Bahasa Pemrograman yang Wajib Dipelajari Developer

bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman dikenal juga dengan nama bahasa komputer. Bahasa pemrograman adalah kumpulan sintaks yang berfungsi untuk memerintahkan perangkat lunak pada komputer. Secara singkat, bahasa ini dipakai untuk membuat program komputer menggunakan aturan logika komputer.

Perkembangan teknologi saat ini mendorong banyak orang untuk mempelajari berbagai jenis bahasa pemrrograman. Salah satu tujuannya adalah untuk membuat website, aplikasi, atau produk digital lainnya.

Semakin banyak StartUp ataupun Perusahaan besar berlomba-lomba mengembangkan website ataupun aplikasi agar tetap eksis dibidangnya masing-masing. Dan saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuatan website dan aplikasi salah satunya adalah Sevenpion.

Fungsi Bahasa Pemrograman untuk Website

Bagi para developer, hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan website adalah bahasa pemrogrraman yang digunakan. Menentukan bahasa komputer yang digunakan dapat dilakukan dengan mengetahui apa saja kebutuhan website yang ingin dikembangkan. Bahasa yang digunakan dapat membantu menghasilkan situs yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Jika ingin membuat website tentu saja membutuhkan pengetahuan mengenai bahasa programnya. Website terbuat dari baris-baris kode yang menjadi sebuah file. Setiap file terhubung dengan file yang lainnya melalui fungsi yang sudah dideklarasikan didalamnya.

Pemrograman website terkenal dengan MVC yaitu Model, View, Crontroller yang memisahkan proses pada pengembangan website. Secara umum ada beberapa fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman yaitu :

  • Sebagai media komunikasi antara operator dengan mesin
  • Menjadi media yang mengoperasikan sebuah mesin
  • Sebagai media bagi programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi
  • Memberikan perintah kepada mesin dan komputer

Meskipun ada banyak sekali bahasa pemrogramman yang saat ini ada di dunia, bahasa mana yang banyak digunakan para pengembangan untuk membuat website.

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

1. Python

Python banyak digunakan oleh perusahaan besar dalam pengembangannya seperti NASA, Instagram, Google, Yahoo, Reddit, dan juga Youtube.

Jika dikategorikan dalam tingkatan bahasa komputer, Python tergolong ke dalam bahasa program tingkat tinggi. Sama seperti Java, Python bisa untuk membangun aplikasi dari website dan mobile.

Python termasuk bahasa yang cukup mudah untuk dipelajari, selain itu masih banyak kelebihannya seperti sintaks yang digunakan cukup sederhana.

2. Java

Tidak hanya untuk membuat aplikasi dekstop, Java juga digunakan untuk membuat aplikasi mobile. Java merupakan bahasa pemrograman website yang populer.

Java dikembangkan pada tahun 1991. Sejak 23 Mei 1995 dirilis, Java langsung naik dan menjadi yang favorit. Java memberikan nuansa baru dalam pengembangan teknologi informasi. Ditambah, pada saat itu Sun memberikan open source membuat Java mudah berkembang dan dikenal oleh banyak pengembang.

3. Javascript

Sejarah Javascript dimulai sekitar tahun 1994, ketika internet dan website sedang mengalami perkembangan yang pesat. Website pada saat itu umumnya dibuat menggunakan bahasa pemrograman PERL yang pemrosesannya hanya bisa dilakukan di sisi web server.

Javascript menempati urutan ketiga dari yang terpopuler. Fungsi Javascript termasuk istimewa karena mengembangkan website yang menarik dan interaktif. Maka banyak saat ini website yang menggunakan Javascript pada kode program di dalamnya. Tidak mengherankan, karena Javascript pada awalnya memang dikembangkan dengan tujuan unutk membuat sebuah website.

Javascript juga mengarah ke pengembangan aplikasi mobile, game, dan dekstop. Kelebihan Javascript seperti tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil), dinamis, dan mudah untuk dikembangkan.

4. C#

C# atau biasa disebut C Sharp menggabungkan C dan C++ dan dikembangkan oleh Microsoft. Jadi bahasa ini lebih banyak digunakan pada platform Windows untuk berjalan pada platform .NET. Karena tidak jauh dari C maupun C++, bahasa pemrograman ini juga banyak digunakan untuk pengembangan game video.

C# mempunyai beberapa kelebihan yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan seperti flexible, powerful, dan easy to use.

  • Fleksibel, dikarenakan bahasa komputer C# dapat dieksekusi di mesin komputer sendiri atau di transmisikan melalui web dan di eksekusi di komputer lainnya.
  • Powerful, yang berarti C# memiliki sekumpulan perintah yang sama dengan C++ yang kaya akan fitur yang lengkap tetapi dengan gaya bahasa yang lebih diperhalus sehingga memudahkan penggunanya
  • Easy to Use, karena C# memodifikasi perintah yang sepenuhnya sama dengan C++ dan memberitahu dimana letak kesalahan kita bila ada kesalahan dalam aplikasi, hal ini dapat mengurangi waktu kita dalam mencari eror.

5. PHP

Sejak dikembangkan, PHP menjadi bahasa komputer yang populer dikalangan web developer untuk mengembangkan website. Banyak website besar menggunakan basa ini sebagai salah satu komponennya.

Sebagai contoh Content Management System (CMS) seperti WordPress dan Joomla dibuat dengan bahasa pemrograman dasar PHP. Facebook dan Wikipedia juga menjadi salah satu penggunannya.

PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana-mana mulai dari Apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah. Dalam sisis pengembangannya lebih mudah karena banyak milis-milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.

6. Bahasa Pemrograman C

Bahasa C masih menjadi primadona beberapa orang untuk mengembangkan website atau aplikasi lainnya. Kelebihan dari bahasa C seperti banyaknya operator yang dapat Anda temui di dalam C untuk manipulasi data. Struktur data pada bahasa C terstruktur, sehingga mudah dikembangkan dan mudah dipahami. Sedangkan kekurangannya sedikit membingungkan dari bahasa C karena banyaknya fleksibilitas penulisan dan operator. Bagi pemula akan sedikit kesulitan dalam memahami pointer yang ada pada bahasa ini.

7. HTML

Selain bahasa pemrograman untuk website yang telah dijelaskan diatas, masih ada bahasa markup yang harus Anda ketahui yaitu HTML.

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML bisa digunakan untuk membangun website dengan mudah dan cepat. Menggunakan HTML dapat melakukan banyak hal saat membangun website, misalnya saja menyisipkan link, mengatur style dan struktur teks hingga membuat obyek di suatu halaman website.

Kesimpulan

Bahasa pemrograman sangat bermacam-macam dan mempunyai fungsi masing-masing. Meskipun begitu, jika digunakan dengan tepat, semua bisa menjadi sebuah karya dalam bentuk website. Meskipun tidak menjadi bahasa utama, banyak bahasa komputer yang bisa dikombinasikan untuk menghasilkan website yang Andal.

Java dan Javascript menjadi bahasa komputer yang populer digunakan untuk membuat website. Hampir semua website pasti menggunakan kedua bahasa ini, meskipun biasanya dikombinasikan dengan beberapa bahasa pemrograman lain.

banner-promisi-jasa-pembuatan-website-profesional

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *