perusahaan Anda memperhatikan target audiens. Pesan yang disampaikan harus sesuai dengan kebutuhan dan harapan dari audiens, agar pesan tersebut dapat terhubung dengan mereka dan memberikan dampak positif dalam mempromosikan perusahaan Anda.

3. Menampilkan Informasi dengan Cara Menarik

Dalam contoh company profile perusahaan jasa, menampilkan informasi dengan cara menarik sangatlah penting untuk memastikan informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens perusahaan Anda. Berikut beberapa cara dalam menampilkan informasi dengan cara menarik, diantaranya:

  • Gunakan Visual yang Menarik. Bisa dengan menggunakan gambar atau grafik dan video yang relevan dengan informasi yang ingin disampaikan, sehingga dapat membantu mempertahankan perhatian audiens.
  • Gunakan Desain Menarik. Pastikan desain yang digunakan mencerminkan karakter dan identitias dari perusahaan
  • Gunakan Warna Menarik. Gunakan warna yang konsisten dengan identitas perusahaan dan hindari penggunaan warna yang berlebihan
  • Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal, gunakanlah bahasa yang mudah dipahami sehingga audiens juga bisa mengerti pesan yang disampaikan
  • Gunakan Storytelling. Gunakan pengisahan cerita yang menarik untuk menggambarkan informasi yang ingin disampaikan
  • Tampilkan Prestasi dan Keunggulan Perusahaan. Seperti menggunakan grafik atau visual yang menarik, tampilkan juga testimoni dari klien yang dapat memperkuat pesan yang disampaikan.

Dalam menampilkan informasi dengan cara menarik, perlu diingat bahwa tujuannya adalah untuk membuat informasi lebih mudah dipahami dan diingat oleh audiens. Gunakan teknik yang relevan sesuai dengan karakter dan target audiens.

Serta pertahankan konsistensi dalam desain dan bahasa yang digunakan, agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens perusahaan Anda.

Contoh Company Profile Perusahaan Jasa

Berikut akan saya berikan beberapa contoh yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam membuat company profile sesuai dengan perusahaan Anda!

Traveloka

company profile traveloka

Traveloka adalah perusahaan jasa teknologi yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel dan liburan. Company profile mereka menampilkan visi, misi dan nilai-nilai dalam memberikan pemesanan yang terbaik untuk pelanggan Indonesia dan Asia Tenggara.

PT Astra International Tbk

company profile astra

PT Astra International Tbk adalah perusahaan jasa terkenal di Indonesia yang bergerak di bidang otomotif, agribisnis dan properti. Company profile mereka menampilkan visi, misi nilai-nilai dan keunggulan dari perusahaan mereka.

Telkom Indonesia

company profile telkom indonesia

Telkom Indonesia adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan internet, telepon, televisi kabel. Company profile mereka menampilan logo, visi dan misi serta nilia-nilai dalam memberikan solusi terbaik untuk pelanggan di seluruh Indonesia.

Kesimpulan

Perusahaan jasa sangat memerlukan company profile sebagai alat mempromosikan bisnis mereka kepada calon pelanggan. Company profile memberikan gambaran singkat tentang perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, visi dan misi perusahaan, serta keahlian perusahaan dalam bidangnya.

Dengan memiliki company profile yang baik, perusahaan jasa dapat meningkatkan citra perusahaan dan reputasi di mata calon pelanggan. Serta dapat memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan tersebut.

Namun apabila Anda belum memiliki company profile untuk bisnis atau perusahaan Anda, dan masih kurang mengerti dalam membuatnya. Anda tidak perlu khawatir, kami Sevenpion akan membantu Anda menangani hal tersebut. Silahkan hubungi kami disini atau klik banner di bawah untuk konsultasi gratis.

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Andre Defrian Saputra

Seorang mahasiswa sekaligus penulis! Memulai karier menjadi copywriter handal dengan mengubah kata-kata menjadi kekuatan. Saya biasa menulis seputar teknologi dan bisnis terkini!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *