User Friendly Adalah: Tingkatkan Pengunjung Website Bisnis Anda

User Friendly Adalah: Tingkatkan Pengunjung Website Bisnis Anda

user friendly adalah

Seringkali kita dihadapkan pada permasalahan yang klasik saat menggunakan layanan sebuah website seperti bingung saat login, verifikasi, dan problem ketika mengikuti sejumlah prosedur pemakaian. Website yang tidak mengedepankan user friendly adalah jenis web yang dapat dikategorikan gagal dalam menerapkan fungsi-fungsinya, karena jika mementingkan sebuah estetika saja tujuan sebenarnya atau pesan yang dimaksud tidak akan pernah sampai pada user.

Pernah memperhatikan secara detail tampilan platform besar sejenis Google, Youtube, atau Facebook? Nah, kamu mungkin secara tak langsung merasakan ketika menggunakan layanan tersebut seperti mudah memahami icon, perintah, cara menggunakan tanpa harus ribet menghafal satu per satu.

Dengan begitu user friendly adalah untuk mengurangi tingkat kesalahan pengguna sehingga dapat meningkatkan efektivitas suatu barang, jasa, ataupun sebuah layanan.

Baca Juga: Buzz Dalam Marketing Bikin Bisnis Melejit? Simak Artinya

Definisi User Friendly

apa itu user friendly

Berbagai macam bidang yang diperjual belikan semestinya menggunakan prinsip user friendly. Karena dalam pengembangan teknologi, user friendly menjadi suatu hal yang penting sebab akan lebih disukai oleh pengguna. User friendly dapat diterapkan dalam berbagai macam jenis seperti perangkat lunak, perangkat keras, situs web, dan aplikasi mobile.

Pengertian user friendly adalah sebuah konsep desain atau pengembangan produk yang menempatkan pengalaman pengguna sebagai prioritas utama dalam proses pembuatan dengan tujuan mudah diterapkan serta dipahami.

Baca Juga: Apa Itu SKU Produk? Wirausaha Wajib Tau Contoh Dan Caranya!

Karakteristik User Friendly

Penjelasan tadi membahas pengertian user friendly, agar kamu dapat lebih lanjut memahami bagaimana cara kerjanya, perhatikan karakteristik yang mungkin akan membuat persona websitemu naik dengan lebih memahami secara keseluruhan karakteristik user friendly.

1. Mudah Digunakan

Apabila kamu menjual barang ataupun layanan pastikan lebih dulu kegunaan dan manfaat apa yang akan di rasakan oleh pengguna. Karena tidak semua user memiliki pehamaman yang sama terhadap jenis produk yang ditawarkan.

2. Efektif

Selanjutnya, perhatikan seberapa efektif pemecahan masalah yang kamu berikan kepada pengguna dengan tujuan awal mereka agar mampu menemukan solusi tercepat dan paling relevan.

Sehingga, apa yang diinginkan oleh pengguna sesuai pada isi produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Konsisten

Memiliki tingkat konsistensi yang sama pada berbagai website, baik itu versi mobile maupun dekstop. Fungsinya memberi kemudahan bagi semua orang yang mengakses dari berbagai perangkat elektronik di berbagai penjuru, dihaapkan tidak akan mengurangi tingkat kepuasan dan kenyamanan pemakai.

4. Responsif

Karakteristik user friendly adalah bersifat responsif, artinya produk harus responsif terhadap tindakan pengguna. Respon cepat terhadap suatu tindakan dapat meningkatkan pengalaman serta kepercayaan.

5. Dapat diakses oleh semua orang

Keberhasilan suatu produk dapat dilhat dari cara penyampain pesannya yang bisa diakses oleh semua orang. Dengan begitu tidak hanya khalayak umum yang dapat merasakan suatu produk tetapi orang berkebutuhan khusus juga dapat memakai layanan.

6. Link mudah diakses

Jika kamu amati, kebanyakan website yang memiliki link pendek dan langsung menunjukan suatu alamat nyatanya mudah di hafalkan serta dicermati. Kini berbagai macam IP Addres tersebar dengan isi konten yang tidak jelas atau dialihkan ke laman berikutnya.

Sehingga, user kebingungan saat menjelajahi halaman baru. Apabila kamu menerapkan fungsi user friendly secara tepat pengguna akan merasa senang saat menjelajahi websitemu. Hindari membuat link yang tidak memiliki tujuan web yang jelas, hal itu hanya akan membuat bingung user dan terkesan bertele-tele.

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Media Sosial Bagi Pebisnis

Tujuan User Friendly Diterapkan

Dalam era digital dan teknologi yang terus berkembang pesat, user experience telah menjadi faktor penting dalam merancang dan mengembangkan produk dan layanan. Maka dari itu untuk megimbangi peran modernisasi tujuan dari menerapkan user friendly adalah memberikan pengalaman yang lebih positif bagi pengguna.

Berikut kami jelaskan sedikit mengenai tujuan user friendly itu sendiri.

1. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pengguna

User diharapkan dalam menggunakan produk atau layanan dapat mempercepat proses bisnis dan meningkatkan produktivitas pengguna. Hal ini akan membantu perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dan lebih cepat. Selain itu, akan mempermudah dalam penggunaan produk sehingga dapat mengurangi risiko kesalahan atau kebingungan.

2. Meningkatkan Kepuasan

Mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna serta menambah loyalitas pengguna terhadap merek atau perusahaan yang menyediakan produk atau layanan tersebut. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan adalah faktor penting dalam menjaga kelangsungan bisnis.

Hal ini dapat meningkatkan citra merek atau perusahaan dan membantu menghasilkan feedback positif dari pengguna. Feedback positif membantu perusahaan dalam meningkatkan dan mengembangkan citra mereka untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

3. Mengurangi Biaya Pelatihan

Terakhir tujuan dari user friendly adalah mengurangi biaya pelatihan, disebabkan pelatihan memerlukan biaya yang cukup banyak dan membuang-buang waktu kemudian para perancang produk mengurangi pengeluaran dengan memaksimalkan kegunaan user friendly yang artinya pemilihan warna, text, hingga manfaat di sama ratakan agar para penggunanya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mempelajari cara menggunakan produk.

Kesimpulan

Kenyataanya kita tidak bisa terlepas dari makna user friendly dalam segala jenis bidang. Produk makanan saja diperuntukan agar semua kalangan dapat memakan meskipun selera setiap orang berbeda. Karena fungsi utamanya sebagai tolak ukur kenyamanan dan kepuasan para penggunanya.

Sebagai generasi yang sudah melekat pada perkembangan teknologi, semestinya kita paham betul bagaimana cara mengembangkan sebuah layanan yang akan meningkatkan kredibilitas serta kepuasan user. Sevenpion memberikan layanan konsultasi agar website Anda user friendly dan bisa di akses di semua perangkat, baik itu desktop, tablet ataupun smartphone. Konsultasi gratis sekarang disini atau tekan banner dibawah ini!

banner-promosi-jasa-pembuatan-website-custom-sevenpion

Tentang penulis : Nadia Istikomatuz Zulfa

Saya Nadia Istikomatuz Zulfa, seorang mahasiswa sekaligus penulis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *