Landing Page : Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

landing page

Landing page adalah satu halaman website untuk keperluan tertentu. Dikutip dari Wikipedia, landing page adalah satu halaman website yang muncul sebagai respons terhadap hasil klik di search engine atau iklan online.

Landing page juga bisa disebut ‘halaman utama’, ‘halaman tujuan’, atau ‘destination page. Biasanya sering ditautkan dengan sosial media, email campaig, ataupun search engine marketing.

Dari beberapa iklan tersebut customer akan diarahkan ke suatu landiing pagge. Dari hasil klik tersebut maka didapatkan CTR (click trhough rates) dan convertion rate untuk membuktikan apakah iklan tersebut sudah suskes atau tidak.

Perbedaan Landing page dan Homepage

Bicara soal perbedaan soal perbedaan antara keduanya. Halaman utama bila diibaratkan sebuah interior dalam sebuah rumah, sedangkan homepage sendiri lebih secara umum, bisa dikatakan homepage adalah rumah tersebut.

Karakteristik Landing Page:

  • Landing page adalah halaman yang memiliki fungsi khusus dalam website
  • Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk dan lekas melakukan transaksi di website
  • Mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu. Misal membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan

Karakteristik Homepage

  • Biasanya memuat tampilan utama sebuah website
  • Umumnya merupakan halaman pertama yang dilihat ketika membuka sebuah website
  • Menampilkan tombol navigasi dan URL menuju halaman penting di website
  • Merupakan etalase bagi pelanggan untuk mempelajari semua produk dan layanan yang ditawarkan

Fungsi Landing Page

Berdasarkan jenisnya, ada ua fungsi utama halaman utama. Pertama, bisa dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads. Leads inilah yang dijaga oleh bisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa mendatang.

Kedua, bisa berfungsi untuk mempercepat transaksi. Halaman ini minim distraksi dari menu tombol dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata lain dapat memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.

Jenis-jenis Landing Page

  • Landing page click through, jenis ini memiliki informasi penjelasan tentang detail produk atau suatu penwaran yang leibh spesifik kepada user dan pelanggan. Misalnya sebuah laman yang berisi informasi khusus mengenai layanan atau knowledge produk dan dilengkapi dengan tombol call-to-action (CTA) yang terhubung langsung dengan halaman regristrasi atau transaksi selanjutnya.
  • Landing page lead generation, jenis yang ini hampir sama dengan jenis click through, bedanya ini dibuat lebih singkat, menarik, dan jelas. Dan berfokus pada konversi user atau dirancang khusus untuk mengumpulkan lead secara langsung. Misalnya mendapatkan promo, mendaftar news letter berhadiah, dan kupon khusus.

Cara Kerja Sebuah Halaman Utama

Bagaimana sebuah halaman utama bekerja? Misalnya Anda mempunyai sebuah layanan, Anda menjelaskan secara spesifik, menarik dan jelas mengenai layanan Anda, Anda juga memberikan tombol call-to-action (CTA) pada halaman utama yang terhubung langsung dengan halaman regristrasi ataupun transaksi selanjutnya.

Di sini pengunjung akan mengisi formulir pada halaman utama yang Anda buat. Karena pelanggan percaya konten yang mereka akses akan berharga bagi mereka. Anda dengan senang hati memberikan penawaran khusus pada user yang telah mengisi formulir.

Alur Penggunaan Landing Page

  • Pertama, user berkunjung atau diarahkan pada halama utama dengan call-to-action (CTA) formulir atau form pembelian
  • Kedua, user mengisi data pada form sehingga yang awalnya pengunjung menjadi tamu
  • Ketiga, informasi yang didapatkan dari form kemudian disimpan dalam basis data proses Anda
  • Keempat, informasi yang Anda dapatkan dari data digunakan untuk upaya prospek pemasaran kedepannya

Tips Membuat Landing Page

Sesuai dengan penjelasan di atas halaman ini dikhususkan untuk marketing,. Maka dari itu kita harus membuatnya sebaik mungkin agar para calon customer bisa tertarik untuk melakukan aksi sesuai CTA. Berikut beberapa tips untuk membuat Landing Page:

Buatlah Headline yang Singkat, Padat, dan Jelas

Headline menjadi kunci, jika Anda membuat headline yang tidak singkat, padat, jelas, dan menarik. Maka Anda bisa dikatakan gagal, karena hampir keseluruhan pengunjung akan melihat headline terlebih dahulu sebelum mengunjungi lebih dalam mengenai apa isi dari landing page.

Dari sini bisa disimpulkan jika Headline merupakan hal yang sangat penting. Dan jika kurang menarik, pengunjung bisa saja langsung meninggalkan halaman lebih cepat sebelum melakukan action.

Tips membuat headline

  • Gunakan judul yang padat, singkat, dan jelas
  • Cobalah batasi headline hingga tidak lebih dari 20 kata
  • Letakkan subheadline Anda tepat dibawah headline
  • Buat subheadline Anda lebih memperinci headline Anda. Jelaskan secara spesifik mengenai headline, tentunya menggunakan kaidah kata yang jelas dan menarik.

Buat ilustrasi yang Simpel dan Unik

Ilustrasi yang simpel dan unik pada landing page Anda tentunya akan meningkatkan rasa ignin berpartisipasi dari pengunjung. Hal untuk yang berada dilaman Anda tentunya harus memperhatikan UI dan UX customer.

Jangan sampai berfokus pada laman yang unik, namun Anda melupakan user interface dan user experience. Misalnya laman saat diakses loadnya lama, atau tampilan yang kurang mobile friendly, dan hal lainnya yang dapat membuat customer tidak lagi tertarik pada landsing page Anda.

Berikan deskripsi yang jelas pada setiap poin

Deskripsi pada setiap poin sangat penting. Hal ini memperjelas mengenai apa yang Anda berikan pada customer. Anda bisa menjelaskan atau mendeskripsikan tiap poin subheading atau gambar pada halaman utama. Tentunya penulisan deskripsi harus singkat, padat, dan jelas.

Lampirkan URL menuju halaman privacy policy dan term of service

Hal ini cukup penting, Anda harus mencantumkan url yang menuju halaman privacy policy dan term of service. Terutama buat Anda yang membuat landing page berfokus pada service.

Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang seharusnya tidak terjadi setelah adanya after sales. Misalnya komplain yang seharusnya bukan lagi menjadi urusan Anda.

Tools untuk mengoptimalkan landing page

Banyak sekali tools yang dapat mengoptimalkan landing page. Tools ini membantu Anda dalam mempermudah mengaplikasikan dan memanagemen pembuatan landing page. Berikut tools yang bisa Anda gunakan:

  • OptinMonster, berfungsi untuk mengkonversi pengunjung menjadi subscriber dan customer. Tools ini sangat berguna buat Anda mendapatkan customer. Keunggulan dari tools ini enak dilihat, mudah digunakan, desain dinamis, dan powerful.
  • Mailchimp, digunakan sebagai media untuk newsletter. Hal tersebut sangat berguna untuk prospek marketing kedepannya. Jika pengunjung melakukan input pada form newsletter maka Anda bisa melakukan email marketing nantinya.
  • Google Analytics, dibutuhkan dalam mengoptimalkan landing page. Anda bisa melakukan analisis pada laman untuk meningkatkan strategi marketing. Anda dapat melacak informasi demografis tentang pengunjung dan tentunya menetapkan tujuan konversi untuk melacak leads Anda.
  • WP Forms, builder form dengan fitur drag and drop untuk wordpress yang mudah dan powerful. Dengan WPFroms, Anda dapat membuat multi-page form untuk mengumpulkan informasi lebih banyak dari customer.
  • Google Search Console, Sangat membantu Anda dalam melakukan optimasi landing page. Mulai dari mobile friendly test, optimasi keyword, dan masih banyak lagi. Anda juga menggunakan google developer untuk melakukan page speed test untuk melihat kecepatan website. Hal diatas sangat penting karena berhubungan dengan user interface dan user experience yang menjadi salah satu penentu konversi landing page Anda.

Kesimpulan

Selain membuat website, Anda juga harus mempersiapkan landing page sebagai tempat promosi dan menarik pelanggan. Anda bisa mengukur seberapa menarikkah promosi yang sudah dibuat.

Sevenpion sebagai perusahaan jasa pembuatan website dan aplikasi juga dapat membantu menyiapkan landing page untuk Anda mempromosikan usaha Anda.

banner-promisi-jasa-pembuatan-website-profesional

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *